Malas Ngoding, 10 Cara untuk Mengatasinya yang Bisa Kamu Coba

Malas Ngoding, 10 Cara untuk Mengatasinya yang Bisa Kamu Coba

Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa rasa malas sering menjangkiti setiap orang. Pasti kita pernah mengalami kehilangan keinginan atau kemauan untuk melakukan suatu hal, bahkan untuk ngoding sekalipun kita sering diliputi rasa malas. Rasa malas ngoding merupakan hal yang lumrah dan seringkali kita alami. Namun, rasa malas ini jangan dibiarkan hinggap terlalu lama pada diri kita. Selain bisa menghambat pekerjaan, rasa malas juga bisa merugikan diri sendiri. Lantas, bagaimana cara mengatasi rasa malas yang tak kunjung pergi ketika ngoding?

Sebelum kamu simak 10 cara mengatasi rasa malas, coba perhatikan dulu kutipan yang cukup nendang buat kamu dari Bong Chandra. Perlu kamu tahu Bong Chandra ini merupakan salah satu pebisnis dan motivator termuda se-Asia.

“Malas adalah kemenangan saat ini dan kekalahan di masa nanti” (Bong Chandra)

Dari kutipan di atas, ada satu hal yang kita pelajari bahwa rasa malas akan membawa kekalahan di masa yang akan datang. Jadi, mulailah sedari awal untuk mengatasi rasa malas. Apabila kamu merasa malas, maka jangan dibiarkan terus-menerus. Jika terus kamu biarkan, maka akan semakin menjadi-jadi sehingga memperparah kemalasan. Oleh karena itu, segera simak 10 cara mengatasi malas ngoding berikut ini.

1. Segera Mengubah Persepsi

Perspektif Sudut Pandang

Karena kemalasan hinggap dalam diri kita, jadi faktor utama untuk mengatasi kemalasan adalah diri kita sendiri. Dengan mengubah persepsi yang ada di pikiran kamu dari harus menjadi mau. Harus dan mau merupakan kata yang memiliki makna berbeda. Harus seperti halnya paksaan karena sebuah keharusan untuk mengerjakannya, sedangkan mau seperti halnya kesadaran karena kamu memiliki kemauan untuk mengerjakannya.

Jadi, ketika diliputi rasa malas saat ngoding coba segera ubah persepsi kamu dari harus menjadi mau. Karena pada dasarnya kemalasan akan mampu dikalahkan berkat adanya kesadaran dalam diri kita untuk mau mulai ngoding kembali, bukan adanya paksaan dari deadline yang semakin mepet yang menimbulkan keharusan untuk mulai ngoding kembali.

2. Mencari Motivasi untuk Memotivasi Diri

Motivasi Malas Ngoding

Motivasi bisa menjadi cara untuk mengatasi rasa malas saat ngoding dengan membangkitkan semangat kembali. Walaupun menyemangati diri sendiri cukup sulit untuk dilakukan, tidak ada salahnya kamu mencoba mencari motivasi dari orang-orang yang ada disekitar. Selain itu kamu juga dapat mencontoh dari tokoh-tokoh terkenal. Sebagai programmer kamu bisa mencari motivasi dari forum atau komunitas programmer bahkan dari film yang bertema IT. Mudah-mudahan dari motivasi yang kamu dapat bisa membangkitkan api semangat untuk mulai ngoding kembali.

3. Membuat Target dan Daftar yang Harus Dikerjakan

To do list

Kemalasan saat ngoding kerap kali muncul karena kamu bingung mau melakukan apa dan tujuan seperti apa yang ingin dicapai. Maka dari itu cobalah untuk membuat target apa yang ingin kamu capai. Buatlah ke dalam bentuk daftar hal-hal yang harus dilakukan untuk mencapai target tersebut atau biasa kita sebut dengan to do list.

To do list dan target yang kamu buat akan memudahkan untuk mengatasi rasa malas ketika ngoding. Karena kamu sudah memiliki apa yang harus dilakukan hari ini, besok, dan target yang akan dicapai. Patuhilah to do list yang kamu buat dengan tidak menunda-nunda untuk muai ngoding. Selain itu dengan adanya to do list juga akan meminimalisir pekerjaan yang terlewat dan memastikan pekerjaanmu selesai tepat waktu.

4. Mengubah Pola hidup dan Tidur yang Cukup

Pola Hidup

Salah satu faktor yang menyebabkan timbulnya rasa malas saat ngoding adalah pola hidup yang tidak teratur dan kurangnya istirahat. Maka dari itu mulailah dari sekarang untuk memperbaiki pola hidup dengan mengaturnya dengan baik dan tidur yang cukup. Walaupun para programmer identik dengan bekerja di malam hari, namun jika kamu kurang tidur tentunya akan mempengaruhi kinerja kamu karena selalu diliputi rasa kantuk.

Cobalah untuk mengatur kapan kamu harus tidur, bangun, bekerja, dan istirahat. Dengan mengubah pola hidup kamu secara teratur, maka kamu akan terbiasa untuk melakukan sesuatu hal secara teratur dengan begitu rasa malas ngoding pun akan hilang dengan sendirinya.

5. Memperbanyak Gerak dan Olahraga yang Cukup

Olahraga dan Bergerak

Saat kamu merasa malas ngoding janganlah jadi kaum rebahan karena akan memperparah rasa malas tersebut. Cobalah untuk memperbanyak gerak dengan melakukan apapun, banyak gerak bisa menimbulkan semangat untuk bangun kembali dibandingkan hanya diam rebahan. 

Tidak lupa kamu juga perlu berolahraga yang cukup untuk menjaga stamina dan membangkitkan semangat. Dari olahraga yang cukup dan banyak gerak ini kamu akan terbiasa untuk melakukan aktivitas sehingga hasrat untuk mulai ngoding pun tumbuh kembali.

6. Mengerjakan Pekerjaan yang Mudah Terlebih Dahulu

Easy Work

Banyak kemalasan yang muncul saat ngoding disebabkan oleh sulitnya pekerjaan tersebut. Maka dari itu ketika kamu sedang ngoding cobalah untuk mengerjakan fungsi program atau kodingan yang mudah terlebih dahulu sebelum ke kodingan yang lebih sulit. Selain untuk mencegah rasa malas muncul, mengerjakan kodingan yang mudah terlebih dahulu juga akan membantu kamu untuk menyelesaikan kodingan yang sulit. Karena kodingan telah kamu pecah ke dalam beberapa bagian untuk kamu selesaikan.

7. Menghindari Tempat Tidur dan Smartphone

Ngoding di Tempat Tidur

Hal yang menimbulkan rasa malas saat ngoding terkadang dari keadaan lingkungan kamu sendiri. Saat kamu ngoding cobalah untuk tidak mengerjakan pekerjaan di tempat tidur atau sambil rebahan, karena itu semua akan membuat kamu nyaman untuk rebahan.

Usahakan juga saat bekerja untuk menghindari  smartphone karena ditakutkan perhatian kamu saat ngoding teralihkan oleh adanya chat yang tidak begitu penting atau melihat stories Instagram berlebihan sehingga kamu lebih berfokus ke smartphone dibanding bekerja.

8. Mendengarkan Musik dan Jingkrak-jingkrak

Dengar Musik Sambil Jingrak-jingkrak

Cara ini cukup sering penulis gunakan untuk mengatasi rasa malas, karena terkadang rasa malas datang dari kejenuhan atau hilangnya mood. Cara ini bisa kamu coba untuk menghilangkan rasa jenuh dan mengembalikan mood untuk mulai ngoding kembali. Coba dengarkan musik yang bisa membangkitkan semangat dan resapi musik tersebut.

Jika memungkinkan kamu boleh sambil jingkrak-jingkrak atau melompat-lompat mengikuti alunan musik tersebut atau hanya sekedar menggerakan tangan seperti memukul drum sambil bernyanyi-nyanyi mengikuti lantunan musik.

9. Mengingat Tujuan Awal dan Memperhatikan Resiko

tujuan dan Resiko

Saat kamu ngoding tentunya kamu memiliki tujuan tertentu, entah untuk menyelesaikan kewajiban kantor, kampus, ataupun untuk proyek skripsi. Tentunya setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda dan setiap tujuan pastinya memiliki resikonya masing-masing. Coba ingat kembali tujuan awal kamu saat mulai ngoding dan apa resikonya jika kamu tidak berhasil menyelesaikannya.

Resiko juga ada banyak macamnya, tidak hanya sebatas gagal menyelesaikan pekerjaan. Ada berbagai resiko yang perlu kamu perhatikan, baik itu resiko kesehatan, pekerjaan yang bertambah, acara lain tertunda, dan hal-hal yang tidak terduga lainnya. Jadi sebaiknya kamu selalu menyegerakan suatu pekerjaan dibanding bermalas-malasan dengan menunda-nunda pekerjaan. Karena tidak ada yang tahu kondisi kamu ke depannya dan hal-hal apa saja yang bisa menghampiri yang dapat menghambat pekerjaan.

10. Meminum Kopi dan Nikmati

Kopi

Ada pepatah umum di dunia pemrograman mengenai programmer yang merubah kopi menjadi sebuah barisan kode. Cara ini bisa kamu terapkan juga untuk mengatasi malas ngoding yang kamu alami dengan meminum kopi sebelum lanjut bekerja kembali. Kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi dipercaya bisa meningkatkan semangat dan menjaga stamina. Nah, mudahan-mudahan dari kopi yang diminum bisa kamu konversikan ke dalam barisan kode. 

Bagaimana rasa malas ngoding kamu sudah bisa kamu atasi belum? Jika sudah, yuk mari sama-sama kita belajar ngoding di Dicoding. Ada banyak kelas-kelas menarik yang menunggu kamu untuk mulai belajar ngoding disana. Kelas di Dicoding ini tersedia bagi kamu yang belum mempunyai kemampuan pemrograman dasar maupun bagi kamu yang sudah profesional sekalipun. Mau tahu ada kelas apa saja? Coba cek daftar kelas-kelasnya pada tautan berikut ini daftar kelas Dicoding

Simak juga kisah inspiratif dari para developer Dicoding berikut ini, siapa tahu bisa menjadi motivasi buat kamu untuk mulai ngoding kembali.

  1. 3 Tips dari Anak Desa: agar dapat Tawaran Kerja di Unicorn saat Masih Kuliah
  2. Ahmad Hanafi: Developer yang Tangguh Belajar Pemrograman, Tak Kenal Rintangan
  3. Belajar Skill Programming agar Mandiri Finansial

Ada cara lain untuk mengatasi malas saat ngoding versi kamu? Atau dari kesepuluh cara diatas, adakah yang menarik untuk kamu coba atau sudah kamu coba? Jangan sungkan tulis jawabanmu di kolom komentar ya. Yuk, mari kita hancurkan kemalasan bersama-sama yang ada di dalam diri kita! Dengan saling berbagi motivasi dan cara mengatasinya di kolom komentar.

Malas Ngoding, 10 Cara untuk Mengatasinya yang Bisa Kamu Coba – karya Robby Takdirillah, Intern Junior Content Writer di Dicoding

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Intern Junior Content Writer di Dicoding