Apa Itu React Native? Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Apa Itu React Native? Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Halo, teman-teman! Apa kabar? Semoga kamu dalam kondisi yang baik ya. Apakah kamu tahu tentang React Native? Belakangan ini React Native sedang hangat dibicarakan di kalangan mobile developer. Salah satu alasannya adalah karena React Native menawarkan kepada developer cara yang lebih mudah untuk mengembangkan aplikasi untuk mobile. Tapi, apa itu React Native?

Sebelum masuk ke dalam pembahasannya, kita punya sedikit informasi nih. Kamu bisa belajar untuk membuat mobile app di Dicoding lho. Dicoding menyediakan beberapa alur belajar yang memfasilitasi kamu untuk belajar membuat aplikasi untuk platform Android, iOS, atau bahkan aplikasi yang bisa dipakai di kedua platform tersebut seperti multi-platform. Jadi, tunggu apalagi daftar dan selesaikan learning pathnya.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang React Native mulai dari penjelasannya, kelebihan serta kekurangannya. Ayo simak artikel ini dengan baik ya.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Apa itu React Native?

React Native adalah sebuah framework berbasis JavaScript yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile di dua sistem operasi secara bersamaan, yaitu Android dan iOS. React Native sendiri pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 oleh Facebook dan bersifat open source

Dalam membuat sebuah aplikasi, kamu harus mempelajari sebuah bahasa pemrograman yang spesifik atau khusus digunakan untuk sebuah platform. Hal tersebut dikarenakan, setiap platform menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda-beda untuk membangun sebuah aplikasi. Misalnya kamu berencana untuk membuat aplikasi untuk sistem operasi iOS, maka kamu harus mempelajari dan membuat aplikasi tersebut menggunakan bahasa pemrograman Swift. Sama seperti iOS, sistem operasi Android pun memiliki bahasa pemrograman khusus yaitu Kotlin.

Dengan adanya React Native ini, kamu tidak perlu lagi membuat banyak versi dari aplikasi yang kompatibel dengan setiap sistem operasi. Selain itu, ada beberapa alasan kenapa React Native ini bisa populer. Berikut ini adalah alasannya:

  • Pengembang hanya perlu membuat satu kode untuk membuat aplikasi yang menggunakan sistem operasi Android maupun iOS, sehingga dapat menghemat banyak waktu.
  • React Native adalah sebuah framework yang dibangun menggunakan library JavaScript yang sudah populer yaitu React.
  • Penggunaan framework ini dapat menarik minat para developer untuk mencoba meningkatkan kemampuannya dengan mengembangkan aplikasi multi-platform.

Kelebihan React Native

Setelah mengetahui penjelasan dan alasan kenapa React Native bisa populer di kalangan developer, sekarang kita akan membahas kelebihan dari menggunakan React Native. Berikut adalah kelebihannya:

  • Menghemat biaya
    Penggunaan React Native dapat mengurangi biaya pengembangan. Hal itu karena pengembang tidak perlu mencari dua orang developer untuk mengembangkan aplikasi pada sistem operasi iOS dan Android. Dengan begitu anggaran untuk dua orang developer dapat dialokasikan ke keperluan yang lain.

  • Menghemat waktu
    Kelebihan selanjutnya adalah penggunaan React Native ini dapat menghemat banyak waktu pengembangan aplikasi. Hal tersebut karena kode dari React ini dapat digunakan kembali tanpa harus merubah banyak komponen dari kodenya.

  • Memiliki komunitas yang besar
    React Native adalah framework JavaScript yang bersifat open source sehingga para pengembang dapat saling berkontribusi selama mengikuti aturan dari komunitas. Komunitas ini dapat menjadi sebuah keuntungan untuk pengembang pemula untuk berbagi pengalaman, belajar, dan meningkatkan kemampuannya. Selain itu, komunitas ini dapat menjadi sumber jawaban untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi saat menggunakan React Native.

Kekurangan react native

Selain memiliki kelebihan, React Native juga memiliki kekurangan. Berikut ini adalah kekurangannya.

  • Debugging dan kompabilitas
    React Native dapat disebut sebagai framework yang masih muda karena baru berumur sekitar 6 tahun. Karena itu, masih cukup banyak masalah dengan kompatibilitas dan kesulitan dalam melakukan debugging yang dapat ditemukan oleh pengembang. Hal ini dapat menjadi kesulitan untuk pengembang pemula.

  • Kinerja
    Karena React Native ini digunakan dalam mengembangkan aplikasi untuk beberapa sistem operasi itu sebabnya kinerja dan hasil dari aplikasinya cukup rendah. Hal tersebut berbeda dengan aplikasi yang dikembangkan oleh bahasa pemrograman khusus yang sesuai dengan sistem operasinya.

    Itu lah sebabnya React Native ini tidak sesuai untuk mengembangkan aplikasi yang membutuhkan kinerja yang tinggi seperti game.

Jadi, apa itu react native?

Jadi, React Native adalah framework berbasis JavaScript yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi untuk sistem operasi Android dan iOS. React Native ini dapat menguntungkan dalam pengembangan aplikasi, tetapi dapat juga memberikan kerugian yang sangat berdampak pada pengembangan aplikasi. Sekian artikel kita kali ini, semoga artikel ini dapat menjadi sumber ilmu untuk kamu. Tunggu artikel selanjutnya dari kita ya.

Apa Itu React Native? Apa Kelebihan dan Kekurangannya? – end

Baca juga artikel pilihan berikut ini :

  1. Apa itu bahasa pemrograman JavaScript? Developer wajib tahu.
  2. Perbedaan Coding dan Programming
  3. 5 Bahasa Pemrograman Terbaik untuk Dipelajari di Tahun 2021

Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Beasiswa Kelas Pemrograman

Dapatkan beragam informasi terbaru mengenai beasiswa dan informasi menarik lainnya melalui Newsletter Dicoding. Subscribe sekarang!