pendaftaran Bangkit 2023 telah dibuka

Bangkit 2023: Persiapkan Karier Teknologimu di Sini

Bangkit, yang sejak tahun 2020 hadir untuk melahirkan talenta digital berkaliber tinggi, menghasilkan berbagai pencapaian pada program yang digelarnya tahun ini. Salah satunya adalah yang telah disampaikan oleh Ibu Putri Alam, Direktur Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik di Google Indonesia, pada acara Kelulusan Bangkit 2022 lalu. Beliau mengatakan bahwa tahun ini, ada lebih dari 2,500 lulusan Bangkit yang telah tak sabar untuk berkontribusi pada Indonesia.

Agar ada lebih banyak talenta yang lahir dan terlibat dalam memajukan sektor teknologi Indonesia, Bangkit kembali hadir untuk tahun 2023. Program yang dirancang khusus oleh Google dan berjalan dengan dukungan penuh dari GoTo, Traveloka, dan Deeptech Foundation ini, terafiliasi dengan Kampus Merdeka – Studi Independen Bersertifikat. Oleh karenanya, ada beberapa manfaat yang bisa partisipan dapatkan dari mengikuti program Bangkit, seperti:

  • Instruktur dan kurikulum berstandar industri dengan pilihan alur belajar Machine Learning, Mobile Development (Android), dan Cloud Computing
  • Pelatihan soft skills dan bahasa Inggris untuk kesiapan karier
  • Rekomendasi konversi SKS sampai dengan 20 SKS
  • Kesempatan mengikuti ujian sertifikasi global, yaitu TensorFlow Developer, Google Associate Android Developer, dan Google Associate Cloud Engineer
  • Keikutsertaan di kegiatan career fair setelah lulus dari program
  • Dana inkubasi sebesar Rp140 juta dan mentor untuk kembangkan inovasi menjadi sebuah startup

Bekal Ilmu Teknis dan Non-Teknis di Bangkit 2023 serta Implementasinya secara Nyata

Selama 20 minggu atau kurang lebih 900 jam belajar pada semester genap, tepatnya pada bulan Februari-Juli 2022, para peserta Bangkit akan berada di bawah bimbingan para ahli teknologi dari startup Indonesia kelas dunia. Mereka tidak hanya akan dibekali kemampuan yang bersifat teknis, tetapi juga akan diberi pelatihan kemampuan non-teknis seperti critical thinking, digital branding and interview communication, time management, professional communication, adaptability, idea generation and MVP planning, serta startup valuation.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Agar siap bersaing secara global, peserta juga dibiasakan untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Selain itu, ada pula materi mengenai spoken correspondence, expressing opinion, dan business presentation dalam kelas bahasa asing tersebut.

Pada akhir progam, peserta berkesempatan untuk mengimplementasikan ilmu yang mereka peroleh dari Bangkit pada dua jenis proyek akhir yang dapat dipilih, yaitu Product-Based Capstone Project dan Company-Based Capstone Project. Peserta yang tertarik untuk menciptakan inovasi yang dapat memecahkan masalah yang terjadi di kehidupan sehari-hari secara umum dapat memilih untuk mengerjakan Product-Based Capstone Project. Sedangkan peserta yang ingin belajar menyelesaikan tantangan yang diberikan oleh industri bisa terlibat di kegiatan Company-Based Capstone Project.

Khusus untuk Product-Based Capstone Project, akan ada 15 tim terbaik yang mendapatkan pendanaan dan bimbingan mentor untuk mengembangkan inovasinya menjadi sebuah startup. Tim-tim ini akan memperoleh dana inkubasi sebesar Rp 140juta dari Google dan Dikti, serta didampingi langsung oleh mentor dari industri terkait serta universitas mitra Bangkit selama Juli hingga Desember 2023.

Bangkit memberikan banyak manfaat bagi pesertanya untuk kesiapan karier mereka di masa depan. Oleh karenanya, program ini tidak menyediakan uang saku.

Bangkit dan Lulusan-Lulusan Inspiratifnya

Program kesiapan karier satu ini tidak main-main dalam mempersiapkan pesertanya untuk menjadi talenta digital berkaliber tinggi. Tak heran jika Bangkit berhasil melahirkan beberapa alumni inspiratif yang meraih prestasi selepas program.

Salah satu Alumni Bangkit 2021 inspiratif tersebut adalah Syifa Nur Aini. Dulu, saat masih menjadi Mahasiswi Informatika di Universitas Bakrier, Syifa harus pandai membagi waktu antara berkuliah, ikut Bangkit, dan mencari penghasilan tambahan dengan menjadi ojek online. Selepas lulus Bangkit, Syifa yang gigih berhasil menjadi seorang IT Manager sebuah perusahaan produsen karpet mobil yang bernama Trapo Indonesia.

Ada pula Alumni Bangkit 2021 yang tak kalah membanggakan, yaitu Qassandra Chaidir. Alumni Universitas Trilogi, jurusan Sistem Informasi ini berhasil lulus dari Bangkit dengan predikat distinction. Setelah ikut Bangkit Career Fair, ia diterima sebagai System Engineer-Cloud Platform di Tokopedia. Qassandra sempat berbagi tips mengenai memulai karier sebagai seorang lulusan baru di sini.

Terakhir, ada Alumni Bangkit 2022 yang belum lama ini mendapatkan kesempatan untuk berpidato di acara Kelulusan Bangkit 2022. Di depan Bapak Prof. Ir. Nizam, Plt. Dirjen Diktiristek, Nauval Muhammad Firdaus menceritakan tentang ujian hidupnya saat pandemi melanda dan usaha kerajinan kayu sang ayah mengalami kejatuhan. Namun, peristiwa tersebut memacu Nauval untuk bangkit dan berprestasi di program Bangkit 2022. Nauval tak hanya berhasil lulus dengan predikat distinction dan mendapatkan sertifikasi Google AAD, tetapi juga berhasil diterima sebagai Software Engineer in Trainee di sebuah perusahaan teknologi yang diakui secara internasional yaitu AccelByte Inc.

Ikut Bangkit untuk Raih Karier Teknologi yang Menjanjikan

Dari Syifa, Qassandra, dan Nauval kita memahami bahwa Bangkit dapat menjadi jembatan bagi karier teknologi yang menjanjikan. Oleh karenanya, mahasiswa-mahasiswi seluruh Indonesia yang memenuhi syarat di bawah ini, dapat segera mendaftarkan diri ke program Bangkit:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Mahasiswa D4/S1 berstatus aktif yang tengah menempuh semester 5 atau lebih
  • Mahasiswa D3 berstatus aktif yang tengah menempuh semester 3 atau lebih
  • Berasal dari universitas yang terdaftar di PDDikti
  • Berasal dari seluruh program studi
  • Belum akan dinyatakan lulus dari universitas per Juli 2023 mendatang

Bangkit adalah langkah awal yang dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mengembangkan diri serta memulai karier di bidang teknologi. Tanpa melihat latar belakang peserta, Bangkit terbuka untuk semua kalangan mahasiswa di Indonesia. Bahkan, kami pun mendorong perempuan serta penyandang disabilitas untuk ambil bagian dalam program ini.

Dapatkan info lebih lanjut dan daftarkan dirimu sebagai Peserta Bangkit 2023 hingga Minggu, 31 Desember 2022 di tautan registration.bangkit.academy!


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!