Memahami Apa itu Technopreneurship?

Memahami Apa itu Technopreneurship?

Apa itu technopreneurship? Apakah kamu pernah mendengarnya? Singkatnya, technopreneurship adalah sebuah bisnis yang dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi. 

Pada artikel kali ini kita akan membahas pengertian, tujuan, dan skill apa saja yang kamu perlukan jika ingin membangun technopreneurship. Jadi, simak artikelnya dengan baik ya agar tidak ada informasi yang tertinggal.

Apa itu Technopreneurship?

Technopreneurship adalah gabungan dari kata technology dan entrepreneur yang diartikan sebagai bisnis atau usaha yang berbasis teknologi sehingga tak hanya keahlian dalam berbisnis dan berwirausaha tetapi pengetahuan akan teknologi yang berkembang juga dibutuhkan. 

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Istilah technopreneurship baru terkenal dan semakin populer saat perkembangan teknologi seperti internet dan handphone sudah semakin luas. Orang yang berkecimpung dalam technopreneurship disebut dengan technopreneur.

Tujuan Technopreneurship

Selain memiliki tujuan untuk berbisnis, technopreneurship ini juga memiliki tujuan lain. Berikut ini adalah manfaat jika Anda masuk ke dunia  technopreneurship:

  • Menciptakan lapangan kerja

Dengan munculnya beragam technopreneurship, maka akan semakin banyak lapangan pekerjaan yang tercipta. Karena technopreneurship membutuhkan banyak sumber daya manusia untuk menjalankan bisnisnya.

Oleh karena itu, secara tidak langsung technopreneurship berkontribusi dalam mengurangi angka pengangguran dan membuka lapangan kerja baru.

  • Meningkatkan ekonomi

Technopreneurship dapat berkembang dengan sangat cepat sehingga dapat menarik investor asing untuk memberikan suntikan dana untuk memberi dukungan bisnis yang modern dan bermanfaat. Dengan begitu, bisnis berbasis teknologi ini menjadi salah satu penyokong ekonomi negara.

  • Mendorong perkembangan teknologi

Berkembangnya teknologi menjadi suatu hal yang wajar dalam technopreneurship ini. Setiap perusahaan pasti berlomba-lomba untuk menciptakan inovasi teknologi yang memudahkan para penggunanya, efisien, dan bermanfaat setiap harinya.

  • Mendorong berkembangnya UMKM

Dengan adanya technopreneurship, para UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) akan sangat terbantu, karena kemudahan yang ditawarkan dalam menjual produk yang mereka ciptakan.

Selain itu, technopreneurship besar sudah mulai mengajak UMKM untuk bergabung menjadi mitra. Sehingga memberikan UMKM kesempatan untuk berkembang dan menaikkan kualitas hidup menjadi lebih baik.

Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Seorang Technopreneur

Jika kamu bercita-cita untuk menjadi seorang technopreneur, kamu bisa mempelajari beberapa skill yang dibutuhkan ini dari sekarang:

  • Memiliki pengetahuan yang baik mengenai teknologi

Yang pertama, kamu harus mulai menyadari kalau teknologi yang digunakan semakin berkembang. Maka dari itu kamu harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai teknologi, agar bisnismu dapat beradaptasi atau bahkan menciptakan teknologi baru yang lebih canggih.

Untuk kamu yang ingin mengasah kemampuan kamu dalam bidang teknologi, kamu dapat mempelajarinya di Dicoding Academy. Ada berbagai pembelajaran yang dapat membantu kamu untuk belajar programming lebih dalam lho. Segera cek dan daftar kelasnya ya.

  • Dapat bekerja sama dalam sebuah tim

Bagaimanapun dalam sebuah bisnis, kerja sama antar tim adalah hal yang paling penting. Kamu tidak akan bisa menjalankan bisnismu sendiri, karena kamu pasti memerlukan bantuan, keahlian, dan ide dari berbagai sumber. Maka dari itu kamu harus bisa bekerja sama dengan baik dalam sebuah tim, baik itu tim kecil maupun tim besar.

  • Memiliki kemampuan problem solving yang baik

Sebagai technopreneur yang baru merintis bisnisnya, mungkin kamu akan menghadapi berbagai masalah. Karena itu kamu harus memiliki kemampuan penyelesaian masalah.

Penyelesaian masalah biasanya menghasilkan beberapa solusi dan kamu harus memilih solusi tersebut dengan tepat untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang kamu hadapi.

Jadi, Apa itu Technopreneurship?

Jadi, itulah pembahasan kita kali ini. Technopreneurship terdiri dari dua kata yaitu technology dan entrepreneurship yang dapat diartikan bisnis berbasis teknologi. Selain tujuan utama dari technopreneurship adalah berbisnis, ia juga memiliki tujuan lain yaitu membantu perekonomian negara, membuka lapangan kerja baru, mendorong perkembangan teknologi, dan membantu UMKM untuk bangkit. Di Indonesia sendiri sudah banyak technopreneurship yang berkembang mulai dari skala kecil seperti software house, skala menengah seperti Dicoding, hingga skala besar seperti Tokopedia.

Untuk menjadi seorang technopreneur kamu harus memiliki beberapa kemampuan seperti dapat bekerja sama dalam sebuah tim baik itu tim kecil ataupun besar, memiliki kemampuan problem solving yang baik serta dapat mengambil keputusan yang tepat, dan juga kamu harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai teknologi yang ada.

Demikian artikel kami kali ini, semoga artikel ini berguna untuk kamu. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Memahami Apa itu Technopreneurship? – end

Baca juga beberapa artikel pilihan untuk menambah wawasan kamu:

  1. Apa Itu CI/CD? IT Developer Harus Tau
  2. Kenali Pseudocode untuk Developer Pemula
  3. Kenali Apa Itu Computational Thinking

Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!