Perempuan yang sedang memotivasi dirinya untuk belajar pemrograman

Cara Motivasi Diri Belajar Pemrograman

Cara Motivasi Diri Belajar Pemrograman – karya Perdana Samudra, Intern Junior Content Writer di Dicoding

Kenapa sih kamu harus belajar pemrograman? Kamu mau belajar tapi engga punya motivasi dan bingung bagaimana cara memulainya? Atau kamu sedang belajar bahasa pemrograman yang awalnya semangat, lalu tiba-tiba semangat belajarnya hilang ketika mengalami kesulitan atau karena alasan lain? Di sini kita akan memberikan tips bagaimana cara memotivasi diri belajar pemrograman.

1. Ingat Apa Alasan Kamu Memulai

Setiap hal yang kita lakukan berawal dari niat. Ketika kita sedang tidak bersemangat ngoding coba ingat-ingat kembali apa niat awal kamu belajar pemrograman. Buatlah niat yang kuat dari awal. Tentukan tujuan kenapa kamu mau belajar pemrograman. Bisa jadi kamu tertarik karena ingin membuat aplikasi, atau ingin membuat start-up dan membuka lapangan pekerjaan untuk banyak orang. Atau mungkin kamu sudah berniat untuk meniti karir menjadi programmer karena melihat perkembangan teknologi yang semakin pesat di bidang pemrograman.

Motivasi diri belajar pemrograman hari ini untuk masa depan lebih baik

2. Bergabung di Komunitas

Penting sekali kamu memiliki komunitas di bahasa pemprograman yang sedang digeluti. Ketika kamu memiliki kesulitan, kamu dapat bertanya kepada teman satu komunitasmu. Di dalam komunitas biasanya juga banyak sekali informasi-informasi yang bisa kamu dapat seputar perkembangan teknologi, bahasa pemrograman, tips, dan juga lowongan pekerjaan. Sering sekali komunitas memberikan info seputar event yang dapat membantu kamu bersemangat kembali dalam belajar pemrograman. Usahakan kamu aktif di dalam komunitas tersebut hingga kamu mendapat teman dan relasi dari sana.

3. Investasi Siapkan Masa Depan

Melihat perkembangan teknologi yang sangat cepat, penting sekali kita belajar pemrograman. Karena di masa depan atau kemungkinan beberapa tahun lagi akan banyak pekerjaan yang digantikan oleh AI (Kecerdasan Buatan) atau orang-orang menyebutnya robot. AI tersebut berisi perintah-perintah berisi kode yang dibuat oleh programmer. Jadi walaupun akan ada banyak pekerjaan yang nantinya digantikan oleh robot, programmer yang terus mengikuti perkembangan jaman tidak akan bisa digantikan, bahkan semakin banyak dibutuhkan.

4. Mengasah Softskill

Belajar coding engga hanya bikin kamu pintar ngoding tetapi banyak sekali kemampuan lain yang bisa kamu dapat dari sini. Kamu dilatih untuk dapat memecahkan masalah dan melatih ketelitian ketika menuliskan kode program. Kamu akan menjadi orang yang sabar dan gigih dan karena untuk hidup kamu harus memiliki kemampuan untuk tidak mudah menyerah ketika menghadapi masalah maka hal ini bisa jadi modal besar untuk sukses di jaman sekarang.

5. Menonton Film Bertemakan IT

Eh, ini bukan IT film horror yang ada badutnya ya. Maksudnya IT disini adalah Information Technology (teknologi informasi). Biasanya kalau dengar motivasi dari orang lain yang sudah sukses, tapi bukan terjun di bidang yang sama, pasti akan terdengar membosankan dan tidak menarik. Tapi beda dengan menonton film karena dengan kita menonton film kita akan merasa menjadi bagian dari perjalanan orang-orang yang sudah sukses di dunia pemprograman. Kamu juga bisa menonton film pemrograman yang bertemakan fiksi agar minat kamu belajar coding semakin besar. Cobalah menonton film-film seperti Social Network, Pirates of Silicon Valley, dan Mr. Robot.

Menonton Film untuk motivasi

Cara Motivasi Diri Belajar Pemrograman

-end-

Artikel ini ditulis oleh Perdana Samudra, Intern Junior Content Writer di Dicoding
“Mau jago bikin aplikasi mobile, makin asik kalo belajarnya lewat Dicoding”

Bingung mau mulai belajar pemrograman dari mana? Coba cek Learning Path yang ada di Dicoding Academy – dicoding.com/learningpaths

Kamu perlu contoh asli orang yang beruntung karena belajar pemrograman? Coba cek www.dicoding.com/blog/jago-bikin-aplikasi-android/

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Intern Junior Content Writer di Dicoding