Serba-Serbi Teknologi di Tahun 2021

Serba-Serbi Teknologi di Tahun 2021

Halo, teman-teman semua, selamat tahun baru! Tidak terasa tahun 2021 sudah kita lewati. Jika diingat-ingat kembali, ada banyak teknologi di tahun 2021 yang berkembang, seperti gadget baru dan juga perangkat lunak baru. Nah, pada artikel spesial kali ini, kita akan membahas seluruh teknologi yang muncul dan berkembang di tahun 2021 kemarin. Jadi, simak artikel ini dengan baik agar tidak ada informasi yang tertinggal.

Jaringan 5G Mulai Dapat Digunakan

Dengan diluncurkannya 5G pada tahun 2020 lalu, maka dunia sudah memasuki era baru dalam kecepatan dan kecanggihan internet. 5G sendiri dapat diartikan sebagai generasi kelima dari kecepatan download dan upload data yang lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya yaitu 4G. 

Pada tanggal 17 Mei 2021 lalu, 5G resmi masuk ke dalam tahap uji coba pada beberapa kota di Indonesia. Kamu sudah dapat menggunakan jaringan 5G ini jika smartphone kamu mendukung jaringan 5G. Untuk sementara ini, baru ada tiga operator yang menyediakan layanan 5G di Indonesia. Diharapkan dengan masuknya 5G ke Indonesia, perkembangan teknologi akan semakin pesat lagi ke depannya.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Saat ini syarat utama untuk menggunakan layanan 5G adalah smartphone mendukung jaringan 5G. Syarat lainnya adalah lokasi tempat kamu berada termasuk ke dalam zona uji coba 5G.

Kelebihan 5G

5G sendiri memiliki beberapa kelebihan, yaitu:

  • Memiliki konektivitas yang lebih cepat.
  • Mengurangi latensi saat membutuhkan internet yang cepat.
  • Dapat terhubung dengan beberapa smart device.

Peluncuran Beberapa Produk Apple

Setiap tahun Apple pasti menggelar sebuah acara untuk meluncurkan produk baru mereka. Nah, pada tahun ini, mereka membuat Apple Event sebanyak empat kali, yakni pada tanggal 20 April, 7 Juni, 14 September, dan 18 Oktober 2021. Seluruh acara diselenggarakan secara online dan kamu dapat menonton siaran ulangnya di Youtube channel Apple. Ayo, mari kita bedah satu per satu acara tersebut.

Apple Event 20 April 2021

Pada Apple Event ini, Apple meluncurkan beberapa produk yang cukup menarik, yaitu New iMac, iPad Pro M1, Air tag, dan Apple TV 4K. Yang menjadi sorotan pada acara ini adalah iPad Pro M1. Sesuai namanya, iPad ini menggunakan chipset M1 yang digunakan di MacBook Pro M1. Sehingga performa yang dihadirkan oleh iPad Pro ini hampir sama dengan MacBook Pro M1.

Apple Worldwide Developer Conference (WWDC) 7 Juni 2021

Pada WWDC ini, Apple memperkenalkan sistem operasi terbaru mereka yaitu iOS 15, iPadOS 15, macOS Monterey, dan watchOS 8. iOS 15 dirilis secara resmi dan bisa digunakan oleh setiap pengguna pada tanggal 24 September 2021 dan perangkat pertama yang mendapatkannya adalah iPhone 13 series. 

Sementara itu, untuk iPadOS 15 sendiri dapat digunakan oleh setiap pengguna iPad pada tanggal 20 September 2021. Untuk watchOS 8 ini akan hadir untuk pengguna Apple Watch Series 3 ke atas dan memerlukan iOS 15 untuk menggunakannya. Terakhir adalah macOS Monterey, sistem operasi ini akan diluncurkan pada tanggal 25 Oktober 2021 dan perangkat pertama yang mendapatkannya adalah MacBook Pro yang akan kita bahas pada Apple Event 18 Oktober 2021 nanti.

Apple Event 14 September 2021

Pada Apple Event kali ini, Apple meluncurkan seri terbaru dari iPhone, iPad, dan Apple Watch. Untuk lini iPhone, Apple meluncurkan tiga seri, yaitu iPhone 13 Mini, iPhone 13, dan iPhone 13 Pro. Ketiga perangkat tersebut menggunakan chipset A15 Bionic yang dapat disebut chipset tercepat untuk perangkat smartphone.

Untuk mendukung ekosistem Apple, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Apple juga merilis perangkat lain yaitu Apple Watch Series 7. Yang membedakannya dengan seri sebelumnya adalah layarnya yang lebih besar dan durability yang lebih kuat dari seri sebelumnya.

Perangkat terakhir yang rilis adalah iPad Mini 6 dan iPad 9. Yang menarik dari seri iPad ini terletak pada iPad Mini 6 yang menggunakan chipset sama seperti iPhone 13 yaitu A15 Bionic. Selain itu, wujud dari iPad Mini 6 ini sama seperti iPad Pro dengan tepi layar yang tipis dan mendukung penggunaan Apple Pencil Gen 2.

Apple Event 18 Oktober 2021

Pada event ini Apple secara resmi memperkenalkan MacBook Pro dengan chipset M1 Pro dan M1 Max, Airpods gen 3, serta HomePod mini. Yang menjadi sorotan pada acara ini adalah MacBook Pro dengan kedua chipset baru dari Apple tersebut. Selain menggunakan chipset keluaran terbaru, penampilan dari MacBook Pro ini juga agak berbeda dengan MacBook Pro sebelumnya. MacBook Pro ini memang ditujukan untuk profesional. Selanjutnya, Airpods gen 3 dan HomePod Mini dihadirkan untuk melengkapi ekosistem dari Apple itu sendiri.

Windows 11 Resmi Dirilis

Setelah enam tahun, akhirnya Microsoft mengeluarkan Windows terbaru mereka, yaitu Windows 11. Windows 11 diumumkan di acara Microsoft pada tanggal 24 Juni 2021, kemudian resmi dirilis pada tanggal 5 Oktober 2021 dan sudah bisa digunakan oleh setiap pengguna yang laptop atau komputernya memenuhi syarat. Untuk syaratnya bisa kamu lihat di Windows 11 Specs and System Requirements. Windows 11 memiliki beberapa perbedaan yang cukup menarik dari Windows sebelumnya. Berikut adalah perbedaannya:

Perbedaan Windows 11 dengan Windows 10

  • User interface yang lebih minimalis.

Saat pertama kali menggunakan Windows 11, mungkin yang akan kamu sadari adalah tampilannya yang semakin minimalis. Banyak orang menyebut tampilan Windows 11 ini agak mirip dengan macOS. Selain itu, di Windows 11 ini kamu dapat  menggeser taskbar dan menu start ke sisi bagian tengah. Meski begitu, untuk penanda seperti jam, koneksi, dan baterai tetap berada di sisi sebelah kanan.

  • Logo Windows dan ikon-ikon aplikasi

Mungkin logo Windows 11 dan ikon-ikon aplikasi nya agak sedikit berbeda dibanding dengan Windows 10. Hal itu dikarenakan logo dan seluruh ikon dibuat menghadap ke depan. Tidak hanya itu, startup sound juga diperbarui oleh Microsoft.

  • Dapat menjalankan beberapa aplikasi Android.

Akhirnya, Microsoft untuk pertama kalinya menghadirkan kemampuan untuk menjalankan aplikasi Android di Windows 11 tanpa tambahan aplikasi khusus. Sebelumnya kita masih bisa menjalankan aplikasi Android, tetapi harus menggunakan aplikasi khusus atau emulator.

Google Pixel 6 Series yang Menggunakan Chipset Google Tensor

Teknologi yang cukup menarik di tahun 2021 yang terakhir adalah smartphone buatan Google yaitu Google Pixel 6 dan 6 Pro yang menggunakan chipset buatan mereka sendiri yaitu Google Tensor untuk memaksimalkan kinerja dari smartphone mereka. Smartphone ini hadir pada tanggal 19 Oktober 2021, sayangnya Google Pixel 6 dan 6 Pro ini tidak masuk resmi ke Indonesia.

Menurut Google, chipset mereka ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan chipset yang berada di kelas yang sama. Google sendiri mengambil nama dari salah satu proyek mereka yakni TensorFlow. TensorFlow sendiri merupakan proyek open source milik Google untuk mengembangkan machine learning. Chipset Google Tensor tersebut memanfaatkan teknologi Artificial intelligence (Ai) dan Machine Learning (ML) untuk menjalankan beberapa fungsi seperti pemrosesan foto.

Ada satu hal yang menarik pada Google Pixel 6 Pro, yakni kamu dapat mengedit foto yang sudah diambil lewat Google Pixel 6 Pro dan menghilangkan objek yang tidak kamu inginkan. Fitur ini mereka sebut dengan istilah Magic Eraser Mode. Fitur tersebut dapat dilakukan karena kecerdasan buatan yang Google terapkan.

Serba-Serbi Teknologi di Tahun 2021

Jadi, itulah teknologi-teknologi yang hadir di tahun 2021. Mungkin kamu dapat mencoba beberapa teknologi yang sudah kita sebutkan di atas, contohnya seperti jaringan 5G atau Windows 11. Namun, hal yang perlu kamu ingat adalah teknologi akan terus berkembang, mungkin teknologi-teknologi yang ditemukan sekarang bisa lebih canggih lagi di masa yang akan datang. Teruslah belajar agar kamu bisa menciptakan atau mengembangkan teknologi yang canggih.

Demikian artikel pada kali ini, jika kamu ada saran atau ide tentang topik yang ingin dibahas, kamu bisa memberikan saran di kolom komentar di bawah ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Selamat tahun baru!

Serba-Serbi Teknologi di Tahun 2021 – end

Baca juga artikel pilihan berikut untuk menambah wawasan kamu.

  1. Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Terkenal
  2. Apa Itu React Native? Apa Kelebihan dan Kekurangannya?
  3. 5 Bahasa Pemrograman Terbaik untuk Dipelajari di Tahun 2021

Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!