Tips Belajar Programming Secara Otodidak

Tips Belajar Programming Secara Otodidak

Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, kamu dapat mempelajari segala hal dengan mudah. Contohnya, kamu bisa belajar programming secara otodidak. Apa sih sebenarnya programming itu? Programming adalah sebuah proses membuat program di komputer. Program yang dibuat bisa berupa software, website, aplikasi Android atau iOS, dan lain-lain. 

Sebelum masuk ke pembahasan utamanya, kami punya informasi penting nih. Untuk kamu yang ingin memulai belajar programming, kamu dapat mempelajarinya di Dicoding Academy lho. Ada berbagai bidang, mulai dari  Android, iOS, cloud, sampai front end dan back end web developer. Di tiap-tiap bidang tersebut, juga tersedia berbagai tingkatan, mulai dari pemula hingga mahir. Mantap kan? Segera cek dan daftar kelasnya ya.

Oke, balik ke topik utama. Pada artikel kali ini kita akan membahas berbagai tips agar kamu bisa mempelajari programming secara otodidak. Sudah mulai penasaran kan? Yuk, simak dengan tuntas.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Apa itu Programming?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, programming adalah proses untuk membuat program di komputer. Program yang dibuat dapat berupa aplikasi, software, website, dan sebagainya. Tak seperti menulis buku atau cerita, membuat suatu program membutuhkan bahasa khusus yang dapat dimengerti oleh komputer. Bahasa inilah yang disebut dengan bahasa pemrograman.

Saat ini ada banyak bahasa pemrograman yang dapat kamu gunakan. Mengapa demikian?  Sebab, kebanyakan para programmer berkeinginan untuk menyederhanakan dan mempermudah bahasa pemrograman yang sudah ada sebelumnya dengan tujuan untuk mempercepat proses pembuatan program.

Manfaat Belajar Programming

Sebenarnya akan ada banyak keuntungan yang akan didapatkan ketika kamu mempelajari pemrograman. Sebab, setiap hal yang kita pelajari pasti akan ada hasil yang dapat kita rasakan sendiri. Kira-kira apa saja ya? Berikut ini adalah berbagai manfaat ketika belajar programming:

  • Berpikir secara logis dan sistematis

Saat kamu mempunyai permasalahan, biasanya kamu akan memikirkan bagaimana solusi agar masalah tersebut dapat diselesaikan. Contohnya adalah menentukan langkah-langkah yang logis untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Nah, sama halnya dengan menulis kode program. Kamu dituntut untuk menuliskan kode tersebut secara sistematis. Oleh karena itu, ketika kamu belajar programming maka juga dapat melatih kemampuanmu untuk melakukan segala hal secara sistematis dan terorganisir.

  • Belajar memecahkan masalah

Tujuan lain dari programming itu sendiri adalah untuk memecahkan suatu masalah. Dengan begitu, kamu dapat memecahkan berbagai masalah melalui aplikasi-aplikasi. Contoh sederhananya adalah sistem ojek pangkalan yang sudah jarang ditemukan. Biasanya masalah akan muncul seperti susah menentukan harga, lokasi, hingga cara menghubungi driver. Nah, semua permasalahan tersebut telah terselesaikan sejak adanya aplikasi ojek online. Mantap kan?

  • Meningkatkan ketelitian

Saat menulis baris kode diperlukan ketelitian yang tinggi. Sebab, ketika kamu salah tulis satu huruf saja dapat menyebabkan masalah yang akan mempengaruhi program, bahkan program tidak akan berjalan sama sekali. Oleh karena itu, ketelitianmu akan terasah seiring berjalannya waktu.

  • Prospek masa depan

Saat ini bidang IT mengalami pertumbuhan yang signifikan dari tahun ke tahun. Ketika kamu memiliki keterampilan dalam bidang IT, secara tidak langsung peluang untuk mendapatkan pekerjaan juga semakin terbuka lebar. Wah, mantap ya?

Bahasa Pemrograman yang Dapat Kamu Pelajari

Ada beragam bahasa pemrograman yang dapat kamu pelajari untuk membuat sebuah program. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi bahasa pemrograman yang cukup mudah untuk dipelajari secara otodidak:

  • HTML dan CSS

Hypertext Markup Language atau HTML dan Cascading Style Sheet yang dapat disingkat CSS. Keduanya bukanlah merupakan bahasa pemrograman, melainkan bahasa markup yang digunakan untuk membuat halaman website.

HTML digunakan untuk membuat dasar tampilan dari halaman website dan untuk membantu browser untuk menampilkan informasi berupa teks atau gambar. Sementara CSS digunakan untuk mengubah tampilan dari HTML, seperti memberikan warna, mengatur posisi, dan lain-lain.

  • JavaScript

JavaScript merupakan bahasa pemrograman scripting yang digunakan untuk membuat tampilan website menjadi lebih interaktif. Untuk menjadi web developer yang baik, kamu harus menguasai HTML, CSS, dan JavaScript.

  • Python

Python merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi dan sudah banyak digunakan perusahaan yang untuk membuat aplikasi. Jika tertarik untuk memulai belajar programming, kami rekomendasikan untuk mencoba bahasa pemrograman ini. Selain cukup populer digunakan, bahasa pemrograman Python juga dapat digunakan untuk beragam proyek seperti web, software, artificial intelligence, maupun game.

  • Java

Java sendiri adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek (OOP). Bahasa pemrograman Java cukup digemari oleh aplikasi developer lokal hingga internasional.

Bahasa pemrograman Java kompatibel dengan beragam sistem operasi, sehingga dapat digunakan untuk mengembangkan program komputer hingga aplikasi Android.

  • Kotlin

Kotlin merupakan bahasa pemrograman modern yang disajikan secara statis dan berjalan pada platform Java Virtual Machine atau JVM. Bahasa pemrograman Kotlin ini cukup banyak diminati oleh developer. Terlebih lagi jika kamu ingin menjadi Android developer, kamu dapat mempelajari bahasa pemrograman ini. Sebab, Google pernah mengatakan dalam Google I/O bahwa Kotlin adalah bahasa yang diutamakan untuk pengembangan aplikasi Android atau biasa dikatakan dengan Kotlin First.

Tips untuk Belajar Programming Secara Otodidak

Ada banyak cara untuk belajar programming. Kamu dapat mempelajarinya dengan mengambil mata kuliah dengan jurusan teknik informatika, mengambil kursus terkait, bahkan mempelajarinya secara otodidak. Kita akan membahas tips apa saja yang dapat kamu ikuti ketika ingin belajar programming secara otodidak. Berikut ini tipsnya:

  • Berlangganan platform belajar

Tips yang pertama untuk kamu yang mau mulai belajar programming secara otodidak adalah berlangganan platform belajar programming yang ada di internet. Contohnya kamu dapat berlangganan di Dicoding Academy untuk mempelajari berbagai macam pembelajaran programming.

  • Mencari materi programming di internet

Selain berlangganan platform belajar di internet, kamu dapat mencari materi dari sumber lain yang ada di internet. Ada banyak sekali website yang menyediakan penjelasan atau tutorial mengenai programming. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan banyak ilmu programming.

  • Mengikuti bimbingan belajar

Yang terakhir, kamu dapat mengikuti bimbingan belajar programming, baik secara online maupun offline. Bimbingan belajar dapat membantu kamu dalam mempelajari programming. Akan tetapi, ketika kamu mengikuti bimbingan belajar biasanya biaya lebih mahal dibandingkan berlangganan platform belajar pada suatu website.

Jadi, Bagaimana Cara Belajar Programming Secara Otodidak?

Jadi, seperti itulah pembahasan kita mengenai cara belajar programming secara otodidak. Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan saat mempelajari programming, seperti meningkatkan ketelitian, melatih cara berpikir secara logis dan sistematis, belajar menyelesaikan masalah, serta memiliki prospek masa depan yang baik. 

Ada banyak bahasa pemrograman yang dapat kamu pelajari, akan tetapi setiap bahasa pemrograman memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda sehingga cara belajarnya pun tidak bisa disamaratakan. Maka dari itu, ada berbagai macam cara untuk mempelajari programming secara otodidak, kamu dapat berlangganan platform belajar, mengikuti bimbingan belajar, hingga dapat mencari informasi tambahan materi di internet.

Demikian artikel kami pada kali ini, semoga dapat membantu kamu untuk mempelajari programming secara otodidak. Nantikan artikel selanjutnya dari kami ya. Sampai jumpa!

Tips Belajar Programming Secara Otodidak – end

Baca juga artikel pilihan ini untuk menambah wawasan kamu.

  1. 5 Bahasa Pemrograman Terbaik untuk Dipelajari di Tahun 2021
  2. Perbedaan Coding dan Programming
  3. Apa Itu Programming? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.