Dicoding Updates : Fitur & Challenge Baru, #HACKJAK2015, dan Event lainnya

Bagaimana kabarnya? Sebelumnya, kami keluarga besar Dicoding Indonesia ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H bagi rekan developer yang merayakan. Mohon maaf Lahir dan Batin. Ijinkan saya untuk menginformasikan beberapa update terkait Dicoding, termasuk fitur-fitur baru yang kami hadirkan untuk senantiasa memudahkan developer.

 

Developer Showcase (Baru)

Kami telah menambahkan fitur baru pada Platform Dicoding, yakni Developer Showcase. Showcase adalah etalase seluruh aplikasi yang pernah menang challenge di Dicoding. Saat ini terdapat ratusan aplikasi dari teman-teman developer yang telah masuk dalam Developer Showcase Dicoding.

Modul Tutorial (Baru)

Dicoding bersama dengan Developer Mengajar dan GITS Indonesia, telah menyediakan modul pembelajaran Aplikasi Windows Phone Silverlight dan Android. Rekan-rekan developer dapat membaca dan mempraktekkan modul tutorial Windows Phone (10 Modul) hingga rekan-rekan siap mengikuti Windows Phone Challenge, atau mengikuti modul tutorial Android (5 Modul, dalam pengembangan) dan mengikuti NDK Challenges.

 

App Review (Baru)

Kami memberikan insentif untuk rekan-rekan developer berupa review dari tim Dicoding untuk pemenang challenge di Dicoding. Review-review tersebut dapat dilihat pada tab “News” dan social media Dicoding yang akan kami update setiap harinya.

 

Challenge

Saat ini terdapat 13 Challenge yang aktif di Dicoding dan dapat anda Ikuti, sebagai berikut:

  1. Duniaku Networks, salah satu media populer di Indonesia menawarkan Bronze, Silver, dan Gold Duniaku Challenge dengan hadiah berupa publikasi hingga senilai USD15.000 (ekuivalen IDR200.000.000) untuk developer yang telah memiliki produk dengan syarat jumlah downloads dan rating tertentu.
  2. Codepolitan, Portal Informasi Pemrograman Indonesia, menawarkan CodePolitan News Reader Mobile App dengan hadiah 1.000XP/PTS untuk aplikasi terbaik. CodePolitan akan mengangkat profile pemenang dan mempublikasikannya di CodePolitan.com dan majalah pemrograman nyankodMagz (nyankod.com). Aplikasi terbaik akan dijadikan sebagai aplikasi official CodePolitan dengan hak intelektual tetap milik pembuat (dicantumkan kredit pada halaman download).
  3. IPB Game Developer Competition sudah berlangsung. Siapkan game terbaikmu hingga akhir Agustus 2015 dan dapatkan hadiah berupa poin dan uang tunai.

 

Selain challenge-challenge diatas, kami juga masih membuka Create a New Application or Game for Windows Phone, Any New App NDK Challenge, dan NDK Downloads Club Challenges.

Event

IBM masih menawarkan kesempatan untuk 40 developer terpilih untuk mencoba Bluemix, layanan komputasi dari IBM. Ikuti online hackathonnya dan dapatkan 25 pts.

 

Dicoding juga akan terlibat dalam beberapa event penting di kuartal ketiga 2015, diantaranya Compfest 7, #HackJak2015, dan InGame Fest di Jogjakarta.

Mengenai #HACKJAK2015, Dicoding dan Intel Indonesia mendukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama SEATTI dan MAVC menyelenggarakan Hackathon Jakarta (#HACKJAK2015) yang telah diluncurkan oleh Gubernur DKI Jakarta pada 30 Juni 2015. Terdapat 3 kategori kompetisi untuk #HACKJAK2015:

  • Scrapathon: Kompetisi Data Scraping
  • Visualthon: Kompetisi Infografis/Visualisasi Data
  • Hackathon: Penciptaan Aplikasi Umum atau Game

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

dapat dikontak melalui alamat email : yoza[at]dicoding[dot]com