7 Jurusan yang Mempelajari Pemrograman

Tujuh Jurusan yang Mempelajari Pemrograman

Adakah dari kamu yang tertarik untuk masuk jurusan IT (teknik informatika)? Jurusan ini cukup terkenal dan banyak diminati. Mungkin, salah satu alasan orang banyak ingin berkuliah di jurusan ini adalah untuk mempelajari pemrograman. Pemrograman adalah salah satu bidang ilmu yang penting untuk dipelajari pada era digital ini. Ilmu pemrograman sangat berguna dalam banyak hal, mulai dari mengolah data, membuat aplikasi, bahkan bisa memprediksi sesuatu, lho

Nah, sebab dari kecanggihan yang bisa diterapkan ketika memahami ilmu pemrograman, banyak orang ingin mempelajarinya. Namun, kamu perlu tahu bahwa selain itu, ada jurusan lainnya yang juga mempelajari pemrograman, nih! Yuk, langsung saja kita simak di bawah ini.

Teknik Informatika

Sebagaimana yang disebutkan dalam pengantar, jurusan yang satu ini pasti sudah sering kamu dengar dan bahkan terbilang cukup populer. Dari namanya, terlihat bahwa jurusan yang satu ini sudah pasti belajar ilmu seputar teknologi informatika. Jurusan ini dapat kamu temukan di berbagai kampus di Indonesia.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Dalam jurusan ini, kamu akan mendalami berbagai hal seputar teknologi komputer. Nantinya, kamu akan mempelajari prinsip-prinsip ilmu komputer, menganalisis dengan metode matematis, evaluasi sistem informasi, sampai perancangan aplikasi atau perangkat lunak.

Oleh sebab itu, orang yang berkuliah di jurusan teknik informatika akan akrab sekali dengan pemrograman. Utamanya ketika merancang aplikasi atau perangkat lunak.

Teknik Komputer

Kamu yang senang bereksplorasi dengan komputer secara keseluruhan pasti akan sangat antusias untuk belajar di jurusan dalam bidang IT yang satu ini. Teknik komputer menggabungkan kedua bidang ilmu antara lain teknik elektronika dan ilmu komputer.

Tentu saja ilmu teknik elektronika yang diterapkan hanya berkisar pada kelistrikan dalam komputer saja. Selain mempelajari pemrograman untuk perancangan perangkat lunak, dalam jurusan teknik komputer akan dipelajari ilmu untuk mendesain perangkat keras komputer.

Selain itu, tidak hanya soal merancang perangkat keras ataupun lunak, di jurusan ini kamu pun akan mempelajari proses dan cara pemeliharaan perangkat keras komputer serta jaringan. 

Sistem Informasi

Adakah dari kamu yang belum tahu mengenai sistem informasi? Jurusan ini luas cakupannya karena selain mempelajari perangkat keras dan lunak, di dalamnya juga akan mempelajari tentang pengolahan data untuk manajemen serta pengambilan keputusan.

Maka dari itu, di dalam jurusan pada bidang IT yang satu ini, kamu akan dikenalkan pada bisnis dan manajemen juga. Sebab, sistem informasi memang bertujuan untuk mengumpulkan dan mengolah data menjadi informasi yang berguna untuk para pemangku kebijakan.

Nah, berdasarkan tujuan tersebut, tentu kamu pun akan mempelajari pemrograman untuk mengolah data, merancang prediksi, ataupun membuat visualisasi data. Kamu pun bisa mempelajari pemrograman untuk merancang aplikasi dalam membuat sebuah sistem yang dapat menghasilkan berbagai informasi.

Ilmu Komputer

Jurusan ini serupa, tetapi tak sama dengan teknik informatika. Perbedaannya adalah teknik informatika lebih mempelajari bidang IT yang mengarah pada penerapannya, sementara ilmu komputer belajar tentang sains dan pengetahuan seputar komputer.

Oleh sebab itu, umumnya ilmu komputer akan lebih mendalami pemrograman. Hal tersebut juga dipelajari bersama dengan algoritma serta kecerdasan buatan. 

Ilmu Perpustakaan

Siapa yang mengetahui jurusan berikut? Meskipun tidak berhubungan langsung dengan bidang IT, nyatanya jurusan ilmu perpustakaan juga mempelajari hal-hal terkait teknologi. Hal ini bertujuan agar jurusan ini bisa relevan dengan perkembangan zaman yang sudah sering memanfaatkan digitalisasi.

Ilmu perpustakaan mempelajari tentang pengelolaan pustaka dan pengarsipan. Oleh sebab itu, jurusan ini belajar jaringan, multimedia, dan pemrograman, yang nantinya berguna untuk manajemen data dan kearsipan. Di beberapa kampus ilmu perpustakaan bahkan juga belajar caranya membangun web untuk sistem perpustakaan berbasis digital, serta basis data dalam pengelolaan data.

Matematika

Bidang ilmu ini termasuk salah satu yang sangat fundamental dalam kehidupan. Bahkan, pemrograman bisa ada karena terjadinya perkembangan dari ilmu matematika. Jadi, tak heran jika orang-orang yang mendalami pemrograman pun bisa paham ilmu ini.

Pada era digital, pembelajaran pemrograman tentu saling melengkapi dengan bidang matematika. Matematika merupakan dasar logika dari pemrograman, sedangkan adanya pemrograman dapat melakukan perhitungan rumit secara otomatis. 

Pemahaman matematika juga sangat diperlukan untuk merancang algoritma. Oleh sebab itu, ilmu pemrograman turut dimasukkan dalam kurikulum perkuliahan jurusan matematika sebagai implementasi nyata, khususnya dalam bidang IT (teknologi informasi).

Statistika

Data berada di mana saja dan dapat memberikan informasi yang berguna untuk perkembangan kehidupan. Jadi, ada bidang ilmu yang berguna untuk dapat memanfaatkan data dengan baik, yaitu statistika.

Dengan adanya digitalisasi, pengolahan data dapat semakin cepat dan akurat. Oleh sebab itu, seseorang yang berkutat dengan analisis dan visualisasi data penting untuk mempelajari pemrograman. Sebab, otomasi proses pengolahan data tersebut pasti dilakukan dalam sebuah program atau menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

 

Nah, akhirnya selesai juga pembahasan kita mengenai jurusan-jurusan yang mempelajari pemrograman. Adakah yang menjadi impianmu? Yuk, sharing di kolom komentar. Sampai jumpa dalam artikel berikutnya!


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.