Gratis
Reguler

Belajar Membuat Game dengan Construct 2

Disusun oleh: Dicoding Indonesia Platform: Level: Pemula
Bagikan kelas ini:

Deskripsi


Mulai karirmu sebagai Construct Game Developer dari sini. Materi ini disusun oleh Dicoding bersama pelaku industri seperti ArcadesIndo Games.


Saat ini industri game dunia telah mencapai $152.1 miliar di tahun 2019 dengan pertumbuhan tahunan diperkirakan sebesar 9.6% (2019 Global Games Market Report). Hal tersebut menandakan bahwa potensi berkarir sebagai game developer sangatlah besar. Berdasarkan data dari Asosiasi Game Indonesia (AGI), market gaming di Indonesia dikatakan bakal terus tumbuh sebesar 20% hingga 30% tiap tahunnya. Pada 2030, Indonesia diprediksi akan menjadi top 5 game market di seluruh dunia. Di kelas ini Anda akan berlatih menjadi seorang game developer yang bisa membuat game sesuai kebutuhan industri terkini. Software yang digunakan dalam kelas ini adalah Construct 2 Free Edition yang dapat diunduh melalui halaman resmi https://www.scirra.com/construct2/releases.

Dicoding bekerjasama dengan ArcadesIndo Games telah menyusun materi yang ada di kelas ini secara komprehensif. Kelas ini disusun untuk Anda yang ingin mempelajari tahapan development game 2D sederhana melalui tiga jenis proyek game yaitu Balloon Shooter, Space Shooter, dan Tower Defense. Materi yang dipelajari juga dapat digunakan untuk membuat game browser atau desktop.


Kenapa saya harus belajar kelas ini?

  • Kelas ini menggunakan game engine Construct 2 yang banyak digunakan oleh kalangan indie game developer (independen).
  • Kelebihan dari Construct 2, antara lain dapat membuat game 2D, multiplatform (HTML5 Web, Android, dsb).
  • Construct 2 termasuk game engine yang memiliki lisensi gratis.
  • Construct 2 memudahkan Anda dalam membuat game tanpa harus mengerti coding.
  • Sangat cocok untuk pemula yang ingin belajar membuat game dari awal.
  • Kelas ini sebagai prasyarat untuk menuju kelas Menjadi Construct 2 Developer Expert.


Materi apa saja yang akan dipelajari?

  • Membuat game Balloon Shooter : Konsep dari permainan ini akan memunculkan balon-balon dengan berbagai warna, dan pemain harus memecahkan balon tersebut sesuai dengan warna yang tertera pada sistem. Apabila pada sistem tertulis warna merah, maka pemain harus memecahkan balon merah tersebut. Pemain dapat menggerakkan karakter dengan menggunakan keyboard dan mouse. Modul ini dapat digunakan untuk membuat game browser atau desktop.
  • Membuat game Space Shooter : Konsep dari permainan ini akan memunculkan meteor-meteor dari atas layar. Setiap meteor yang dihancurkan, pemain akan mendapatkan poin. Pemain dapat menggerakan karakter dengan menggunakan kursor mouse atau mengetuk layar. Modul ini dapat digunakan untuk membuat game browser, mobile, atau desktop.
  • Membuat game Tower Defense : Konsep dari permainan ini ialah pemain dapat menambahkan tower pada setiap titik yang telah disediakan. Akan ada musuh yang melewati jalur yang ditentukan, dan tower pemain akan menembakinya. Tower tersebut juga dapat di upgrade hingga level yang lebih tinggi. Modul ini dapat digunakan untuk membuat game browser, mobile, atau desktop.

Anda tentukan sendiri berapa lama waktu belajar materi kelas ini. Materi kelas didesain untuk diselesaikan dalam waktu 40 jam. Jika Anda meluangkan waktu sedikitnya 10 jam saja dalam seminggu, maka sangat dimungkinkan Anda bisa menuntaskan kelas ini dalam waktu 30 hari. Namun tidak menutup kemungkinan Anda menyelesaikan dalam waktu yang jauh lebih cepat.


Prasyarat mengikuti kelas ini adalah:

  • Kelas ini didesain untuk pemula, sehingga tidak ada prasyarat apapun. Akan lebih baik jika Anda pernah bermain game elektronik.
  • Anda harus mandiri, berkomitmen, benar-benar punya rasa ingin tahu dan tertarik pada subjek.
  • Anda harus gigih, temukan topik yang menarik, bermain-main dan mengotak-atik setiap logika dan event dalam game.
  • Sebaik apa pun materi struktur kelas ini, tak akan berguna tanpa keseriusan Anda untuk belajar, berlatih, dan mencoba.


Spesifikasi minimal Komputer/Laptop:

  • Resolusi layar 1366x768 (Rekomendasi Full HD 1920x1080).
  • Prosesor Intel Dual Core (Rekomendasi Core i3 ke atas).
  • RAM 2 GB, (Rekomendasi 4 GB).
  • Sistem operasi Windows 7 64-bit atau yang lebih baru.


Tools yang digunakan:

  • Construct 2. Cara instalasi akan diajarkan pada kelas ini.
  • JRE (Java Runtime Environment) atau JDK (Java Development Kit). Cara mengunduh JRE dan JDK akan diajarkan pada kelas ini.
  • Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Pertanyaan

Bila Anda memiliki pertanyaan / kendala ketika belajar di kelas ini, Anda dapat buka tab pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan di FAQ

Tim Reviewer

Daniel William
Daniel William

Founder

Arcadesindo Games

Daniel William
Daniel William

Founder

Arcadesindo Games

Silakan masuk dahulu ke Dicoding untuk dapat mengambil kelas ini

Masuk

Kelas ini disusun oleh:

Dicoding Indonesia
Dicoding Indonesia

Decode Ideas

Discover Potentials