Apa itu Soft Skill? Kenapa itu Penting?

Apa itu Soft Skill? Kenapa itu Penting?

Apa itu soft skill? Kamu pasti sudah sering mendengar istilah soft skill ini. Secara singkat soft skill merupakan kemampuan atau kepribadian yang dibutuhkan untuk sukses dalam suatu pekerjaan. Nah, artikel kali ini kita akan membahas pengertian, contoh-contoh, manfaat, dan cara mengembangkan soft skill. Maka dari itu, simak artikel ini dengan baik ya agar tidak ada informasi yang tertinggal.

Apa itu Soft Skill?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, soft skill dapat diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki tiap individu yang mencakup kecerdasan, kemampuan berkomunikasi atau berinteraksi, kemampuan mengatur waktu, dan kemampuan lainnya. Keahlian ini biasanya dapat menunjukkan bagaimana seseorang dapat bersosialisasi dalam dunia kerja.

Soft skill ini dapat kamu pelajari, akan tetapi cara mempelajarinya tidak seperti belajar formal. Soft skill ini dapat dipelajari lewat pengalaman, beradaptasi dengan lingkungan sekitar, dan komunikasi dengan individu lain.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Contoh Soft Skill

Setelah mengetahui pengertiannya, tidak lengkap rasanya jika kamu tidak mengetahui contoh dari soft skill ini. Nah, berikut ini adalah contoh-contoh dari soft skill yang dapat kamu terapkan:

  • Problem solving

Pertama adalah problem solving atau penyelesaian masalah. Terlebih lagi dalam dunia kerja seringkali kamu dihadapkan pada berbagai macam masalah. Dengan memiliki kemampuan ini, kamu dapat mencari solusi untuk menyelesaikan masalah yang sedang kamu hadapi. 

Berikut ini adalah beberapa keterampilan yang termasuk ke dalam Problem solving:

    • Kreativitas
    • Berpikir kritis
    • Manajemen resiko
    • Research
    • Kerja sama dalam sebuah tim
  • Kemampuan berkomunikasi

Komunikasi adalah soft skill yang paling penting dalam dunia pekerjaan dan harus dimiliki setiap orang. Kemampuan ini dapat kamu pelajari mulai dari menjadi pendengar yang baik untuk orang lain. Kemampuan ini harus kamu asah secara rutin.

Berikut ini beberapa kemampuan yang termasuk ke dalam komunikasi:

    • Presentasi
    • Storytelling
    • Bernegosiasi
    • Kemampuan untuk mendengarkan
    • Public speaking
  • Berpikir kritis

Selanjutnya adalah berpikir kritis, dengan berpikir kritis kamu dapat memilih dan mengambil keputusan dengan tepat. Kemampuan ini dapat kamu latih dengan dua cara yaitu dengan memperbanyak informasi dengan cara membaca buku atau informasi dari internet dan juga berdiskusi dengan orang lain.

Berikut ini deretan kemampuan yang berkaitan dengan berpikir kritis:

    • Curiosity
    • Kreativitas
    • Keinginan untuk belajar hal baru
    • Memiliki pola pikir yang logis
  • Kepemimpinan

Kepemimpinan atau leadership ini juga sangat penting untuk kamu miliki. Pasalnya kemampuan ini dapat kamu gunakan untuk mengambil keputusan dan mengetahui bagaimana cara untuk menangani orang lain pada kondisi tertentu.

Berikut adalah keterampilan dalam kepemimpinan/leadership:

    • Pengambilan keputusan
    • Manajemen proyek
    • Mentoring
  • Time management

Manajemen waktu atau time management ini mengacu pada kemampuan seseorang dalam mengatur waktu secara efektif. Kemampuan ini dibutuhkan ketika kamu sedang mengerjakan banyak hal, dengan menggunakannya kamu dapat lebih fokus untuk mengerjakan setiap hal.

Manfaat Soft Skill

Dengan memiliki soft skill yang baik, kamu dan orang lain akan dapat merasakan beberapa manfaat dari soft skill tersebut. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang menarik dari soft skill.

  • Meningkatkan profesionalisme

Soft skill secara tidak langsung mendorong sikap profesionalisme kamu dalam mengerjakan suatu hal atau pekerjaan. Selain itu, dengan kamu yang memiliki sikap yang profesional dalam segala hal akan memberikan kesan yang positif untuk orang lain.

  • Meningkatkan koneksi

Dengan memiliki soft skill yang baik kamu dapat memperluas koneksi atau jaringan kamu. Seiring meluasnya koneksi dan relasi yang kamu miliki, maka akan meningkatkan juga potensi peningkatan karier kamu.

  • Meningkatkan rasa kepemimpinan

Yang terakhir, soft skill ini dapat meningkatkan rasa kepemimpinan. Dalam suatu situasi kamu tidak hanya memimpin diri kamu sendiri, tapi terkadang kamu juga harus memimpin banyak orang. Oleh karena itu, sangat penting untuk kamu memiliki soft skill yang mumpuni agar memudahkan kamu untuk memimpin suatu hal yang sedang dikerjakan.

Cara Mengembangkan Soft Skill

Ada berbagai cara untuk kamu mengembangkan soft skill-mu untuk lebih baik lagi. Berikut ini adalah cara-caranya:

  • Perbanyak interaksi dengan orang lain

Cara yang pertama adalah dengan memperbanyak komunikasi dan interaksi dengan orang lain. Dengan begitu kamu akan lebih memahami perilaku sikap, dan tingkah laku orang lain. Kamu juga bisa mendapatkan respons tentang perilaku dan sikap kita kepada orang lain, sehingga kamu dapat menggunakan respons tersebut untuk memperbaiki dan introspeksi diri. Dengan menerapkan kemampuan ini, kamu jadi mampu untuk menjalin relasi yang baik dengan semua orang dan bersikap sopan.

  • Belajar mengatur waktu

Selanjutnya adalah belajar untuk mengatur waktu. Jika kamu tidak dapat mengatur waktu kamu dengan baik, segala sesuatu yang akan kamu kerjakan menjadi berantakan dan tidak selesai tepat waktu. Dengan kamu menerapkan kemampuan mengatur waktu ini, kamu dapat membagi hal yang akan dikerjakan mulai dari yang primer sampai sekunder. Jadi, kamu bisa mengerjakan hal tersebut secara terstruktur dan tepat waktu.

  • Belajar mengendalikan emosi

Terakhir, kamu harus dapat mengendalikan dan menguasai emosi yang kamu punya. Proses ini memanglah tidak mudah tetapi harus dilakukan. Jika kamu tidak bisa mengendalikan emosimu, rekan kerja atau individu yang bekerja dengan kamu akan merasa tidak nyaman dan akan takut berinteraksi dengan kamu.

Jadi, Apa itu Soft Skill?

Jadi, itulah pembahasan kita mengenai soft skill. Soft skill ini sendiri dapat diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki tiap individu yang mencakup kecerdasan, kemampuan berkomunikasi atau berinteraksi, kemampuan mengatur waktu, dan kemampuan lainnya. Ada beberapa contoh dari soft skill ini seperti manajemen waktu, kepemimpinan, berpikir kritis, dan lain-lain. 

Soft skill ini sendiri memiliki manfaat untuk kamu sendiri dan juga orang-orang di sekitarmu. Salah satu manfaatnya adalah kamu dapat bekerja secara profesional, sehingga lingkungan kerja kamu akan terasa lebih kondusif dan nyaman. Selain itu, ada berbagai cara untuk mengembangkan soft skill-mu menjadi lebih baik lagi. Seperti belajar mengendalikan emosi, memperbanyak interaksi dengan orang lain dan lingkungan sekitar, dan serta belajar mengatur waktu.

Demikian pembahasan kita kali ini. Apakah kamu sudah tertarik dan ingin mengembangkan soft skill-mu? Jika kamu ingin tahu perbedaan dari soft skill dengan hard skill tunggu di artikel selanjutnya ya, karena kita akan membahas hard skill serta perbedaannya dengan soft skill. Jadi, tunggu artikel selanjutnya ya! Tetap semangat untuk belajar, sampai jumpa.

Apa itu Soft Skill? Kenapa itu Penting? – end

Baca juga beberapa artikel pilihan berikut untuk menambah wawasan kamu:

  1. Apa Itu Programmer? Hal-Hal Yang Wajib Dikuasai
  2. Memahami Apa itu Technopreneurship?
  3. Serba-Serbi Teknologi di Tahun 2021

Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!