Picodiploma

Menjadi Construct 2 Developer Expert

Disusun oleh: Dicoding Indonesia Platform: Level: Mahir
Bagikan kelas ini:

Deskripsi


Jadilah expert di dunia game development sebagai Construct Game Developer dari sini. Materi disusun oleh Dicoding bersama pelaku industri seperti BikinGame.com dan ArcadesIndo Games.


202001071554341478db921e09b915f41b384268633cc5.jpg

Saat ini industri game dunia telah mencapai $152.1 miliar di tahun 2019 dengan pertumbuhan tahunan diperkirakan sebesar 9.6% (2019 Global Games Market Report). Hal tersebut menandakan bahwa potensi berkarir sebagai game developer sangatlah besar. Berdasarkan data dari Asosiasi Game Indonesia (AGI), market gaming di Indonesia dikatakan bakal terus tumbuh sebesar 20% hingga 30% tiap tahunnya. Pada 2030, Indonesia diprediksi akan menjadi top 5 game market di seluruh dunia. Di kelas ini Anda akan berlatih menjadi seorang game developer yang bisa membuat game sesuai kebutuhan industri terkini. Software yang digunakan dalam kelas ini adalah Construct 2 Licensed Edition yang dapat dibeli melalui halaman resmi Construct 2 berikut. Anda dapat menggunakan versi gratis di https://www.scirra.com/construct2/releases namun tidak akan dapat sepenuhnya mempelajari materi pada kelas lanjutan ini.

Kelas ini hadir dan didesain oleh Dicoding, ArcadesIndo Games, dan BikinGame.com untuk kalian yang secara khusus ingin mempelajari game development menggunakan game engine Construct lebih dalam lagi. Di dalam kelas ini Anda akan mempelajari fitur teknis seperti penggunaan plugin, maupun non teknis seperti pendistribusian permainan ke berbagai platform.


Kenapa saya harus belajar kelas ini?

  • Kelas ini menggunakan game engine Construct 2 yang banyak digunakan oleh kalangan indie game developer (independen).
  • Kelebihan dari Construct 2, antara lain dapat membuat game casual, multiplatform (HTML5 Web, Android, dsb).
  • Construct 2 termasuk game engine yang memiliki lisensi gratis.
  • Construct 2 memudahkan Anda dalam membuat game tanpa harus mengerti coding.
  • Sangat cocok untuk Anda yang ingin fokus belajar membuat game 2D.


Materi apa saja yang akan dipelajari?

  • Pengenalan Interface : Membahas tuntas tentang tampilan pada Construct 2 seperti Layout, Project Bar, Z-Order, dll.
  • Preview Mode : Menjelaskan preview yang digunakan untuk mencoba level yang sudah Anda desain beserta logika-logika yang telah Anda terapkan di dalamnya. Di dalam preview juga terdapat Continuous Preview, Preview over Wifi.
  • Debugger : Bug adalah suatu kecacatan pemrograman di sebuah aplikasi. Anda mungkin sering mendapatkan bug ketika bermain game, terutama yang masih berstatus beta atau early access. Debugging adalah proses untuk mengecek kecacatan tersebut. Untuk membantu mencari di mana letak kesalahan pemrograman yang dilakukan. Tidak hanya debugger, Construct 2 juga memiliki fitur Inspector, Watch, Profile untuk memonitoring event.
  • Eventing : Menjelaskan bagaimana logika di dalam Construct 2 dibuat menggunakan prinsip jika-maka (sebab-akibat). Logika yang mendeklarasikan kondisi atau syarat terjadinya sesuatu disebut dengan Condition. Jika kondisi terpenuhi, maka sesuatu akan terjadi. Sesuatu yang akan dilakukan itu disebut dengan Action. Gabungan antara condition dan action dinamakan dengan Event, sedangkan tempat untuk membuat event logika disebut dengan Event Sheet. Tidak hanya event sheet, di materi ini juga akan belajar penamaan Event, Sub-event, cara kerja Event, dll.
  • Dasar Pemrograman : Membahas pemrograman game dengan sistem koordinat dalam proses development. Pada Construct 2, sistem koordinat yang dipakai adalah kartesius. Perbedaannya, sumbu (0,0) berada di pojok kiri atas. Semakin ke kanan nilai sumbu X akan bertambah. Sebaliknya, semakin ke bawah nilai sumbu Y yang bertambah. Dasar pemrograman lainnya yang dibahas adalah Variable, Function, Expressions, Looping, Array, Family, LocalStorage dll.
  • Pemrograman Lanjutan : Mempelajari bagaimana cara melakukan pertukaran data dari Construct 2 dengan sebuah server yang (seolah-olah) juga Anda buat sendiri. Server akan dibuat menggunakan Native PHP dengan database MySQL. Untuk melakukan komunikasi data, Anda akan menggunakan JSON sebagai salah satu bahasa standar yang mudah dibaca baik oleh manusia ataupun komputer. Agar tetap sesuai dengan topik pembahasan, Anda tinggal melakukan setup pembuatan server di komputer Anda. Sedangkan source code untuk server sudah disiapkan, sehingga Anda tinggal menghubungkan antara server dengan Construct 2. Program yang akan Anda buat akan membuat game online sederhana fitur login-register, melihat data user, serta fitur store sederhana.
  • Pemrograman Lanjutan 2 : Menggunakan objek AJAX dan JSON Object untuk bertransaksi data dengan sebuah server. Kali ini, Anda akan belajar cara menggunakan AJAX untuk membaca berkas di dalam proyek lalu menggunakannya sebagai sumber data offline. Kemudian, Anda akan menggunakan dokumen dengan format XML lalu membacanya dengan objek XML.
  • Publishing : Mempelajari apa saja yang harus diterapkan dan bagaimana game yang telah Anda buat dapat dimainkan ke berbagai platform seperti website, desktop, atau mobile.
  • Services : Mempelajari bagaimana caranya menggunakan fitur tambahan dari layanan Google Play seperti papan peringkat (leaderboard), pencapaian (achievement), begitu pula dengan cara menerapkan pembelian dalam aplikasi In App Purchase (IAP) pada aplikasi yang Anda upload ke Google Play Store. Selain layanan Google Play, akan dibahas pula mengenai penerapan layanan iklan.
  • Submission : Membuat game dengan tema Multiplayer Online Shooter menggunakan Construct 2.

Anda tentukan sendiri berapa lama waktu belajar materi kelas ini. Materi kelas didesain untuk diselesaikan dalam waktu 70 jam. Jika Anda meluangkan waktu sedikitnya 10 jam saja dalam seminggu, maka sangat dimungkinkan Anda bisa menuntaskan kelas ini dalam waktu 50 hari. Namun tidak menutup kemungkinan Anda menyelesaikan dalam waktu yang jauh lebih cepat.


Prasyarat mengikuti kelas ini:

  • Memiliki latar belakang dalam mengembangkan game menggunakan Construct 2. Jika belum, silakan mengikuti kelas Belajar Membuat Game dengan Construct 2.
  • Anda harus mandiri, berkomitmen, benar-benar punya rasa ingin tahu dan tertarik pada subjek.
  • Anda harus gigih, temukan topik yang menarik, bermain-main dan mengotak-atik ilmu yang Anda dapatkan.
  • Sebaik apa pun materi struktur kelas ini, tak akan berguna tanpa keseriusan Anda untuk belajar, berlatih, dan mencoba.


Spesifikasi minimal Komputer/Laptop:

  • Resolusi layar 1366x768 (Rekomendasi Full HD 1920x1080).
  • Prosesor Intel Dual Core (Rekomendasi Core i3 ke atas).
  • RAM 2GB, (Rekomendasi 4GB).
  • Sistem operasi Windows 7 64-bit atau yang lebih baru.


Tools yang digunakan:

  • Construct 2. Cara instalasi akan diajarkan pada kelas ini.
  • JRE (Java Runtime Environment) atau JDK (Java Development Kit). Cara mengunduh JRE dan JDK akan diajarkan pada kelas ini.
  • Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Pertanyaan

Bila Anda memiliki pertanyaan / kendala ketika belajar di kelas ini, Anda dapat buka tab pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan di FAQ

Tim Reviewer

Punto Damar Prihambodo
Punto Damar Prihambodo

BikinGame.com

Co-creator dan reviewer kelas akademi Menjadi Construct 2 Expert

Agil Julio
Agil Julio

Game Content Creator

Unity Certified Associate

Dicoding Indonesia

Daniel William
Daniel William

Founder

Arcadesindo Games

Punto Damar Prihambodo
Punto Damar Prihambodo

BikinGame.com

Co-creator dan reviewer kelas akademi Menjadi Construct 2 Expert

Agil Julio
Agil Julio

Game Content Creator

Unity Certified Associate

Dicoding Indonesia

Daniel William
Daniel William

Founder

Arcadesindo Games

Silakan masuk dahulu ke Dicoding untuk dapat mengambil kelas ini

Masuk

Kunjungi Online Store Kami

Kelas ini disusun oleh:

Dicoding Indonesia
Dicoding Indonesia

Decode Ideas

Discover Potentials