Apa Itu Efisien Pengertian dan Contohnya

Apa Itu Efisien? Pengertian dan Contohnya

Hallo, teman-teman! Apakah kamu sering mendengar kata efisien? Sebagian orang mungkin sudah tahu arti kata “efisien”. Namun, tiap orang akan memaknai arti kata efisiensi dengan berbeda. Itu hal yang wajar karena setiap orang memiliki sudut pandang berbeda dengan yang lainnya. Kali ini kami akan membahas mengenai apa itu efisien beserta pengertian dan contohnya.

Mendengar kata efisien mungkin sudah tidak terasa aneh di telinga, tetapi bagi sebagian orang arti kata efisiensi sering dikaitkan dengan waktu. Ada juga yang beranggapan bahwa efisiensi itu sesuatu yang dapat dicapai berdasarkan pada keinginan. Jadi, apakah kata efisien selalu berhubungan dengan waktu? Atau malah sebaliknya.

Untuk itu, mari kita memahami terlebih dahulu apa itu efisien, serta  membedakan arti dari efektif dan efisien. Tenang, kita akan bahas semua itu kok. Terkhusus kamu yang ingin mengetahui pengertian dari efisien. Mari kita simak saja langsung penjelasan berikut ini.

Apa itu Efisien? Mengetahui Pengertian dari Efisien

apa itu efisien

Efisien dapat diartikan sebagai cara untuk mencapai suatu tujuan yang optimal (cepat dan tepat) serta sesuai keinginan, dengan meminimalkan sumber daya yang dikeluarkan. Sumber daya yang dimaksud adalah tenaga, uang, dan waktu. Gunanya untuk menghindari pemborosan.

Bekerja secara efisien adalah bekerja menggunakan sumber daya yang sesuai. 

Dari penjelasan sebelumnya, efisien berkaitan dengan waktu. Itu benar karena seseorang yang bekerja secara tidak langsung akan memperhatikan segala aspek, termasuk waktu. Selain itu, efisien juga bisa diartikan sebagai manage control

Pengertian Efisien Menurut Para Ahli

efektif dan efisien

Para ahli memiliki gagasan tentang arti kata efisien. Berikut merupakan pengertian efisien secara umum dara para ahli, di antaranya adalah:

  • Efisien adalah suatu usaha untuk mencapai tujuan yang maksimal dengan meminimalisir pengeluaran sumber daya.
  • Efisien merupakan penggunaan sumber daya seperti biaya, waktu, dan usaha atau tenaga, untuk mencapai tujuan dalam melakukan kegiatan.
  • Efisien merupakan kemampuan untuk mengimplementasikan suatu kegiatan atau usaha dengan mengeluarkan output sedikit uang, waktu, dan tenaga untuk mencapai hasil atau target yang maksimal.
  • Efisien merupakan cara atau kemampuan untuk mendapatkan hasil dan tujuan yang maksimal, namun hanya menggunakan sumber daya yang minimal atau sedikit. Sehingga tidak mengeluarkan biaya, tenaga, dan waktu yang terlalu banyak.
  • Efisien adalah suatu metode yang tepat untuk menghasilkan tujuan dengan maksimal sesuai dengan yang diinginkan maupun yang dikehendaki.
  • Efisien merupakan cara untuk mencapai suatu tujuan dengan biaya dengan jumlah yang sama, Namun tujuan atau hasil yang maksimal.

Nah, itulah beberapa pengertian efisien menurut para ahli. Kamu bisa membuat definisi efisien menurut bahasamu sendiri berdasarkan beberapa pendapat para ahli di atas.

Perbedaan Efektif dan Efisien

apa itu efisien

Sebagian orang masih keliru dengan arti dari efektif dan efisien. Keduanya sering dikaitkan pada yang hal sama. Apalagi di dunia kerja, arti efektif dan efisien sering dipakai untuk mengukur kinerja seseorang. Tak ayal, kedua kata tersebut sudah menjadi kolaborasi yang sulit dipisahkan. Padahal kenyataannya memiliki arti yang berbeda.

Inilah beberapa perbedaan efektif dan efisien yang mendasar:

Perbedaan dari segi aksi/pekerjaan:

  • Efektif merupakan bekerja sesuai dengan apa yang direncankan.
  • Efisien merupakan bekerja dengan sumber daya dan energi yang sesuai tanpa adanya pemborosan.

Perbedaan dari segi mencapai tujuan :

  • Efektif dapat mencapai tujuan (goal) yang maksimal sesuai dengan apa yang direncankan.
  • Efisien dapat mendapatkan suatu hasil yang lebih maksimal dengan menghemat biaya, tenaga, atau pun waktu.

Jadi, setiap proses yang efektif belum tentu menjadi efisien, bahkan sebaliknya. Oleh karena itu, betapa pentingnya bagaimana menyelaraskan keduanya, yakni bekerja secara efektif dan efisien. Agar setiap tujuan, baik itu individu maupun organisasi, dapat tercapai sesuai dengan apa yang direncanakan sebelumnya. 

Contoh Bekerja Secara Efisien

efisien adalah

Pekerjaan yang efisien bisa kamu rasakan sehari-hari loh. Sebagaimana kamu dapat memanajemen tenaga, waktu, dan bahkan uang. Setiap pekerjaan yang kamu kerjakan tentunya harus berkonsep pada efisien. Berikut ini merupakan beberapa contoh dari efisien dalam bekerja:

  1. Suatu pekerjaan dapat dikerjakan dengan cara A dan B. Untuk cara pekerjaa A dapat kamu kerjakan dalam waktu 1 jam. Sedangkan untuk cara B dapat dikerjakan dalam waktu 2 jam. Maka, cara A (cara yang tepat) dapat dikatakan sebagai cara yang efisien, dibandingkan dengan cara B. 
  2. Suatu ketika Budi dan Amir mendapat tugas sekolah berupa artikel. Budi mencari referensi di perpustakaan. Sedangkan Amir mencari sumber referensi melalui web, khususnya Amir membuka blog Dicoding. Maka langkah Amir merupakan langkah yang paling efisien karena Amir tidak perlu membuang tenaganya untuk pergi ke perpustakaan.
  3. Budi pergi ke Yogyakarta pukul 9 malam menggunakan kereta ekonomi seharga Rp.80.000 dan akan tiba di Yogyakarta pada pukul 6 pagi (durasi 9 jam). Sedangkan Amir pergi ke Yogyakarta pukul 9 malam menggunakan kereta bisnis seharga Rp.200.000 dan akan tiba di Yogyakarta pada pukul 5 pagi (durasi 8 jam). Manakah langkah yang paling efisien? Kedua perjalanan tersebut bisa dikatakan efisien berdasarkan dari masing-masing sudut pandang.
    • Perjalanan Budi menjadi langkah yang efisien karena Budi dapat menghemat biaya dan waktu perjalanan hanya berbeda 1 jam saja.
    • Perjalanan Amir juga dapat dikatakan efisien karena Amir dapat menghemat waktu 1 jam dan tentunya fasilitas yang didapatkan lebih baik dibandingkan dengan ekonomi. Walaupun ia lebih mahal, 120.000 setara dengan 1 jam yang berharga dan fasilitas yang didapatkan.

Jadi, untuk menentukan efisiensi sebuah pekerjaan harus dilakukan dengan berbagai skenario ya. Tentunya agar mendapatkan jawaban yang paling efisien. Kegiatan efisien itu sangat asyik. Selain kamu dapat menghemat beberapa aspek, kamu juga bisa disebut orang yang produktif. 

Bagi kamu yang sedang senang dengan belajar atau menuntut ilmu, gunakanlah cara yang efisien. Bahkan tidak cukup hanya efisien, tapi efektif dan efisien. Hal tersebut dapat meningkatkan performa belajar kamu dengan cepat. Simak juga artikel Memanfaatkan Waktu Lebih Baik untuk Menjalani Kehidupan yang Lebih Cerdas dan Efisien

Sampai sini, apakah kamu sudah mulai paham? Mudah-mudahan paham ya. Selain efisien, terkadang kurang komplit bila kamu tidak efektif. Tidak hanya efisien, kamu juga mesti efektif. Sebab ada pepatah “orang pintar akan kalah dengan orang efektif”. Artinya, orang pintar belum tentu efektif, sedangkan orang efektif sudah pasti pintar. Seseorang yang efektif dan efisien akan menyenangi suatu pekerjaan yang menurut mereka itu hobby, bahkan mencintainya. Seperti yang terkandung pada quotes berikut.

“Pekerjaan Anda akan mengisi sebagian besar hidup Anda. Satu-satunya cara untuk benar-benar puas adalah dengan melakukan apa yang Anda yakini dan hal ini adalah sebagian pekerjaan besar. Satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan besar adalah dengan mencintai apa yang Anda lakukan. Jika Anda belum menemukannya, maka teruslah mencari. Jangan pernah cepat puas dan putus asa, Anda akan tahu bila sudah menemukannya.”

(Steve Jobs)

Sekian yang dapat saya (penulis) sampaikan, semoga bermanfaat. Jangan lupa beri komentar. Thanks for reading🙂

Apa Itu Efisien? Pengertian Contohnya – karya Rendi Juliarto, Intern Junior Content Writer di Dicoding

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Intern Junior Content Writer di Dicoding