5 Jurusan Kuliah dengan Prospek yang Menjanjikan

5 Jurusan Kuliah dengan Prospek yang Menjanjikan

Kamu mungkin pernah atau bahkan saat ini sedang merasa kebingungan untuk memilih jurusan kuliah yang akan diambil. Pada dasarnya, pemilihan jurusan kuliah yang diambil biasanya relevan dengan hal yang ingin kamu kerjakan setelah lulus nanti.

Sebuah cita-cita karier yang ingin dicapai biasa terdapat pertimbangan dalam beberapa hal, salah satunya tentu adalah gaji yang tinggi. Menurut LinkedIn News, terdapat 10 pekerjaan dengan bayaran atau gaji yang tinggi dan 10 pekerjaan tersebut berasal dari latar belakang jurusan pendidikan yang berbeda-beda, jurusan teknik informatika adalah salah satunya

Jika kamu menelusuri di mesin pencarian dengan kata kunci “pekerjaan dengan gaji tinggi” hasil yang didapat rata-rata adalah beberapa bidang pekerjaan yang memang harus berpendidikan hingga tingkat spesialis. 

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Namun, jika kamu mencari sebuah lowongan pekerjaan yang banyak dicari dan dibutuhkan bahkan banyak diminati, maka yang muncul saat ini rata-rata adalah pekerjaan-pekerjaan dalam bidang IT.

ilustrasi jurusan kuliah teknik informatika

Saat ini Indonesia ada pada era Revolusi Industri 4.0 yang mana mungkin tidak lama lagi akan segera bergabung pada era Society 5.0. Artinya saat ini dunia semakin bergantung pada teknologi, belum lagi perkembangan teknologi yang juga semakin pesat.

Berkaitan dengan hal tersebut, ada kemungkinan karier dalam bidang teknologi semakin luas, kesempatan ini yang harus kamu manfaatkan. Namun, kamu juga perlu tahu, terdapat beberapa bidang pekerjaan lain dan non-IT dari beragam latar belakang jurusan kuliah yang juga memiliki prospek menjanjikan. Berikut adalah lima jurusan kuliah dengan prospek pekerjaan yang menjanjikan.

1. Teknik Informatika

Di jurusan teknik informatika, kamu akan mempelajari ilmu yang membahas pemanfaatan komputer untuk mengelola serta menganalisis data bervolume besar, baik data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi.

Ada beberapa bidang yang dicakup oleh ilmu Informatika ini antara lain sistem informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, teknik komputer, serta aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen.

Lulusan dari jurusan teknik informatika akan menemui beberapa pilihan pekerjaan yang menjanjikan, yaitu

2. Kedokteran

Ilmu kedokteran adalah ilmu yang mempelajari cara kerja tubuh manusia dalam pemeliharaan kesehatan, kesetimbangannya, pencegahan, pengobatan atau penatalaksanaan penyakit.

Mahasiswa jurusan kedokteran akan mempelajari hal-hal terkait tubuh dan penyakit seperti anatomi, fisiologi, ilmu penyakit dalam, ilmu kesehatan anak, ilmu bedah, penyakit gigi dan mulut, penyakit kulit dan kelamin, kesehatan jiwa, dan sebagainya.

Lulusan jurusan kedokteran memiliki prospek kerja yang cukup pasti karena selalu dibutuhkan, apalagi jika kamu mengambil pendidikan spesialis. Seorang dokter bisa bekerja di banyak rumah sakit ataupun pelayanan kesehatan bahkan membuka praktik sendiri.

3. Teknik Sipil

Ilmu teknik sipil merupakan ilmu rekayasa fisik yang berkaitan dengan kegiatan perancangan, pembangunan, maupun perawatan struktur dan lingkungan buatan untuk keberlangsungan hidup manusia.

Dalam jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari mengenai struktur bangunan, geoteknik, manajemen konstruksi, rekayasa pengairan, transportasi, dll.

Prospek kerjanya pun menjanjikan, profesi yang dapat menjadi pertimbangan antara lain

  • surveyor pengendali bangunan,
  • konsultan konstruksi,
  • structural engineer,
  • developer properti, dan
  • insinyur situs pembangunan.

4. Teknik Mesin

Jurusan teknik mesin tidak melulu soal mesin motor, mobil, dan kegiatan perbengkelan lainnya, tetapi mempelajari juga hal-hal terkait konversi energi, konstruksi dan perancangan, teknik produksi, juga material.

Jurusan ini memiliki banyak prospek kerja yang menjanjikan, salah satunya adalah profesi sebagai wind turbine technician.

5. Akuntansi

Pada intinya, jurusan akuntansi adalah untuk belajar memelihara keuangan. Contohnya, di jurusan ini kamu akan mempelajari mengenai audit, pelaporan, penganggaran, peraturan pajak, dll.

Alasan jurusan akuntansi ini memiliki prospek kerja yang baik, yaitu semua perusahaan tentu memiliki divisi keuangan. Di dalamnya, perusahaan tentu membutuhkan pengelolaan keuangan yang baik, salah satunya dengan peran seorang akuntan yang akan menjalankannya.

 

Dari kelima jurusan kuliah di atas, jurusan apa yang berkaitan dengan minatmu? Jangan sampai salah memilih jurusan kuliah, ya, karena hal ini akan membuang waktumu dengan sia-sia. Pada dasarnya jurusan apa pun kuliahmu, asalkan kamu fokus dalam bidangnya, itu bisa menjadikan suatu profesi atau pekerjaan yang menjanjikan juga, lho. Semangat selalu, ya!


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.