Nauval Muhammad Firdaus Lulusan Bangkit 2022

“Bangkit antarkan saya pada hal-hal luar biasa”

Cerita Nauval Muhammad Firdaus, Lulusan Bangkit 2022 dari Teknologi Informasi, Universitas Bina Nusantara

“Sukses bukanlah sebuah kebetulan. Ia terdiri dari kerja keras, ketekunan, latihan, pembelajaran, pengorbanan, dan sebagian besarnya adalah rasa cinta atas sesuatu yang kamu lakukan atau pelajari.”
(Pele, Atlet Sepak Bola Brazil)

Banyak di antara kita tahu bahwa kesuksesan dapat terjadi karena berbagai faktor. Meski keberuntungan bisa menjadi salah satunya, ketekunan dan hal-hal yang disebutkan Pele di atas memainkan peran yang jauh lebih besar. Bagi Nauval Muhammad Firdaus (21), kesuksesan yang ia raih sebagian besar karena kegigihannya.

Nauval adalah salah satu Lulusan Terbaik Bangkit 2022. Ia meraih banyak pencapaian setelah ikut Bangkit dan kesuksesannya tersebut ia sampaikan di sebuah sesi pidato pada acara Kelulusan Bangkit 2022. Namun, sebelum sukses menaklukan mimpinya satu per satu, Nauval sempat berhadapan dengan berbagai hambatan. Apa sajakah itu? Mari kita kenali Nauval lebih dekat!

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Sempat Pesimis untuk Melanjutkan Kuliah

Nauval dan adik-adik

Di balik segudang prestasi yang ia punya, Nauval adalah seorang putra sulung di sebuah keluarga sederhana asal Jepara, Jawa Tengah. Ayahnya adalah seorang pengrajin kayu dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Adik-adik Nauval masih bersekolah dan menjadikan sang kakak sebagai teladan bagi mereka. Harapan yang menggantung di pundaknya membuat Nauval selalu berusaha yang terbaik untuk bisa membanggakan keluarga.

Keterbatasan ekonomi yang keluarganya miliki sempat membuat Nauval pesimis untuk bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Ia lebih ingin cepat bekerja supaya bisa bantu keluarga. Membawa harapan tersebut, Nauval memutuskan untuk bersekolah di SMK Raden Umar Said, jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Rupanya, sekolah kejuruan ini menempa Nauval menjadi seorang siswa berprestasi.

Medali emas Nauval

SMK Raden Umar Said banyak mengikutsertakan Nauval ke berbagai kompetisi. Hasilnya, ia sempat diutus untuk mempelajari pemrograman di Singapura dan menjadi salah satu siswa peserta program pertukaran pelajar ke Jepang. Pencapaiannya ini mengantarkan Nauval untuk ikut lomba BIFEST 2018 di Universitas Bina Nusantara. Kompetisi inilah yang kemudian mengubah hidup Nauval.

“Di BIFEST 2018, saya memperoleh medali emas dan beasiswa penuh untuk belajar di Universitas Bina Nusantara, jurusan Teknologi Informasi.”

Prestasi ini membuatnya tersadar bahwa tak ada yang mustahil selama ia mau berusaha dan memberikan yang terbaik. Nauval amat berterima kasih pada SMK Umar Said atas dukungannya untuk ikut serta dalam berbagai lomba sampai akhirnya menerima beasiswa penuh dari Universitas Bina Nusantara.

Pandemi yang Mempertemukan Nauval dengan Bangkit

Kegiatan Nauval di Bangkit

Babak baru dalam hidup Nauval dimulai dengan mulus saat ia berkuliah di Universitas Bina Nusantara. Namun, tak lama kemudian, pandemi datang dan memporak-porandakan kondisi ekonomi keluarganya. Penjualan kerajinan kayu ayah Nauval menurun. Ini membuatnya terdorong untuk mencari uang tambahan dengan menjadi seorang Freelance 3D Modelling Artist. Ia ingin memperbaiki kondisi ekonomi keluarganya.

Menciptakan sebuah karya tiga dimensi sebenarnya berseberangan dengan studi Nauval. Namun, hal itu rupanya membuka mata Nauval akan sesuatu.

“Punya banyak kompetensi dan adaptabilitas yang baik sangat diperlukan di dunia TI yang sifatnya dinamis. Oleh karenanya, saya sadar bahwa untuk menjadi seorang talenta digital unggulan, saya harus memperoleh banyak pengalaman dan pengetahuan dengan bergabung di Bangkit 2022, khususnya alur belajar Mobile Development (Android).”

Sertifikat AAD Nauval

Selama lebih dari 900 jam belajar, Nauval memperoleh banyak wawasan Android, yang dilengkapi dengan soft skills dan bahasa Inggris. Ia menikmati perjalanan belajarnya di Bangkit karena kurikulumnya yang terstruktur dan fasilitatornya yang menciptakan suasana belajar yang nyaman. Hasilnya, Nauval kembali meraih prestasi saat lulus Bangkit.

“Saya tidak percaya bisa menjadi salah satu Lulusan Terbaik Bangkit 2022 dan tersertifikasi Google Associate Android Developer. Setelahnya, saya berhasil diterima sebagai Software Engineer in Trainee di AccelByte Inc, sebuah perusahaan yang menyediakan layanan back-end platform untuk sebuah live game. Tempat saya bekerja telah dipercaya oleh berbagai pengembang game internasional seperti Warner Bros.”

Nauval mengakui bahka kesuksesan tersebut ia raih karena kegigihannya dalam belajar dan memberikan yang terbaik serta materi pembelajaran yang ia peroleh dari Bangkit. Bahkan, capstone project yang sempat diikutinya juga berkontribusi dalam melatihnya untuk menjadi seorang talenta digital yang berpengalaman.

3 Tips dari Nauval sebagai Alumni Terbaik Bangkit 2022

Nauval di Kelulusan Bangkit 2022

Nauval pantas disebut sebagai Lulusan Terbaik Bangkit 2022 atas predikat distinction yang diraihnya serta sertifikasi Google AAD yang didapatkannya. Alumni Bangkit satu ini juga berhasil diterima sebagai Software Engineer in Trainee di AccelByte Inc. Oleh karenanya, jika kamu ingin mengikuti jejaknya, ada tiga tips yang ingin Nauval bagi:

#1 Jadilah Pribadi yang Aktif

Sertifikat kelulusan Nauval

“Agar dapat lulus dengan predikat distinction, kamu harus menjadi peserta yang aktif. Jangan hanya aktif di kelas dan mengerjakan tugas tepat waktu. Kamu pun harus aktif saat mengerjakan capstone project dan berpartisipasi dalam setiap tantangan di Bangkit.”

#2 Latih Dirimu

Nauval sedang berlatih

“Wawasan yang kamu peroleh dari berbagai kelas dan sesi ILT di Bangkit sebenarnya lebih dari cukup untuk kamu jadikan bahan latihan sebelum ujian sertifikasi. Kamu hanya perlu meluangkan waktu untuk banyak berlatih. Jangan lupa untuk berdoa sebelum ujian.”

#3 Miliki Banyak Pengalaman untuk Membuat Dirimu Menonjol

Perusahaan tempat Nauval bekerja

“Untuk membuat CV dan dirimu menonjol, kamu harus memiliki banyak pengalaman dalam berkegiatan di organisasi, kompetisi, serta keikutsertaan dalam program seperti Bangkit. Meski pengalamanmu melimpah, pastikan CV-mu hanya terdiri dari satu halaman. Saat kami diundang wawancara oleh rekruter, jadilah pribadi yang sopan dan jujur mengenai kemampuanmu.”

Itulah ketiga tips yang ingin Nauval bagi sebagai seorang Lulusan Terbaik Bangkit 2022. Hal lain yan ingin Nauval tekankan dalam mencapai kesuksesan adalah kesabaran. Ini karena menurutnya, hal-hal luar biasa butuh waktu untuk dapat diraih.

Baca cerita inspiratif alumni Bangkit lainnya:

  1. Adrianus Ragil Indrajaya Korbafo – Belajar Cloud Computing untuk Edukasi Pemuda Timor
  2. Luthfirrahman Dzulkarnain – Dzul: Satpam yang Belajar Programming Demi Mimpinya
  3. Aditya Purnama – Tak Ada Mimpi yang Terlalu Tinggi

Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!