Blog_[Blog]_27_7 Game Multiplayer Android Lokal Terbaik

7 Rekomendasi Game Multiplayer Android Lokal

Bagi kamu para pecinta game, cocok banget artikel ini untuk menambah pengetahuanmu seputar dunia game. Ketahuilah bahwa game-game yang dibuat dan diterbitkan oleh tangan orang Indonesia tidak kalah serunya. Terdapat ratusan pengembang game lokal yang memiliki daya saing pasar sangat baik. Kualitas yang diberikan oleh pengembang lokal pun sudah sangat menarik dan waktunya mendunia.

Penting untuk diketahui bahwa pertumbuhan gamer di Indonesia setiap tahun selalu meningkat. Peningkatan ini disebabkan adanya kualitas dan pembaharuan pada game yang selalu diperbaiki. Hal tersebut membuat gamer tidak cepat merasa bosan untuk memainkannya.

Baca juga : Game Lahan Bisnis yang Serius perlu Skill yang Serius

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Kali ini, kita akan bahas 7 game multiplayer terbaik dan harus kamu coba mainkan bersama temanmu. Berikut daftarnya :

1. Dewa Ngamuk – Main Games

Dewa Ngamuk

  • Users               : 500,000+ Unduhan
  • Ratings           : 4.5 / 5.0
  • Size                  : 239 Mb

Game lokal pertama yang terbaik adalah Dewa Ngamuk. Game ini dikembangkan dan diterbitkan oleh Main Games yang berlokasi di Jakarta. Rilis pertama kali pada tanggal 12 Oktober 2016, membuat game ini sangat diminati oleh banyak pengguna. Genre RPG yang dipadukan dengan strategi ini membuat pengguna tidak berhenti untuk memainkan game ini terus menerus.

Selain misi-misi yang dapat kamu selesaikan, kamu dapat menikmati fitur bermain multiplayer dengan pemain di seluruh dunia.

Untuk kalian yang ingin memainkannya, kamu dapat  mengunduhnya di Dewa Ngamuk

2. Snake and Ladder – Keong Games

Snake and Ladder

  • Users                    : 500,000+ Unduhan
  • Ratings                : 4.2 / 5.0
  • Size                       : 20 Mb

Game multiplayer selanjutnya adalah game yang dibuat oleh Keong Games. Keong Games merupakan developer game berdomisili di kota Salatiga, Jawa Tengah. Snake and Ladder merupakan game yang cukup aktif hingga kini, dibuktikan bahwa Keong Games terakhir memperbarui game tersebut pada tanggal 21 Mei 2019 sejak rilis 5 Oktober 2016.

Snake and Ladder merupakan game offline yang dapat kamu mainkan secara multiplayer. Ada dua pilihan yang bisa kamu gunakan, yaitu melalui fitur bluetooth atau multiplayer menggunakan satu smartphone. Game ini sangat diterima oleh masyarakat dunia, melalui jumlah pengguna serta 8,000 akun playstore mengomentari di laman game ini.

Untuk kalian yang ingin memainkannya, kamu dapat  mengunduhnya di Snake and Ladder.

3. Bus Simulator Indonesia – Maleo Development

Bus Simulator Indonesia

  • Users            : 10,000,000+ Unduhan
  • Ratings        : 4.4 / 5.0
  • Size               : 271 Mb

Bagi kamu yang sangat menyukai game simulator, kamu perlu coba game satu ini. Bus Simulator Indonesia ini dikembangkan dan dirilis oleh Maleo yang berdomisili di Surabaya, Jawa Timur. Sejak rilis pertama kali pada 27 Maret 2017 di playstore, game ini menjadi game favorit anak muda.

Dalam game Bus Simulator Indonesia, terdapat fitur “narik” yang bisa kamu coba. Bus yang dibawa harus mengantarkan penumpang ke terminal-terminal, setelah perjalanan berakhir pemain akan mendapatkan sejumlah uang yang dapat dikumpulkan untuk membeli bus baru. Lokasi yang digunakan di dalam game ini bernuansa Indonesia.

Kamu juga dapat memainkannya secara multiplayer dengan fitur “main bareng” pada aplikasinya. Update terakhir kalinya game ini pada 21 Maret 2020, kamu harus banget mencoba fitur terbarunya. Terdapat jalur baru yang dapat menghubungkan pulau Sumatera ke pulau Jawa.

Untuk kalian yang ingin memainkannya, kamu dapat  mengunduhnya di Bus Simulator Indonesia

4. Legends of Kingdoms – Megaxus

LOKA

  • Users               : 100,000+ Unduhan
  • Ratings           : 4.6 / 5.0
  • Size                  : 85 Mb

Game satu ini cukup baru karena rilis pertama kalinya pada 25 Maret 2020 di playstore. LOKI diterbitkan langsung oleh publisher lokal yang terkenal yaitu Megaxus yang berdomisili di Jakarta. Sebelumnya, game ini memiliki nama asli Xiaomi Super GOD yang berasal dari China. Bagi kamu pecinta game moba, kamu harus coba game lokal satu ini. Terdapat banyak fitur baru yang tidak akan kamu temui di game MOBA lainnya.

Kamu dapat memanfaatkan Ward, Sentry, dan Kurir untuk mengatur ritme permainan sehingga game akan menang. Ward akan membantu team untuk melihat keadaan sekitar selama 120 detik. Sentry membantu player dalam melihat unit lawan yang tak kasat mata. Kurir akan mengemban tugas penting untuk mengantarkan equipment kepada hero saat pertempuran berlangsung

Untuk kalian yang ingin memainkannya, kamu dapat  mengunduhnya di Legends of Kingdoms

5. Lokapala Beta – Ananta Rupa Studio

Lokapala Beta

  • Users                    : 100,000+ Unduhan
  • Ratings                : 3.7 / 5.0
  • Size                       : 47 Mb

Banyak pilihan untuk kamu yang menggemari game MOBA dengan berbagai fitur. Lokapala Beta merupakan game MOBA asal Indonesia yang dikembangkan oleh Anantarupa Studios dan dirilis pada tanggal 7 Februari 2020. Grafis yang cukup detail membuat game ini semakin digemari oleh pengguna.

Game ini tergolong game baru dan memiliki tantangan berupa persaingan sesama MOBA. Karena game ini tergolong baru, banyak pengguna game ini melakukan kritikan yang mendukung untuk menjadi lebih baik. Kamu patut mencoba game satu ini demi mendukung produk buatan anak bangsa.

Untuk kalian yang ingin memainkannya, kamu dapat  mengunduhnya di Lokapala Beta

6. Football Saga – Agate

Football Saga

  • Users                    : 100,000+ Unduhan
  • Ratings                : 4.2 / 5.0
  • Size                       : 196 Mb

Berikutnya adalah game yang memiliki kategori simulasi olahraga. Game ini dibuat oleh Agate yang berasal dari Bandung yang dirilis di awal tahun 2016. Sempat menjadi game favorit bagi penggunanya beberapa tahun, sayangnya sejak 23 Januari 2017 game ini sudah tidak pernah melakukan update kembali.

Game ini akan mengajak pengguna untuk merasakan sensasi menjadi seorang manager club sepakbola. Kamu juga dapat bermain dengan user di seluruh dunia secara online.

Karena tidak pernah ada kabar untuk pembaruan game ini, semoga saja game-game sejenisnya dapat bermunculan kembali.

Bagi kamu yang ingin mencoba sensasi menjadi seorang manager, kamu dapat  mengunduhnya di Football Saga Fantasista

7. Mini Racing Adventures – Minimo

Mini Racing Adventures

  • Users                  : 10,000,000+ Unduhan
  • Ratings              : 4.3 / 5.0
  • Size                     : 77 Mb

Game lokal multiplayer terakhir yang terbaik adalah Mini Racing Adventures. Game ini dikembangkan oleh Minimo yang berdomisili di Jakarta Barat. Game ini terbit di playstore pada tanggal 15 Januari 2015. Hingga saat ini, Mini Racing masih memiliki pengguna yang sangat banyak.

Pembaruan terakhir yang dilakukan baru saja di tanggal 22 Februari 2020. Fitur update yang diberikan berupa kendaraan dan lintasan baru. Kamu bisa bermain multiplayer dengan fitur online realtime multiplayer melawan pembalap lain atau temanmu sendiri. Tentunya game ini juga memberikan akses bermain secara offline.

Untuk kalian yang ingin memainkannya, kamu dapat  mengunduhnya di Mini Racing Adventures

“Perasaan cinta produk lokal saja tidak cukup jika tak diiringi dengan membeli dan mengkonsumsinya”. Alfian Dharma Kusuma

Melihat kondisi semakin berkembangnya game pada android saat ini, membuat daya saing di pasaran semakin meningkat. Sedangkan jarang sekali ada pertambahan pengembang-pengembang lokal yang terjun di dunia game. Menurut Narenda Wicaksono, “Dengan peluang yang ada, negeri ini semestinya jadi rumah bagi tumbuh suburnya ekosistem digital.” (CEO of Dicoding sekaligus Bendahara di Asosiasi Game Indonesia)

Bagi kamu yang tertarik ikut serta dalam pengembangan game lokal, penuhi semangat dan skill kamu di Belajar Construct Game Developer. Dicoding akan memberikan kamu pelajaran serta peluang kerja seputar game developer yang dapat kamu jelajahi.

7 Game Multiplayer Android Buatan Lokal Terbaik – Karya Alfian Dharma Kusuma – Intern Junior Content Writer di Dicoding


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.