10 Langkah Mengatasi Malas dalam Belajar

10 Langkah Mengatasi Malas dalam Belajar

Sering kali kita merasa malas belajar, bukan? Menjelaskan kata malas mungkin sangat variatif. Pada intinya, kemalasan selalu identik dengan tidak produktif. Kemalasan sesungguhnya hal yang sangat wajar dialami oleh seseorang. Hanya saja, kemalasan dianggap tidak wajar jika melebihi batasnya. Maka dari itu penting untuk kita memahami batas wajar kemalasan seseorang.

Untuk mengetahui kewajaran seseorang dalam bermalas-malasan adalah amati orang sekitarmu seperti orang tua, saudara, teman, tetangga, dan orang-orang yang sering kamu jumpai. Jika kamu mempunyai durasi waktu kemalasan seperti halnya mereka, maka masih dianggap wajar karena lingkungan akan membentukmu seperti halnya lingkunganmu dan tidak ada yang salah akan hal tersebut. Alangkah lebih baiknya jika kamu mengurangi durasi kemalasan dan mengganti dengan hal yang produktif dan pengembangan diri.

Orang tua kita selalu berharap bahwa kita harus bisa melebihi kemampuan mereka bukan? Maka dari itu, berproses untuk membentuk masa depan kita yang indah harus dimulai dari sekarang. Kita bisa mulai mengurangi durasi kemalasan belajar dengan mendisiplinkan diri melalui 10 langkah berikut :

“Salah satu pengkerdilan terkejam dalam hidup adalah membiarkan pikiran yang cemerlang menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang mendahulukan istirahat sebelum lelah”
(oleh : Haji Abdul Malik Amrullah).

1. Fokus pada passion

Mystic book

Kamu harus selalu mengembangkan passion yang telah dimiliki. Jika memang belum mempunyai passion, kamu bisa gali dengan minat apa saja yang ada di lingkunganmu. Perlu diketahui fokus terhadap satu passion akan membuatmu berprestasi di bidang tersebut. Hal itu akan membuat proses belajarmu selama ini tidak menjadi sia-sia.

2. Pilih metode belajar yang cepat dipahami

Membaca di alam terbuka

Malas belajar bisa jadi ada yang salah dalam metode belajar kamu. Metode belajar merupakan cara atau keunikanmu dalam belajar sehingga cepat dipahami oleh otak. Setiap individu pasti memiliki keunikan tersendiri dalam belajar yang nyaman.

Formula pomodoro dapat menjadi cara dalam mengingat suatu hal dengan baik. Teknik belajar dengan waktu yang disiplin saat istirahat dan lanjut belajar. Cara ini cukup efektif diterapkan karena otak kita perlu proses beberapa menit untuk menampung dan mencerna hal-hal penting. Perlu diingat pada saat istirahat hindari bermain game.

Lebih jelasnya bisa kamu kunjungi link berikut Teknik Belajar Pomodoro

3. Fasilitasi diri dalam belajar

Pasar buku

Pendukung belajar selanjutnya adalah memfasilitasi dirimu dengan beberapa objek sekitar sesuai kebutuhan. Contoh fasilitas tersebut adalah menyiapkan beberapa cemilan, kopi, teh, atau lainnya yang membuat menambah mood kamu dalam belajar.

Fasilitas belajar lainnya adalah menyediakan meja dan kursi belajar, karena posisi tubuh akan menjadi baik jika kita duduk dengan benar. Kamu bisa juga menambah fasilitas musik instrumen saat belajar. Hal ini bisa meningkatkan fokus seseorang dalam belajar.

4. Kenali waktu belajar

Buku Imajinasi

Untuk menemukan waktu belajar kamu yang tepat adalah mencoba membaca buku bertopik berat di pagi, siang, sore, dan malam hari. Setelah itu pilihlah waktu yang paling disukai atau banyak mengingat sesuatu. Buatlah agenda rutin yang membuat kamu konsisten untuk belajar di jam-jam tersebut.

5. Buat kelompok belajar

2 bocah membaca sambil berdiri

Tidak sengaja bertemu dengan teman yang suka belajar adalah sebuah keberuntungan bagi kita, karena kita akan diajak untuk suka belajar dan menjadi terbiasa. Jika tidak merasakan keberuntungan tersebut, maka kamu bisa membuat kelompok belajar dengan inisiatifmu sendiri.

Kelompok belajar adalah forum untuk saling share and care satu sama lain. Sehingga hasil belajar selama diskusi tersebut akan terbagi sama rata. Cara ini sangat dianjurkan bagi kamu yang sangat susah untuk belajar dan tidak mau belajar.

6. Buat motivasi belajar

Motivasi Belajar

Motivasi belajar seseorang akan menyesuaikan dengan kondisi dan lingkungan sekitar. Buatlah motivasi dengan tujuan subject seperti untuk kebaikan diri sendiri atau orang tua kamu. Motivasi ini akan menemani kamu sesering mungkin sehingga saat malas memeluk tubuhmu, kamu akan mudah bangkit kembali serta melawan kemalasan.

Mencatat impian di buku bisa menjadi cara untuk mengingat motivasi kamu. Organisasi besar selalu memiliki visi misi untuk meraih tujuan, begitupun kamu membutuhkan visi dan misi untuk meraih tujuan hidup. Motivasi akan berubah-ubah jika kamu berangan-angan terus tanpa ditulis dan menjadi orang yang inkonsisten dalam mencapai tujuan.

7. Tata letak lampu yang baik

Buku di kegelapan

Penerangan sangat penting untuk membantu matamu dalam melihat suatu bacaan di buku. Untuk membuat otak lebih fokus terhadap apa yang kamu baca, kamu bisa mencoba cara penerangan menggunakan lampu meja. Sedangkan lampu ruanganmu biarkan gelap atau redup.

Cara ini ampuh membuat mata fokus terhadap satu penerangan yang ada. Karena kamu tidak akan tergoda untuk melihat arah lain karena gelap. Buku sangat aman untuk dibaca di ruang redup karena zaman dahulu juga orang belajar menggunakan lampu lilin yang tidak terlalu terang.

8. Jauhi gadget saat jam belajar

Fokus belajar tanpa gadget

Langkah ini cocok untuk kamu yang sedang kecanduan memainkan gadget serta membuat kamu lupa terhadap waktu. Pahami efek terburuk jika memainkan gadget terlalu lama dan buat jam-jam tertentu untuk mengubah gadget kamu menjadi buku.

Saat belajar, buat gadget kamu ter-silent, suara pesan atau telpon akan mengganggu kita saat fokus belajar. Jika kamu kehilangan fokus saat belajar, maka kita akan tergoda untuk memilih fokus lainnya yang lebih seru.

9. Pelajari biografi sukses

Buku fantasy

Terdapat pepatah bahwa “kamu tidak akan jauh berbeda dengan lingkunganmu berada”. Jika lingkungan kamu kurang mendukung untuk memotivasi kamu belajar, membaca buku biografi akan membuat kamu berada di lingkungan si suksesor tersebut. Ini salah satu cara yang sangat membantu untuk mendapatkan motivasi dan inspirasi kamu.

Biasanya dalam buku biografi sering memberikan sejarah kelam yang tidak luput dari kehidupan manusia. Melalui kehidupan kelam biografi tersebut kamu akan belajar bahwa kamu tidak sendirian dan terdapat contoh orang sukses yang bisa menjauhkan rasa kemalasan.

10. Tidur cukup

Orang tidur

Durasi tidur yang baik biasanya 8-10 jam dalam sehari, waktu tidur ini dapat dibagi menjadi dua yaitu di siang hari dan malam hari. Contoh jam tidur yang baik di malam hari adalah pukul 21.00 – 04.00 WIB. Sedangkan siang hari bisa pukul 12.00 – 13.00 WIB (Jika tidak memiliki aktivitas siang hari).

Sekian langkah-langkah belajar mengatasi kemalasan sesuai pengalaman penulis. Kesimpulannya adalah setiap manusia akan selalu belajar dan belajar hingga tua sekalipun. Maka dari itu, belajar bisa didefinisikan sebagai kebutuhan seseorang. Jika kita menolak untuk berkebutuhan belajar, maka tidak akan ada pengembangan di dalam diri kita.

Baca juga artikel terkait tentang belajar berikut ini :

  1. 4 Checklist Penting untuk WFH Kamu
  2. Buat Pengguna Nyaman dengan Dark Mode
  3. 3 Tips dari Anak Desa : Mendapat Tawaran Kerja di Unicorn saat Kuliah
  4. 3 Tips Belajar Developer Proaktif

10 Langkah Mengatasi Malas dalam Belajar – karya Alfian Dharma Kusuma – Intern Junior Content Writer di Dicoding

 

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Intern Junior Content Writer di Dicoding