Dicoding meraih ASEAN Business Award

Dicoding Meraih ASEAN Business Award 2019 – Skills Development

Dicoding Meraih ASEAN Business Award 2019 – Skills Development

Di Bangkok, 2/11 lalu CEO Dicoding Narenda Wicaksono menerima penghargaan ASEAN Business Award – Skill Development  (Mid Tier).  ASEAN Business Award adalah ajang kompetisi bergengsi untuk entitas bisnis se-Asia Tenggara. 

Awalnya beberapa bulan lalu panitia ASEAN Business Award menjaring kontestan Award via open call pendaftaran di 11 kategori. Dicoding mendaftar untuk salah satu kategori tersebut, yakni “Skills Development.” 

Dikutip dari laman resmi mereka, pemberian Award di kategori Skill Development, bertujuan untuk: 

“Memberi pengakuan pada entitas bisnis luar biasa yang memiliki kontribusi signifikan pada pembangunan sumber daya manusia.” 

Dinobatkan sebagai pemenang, kami bersyukur. Bentuk apresiasi ini merupakan yang perdana untuk Dicoding  di level regional sekelas ASEAN.  Dalam urutan runner up setelah Dicoding, ada perusahaan asal Filipina dan Singapura. 

Dicoding meraih ASEAN Business Award

Perusahaan Indonesia lainnya yang memenangkan penghargaan ini adalah Garuda Food, Kalbe Farma, dan BCA, seperti digambarkan di foto ini.

Dicoding meraih ASEAN business award

Perjalanan Dicoding dan Developer Indonesia

Rasa terima kasih atas ASEAN Business Award ini layak kami tujukan pada 200 ribu developer Indonesia yang telah mempercayai Dicoding sebagai tempat menempa diri. Selama lima tahun ini misi kami selalu sama: menumbuhkembangkan ekosistem developer di Indonesia.

Dalam semangat misi tersebut, berikut ini capaian yang ingin kami bagi:

Dicoding Meraih ASEAN Business Awards

Sejak berdiri tahun 2015 Dicoding selalu fokus pada pembangunan talenta digital. Faktanya, berdasar studii Bank Dunia dan McKinsey, Indonesia butuh 9 juta talenta digital hingga tahun 2030. Kami melihat kebutuhan luar biasa akan SDM digital ini sebagai tantangan sekaligus peluang. 

Oleh karena itu kami meletakkan Academy sebagai pilar utama dalam melatih para calon developer Indonesia. Beberapa tantangan yang kami hadapi dalam upaya tersebut: 

  • Kebutuhan kurikulum Academy untuk terus catch up dengan checklist dari industri
  • Kebutuhan peningkatan kapasitas SDM tim Dicoding 
  • Kebutuhan akan layanan Academy – Challenge Events Jobs yang kian seamless serta memudahkan member saat memanfaatkannya, dan lain-lain 

Kiprah Dicoding di ASEAN 

Tak hanya untuk Indonesia, Dicoding juga ingin berkontribusi untuk pengembangan SDM digital di level ASEAN. Berikut ini adalah perjalanan keterlibatan kami dalam berbagai proses regional tersebut: 

  • 2015: Dicoding berdiri dengan “Academy” sebagai salah satu pilarnya  
  • 2016: Dipercaya GIZ ( Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit / jaringan Jerman untuk kerja sama internasional) untuk melatih SMK se-Indonesia menggunakan materi Dicoding Academy 
  • 2017: Berbagi pengetahuan dan keahlian di hadapan negara ASEAN lainnya dalam 5 (lima) forum Konferensi & Dialog Kebijakan Regional
  • 2018: Jadi bagian dari Regional Working Group – Business and Industry Cooperation dalam hal Pelatihan Teknis dan Vokasional  di Asia Tenggara (TVET)
  • Juni 2019: RWG-BIC menghasilkan dokumen 45 rekomendasi “FUTURE ASEAN AGENDA FOR TVET
  • Juni 2019: Bersama industri lainnya dari 10 negara ASEAN, mendirikan ASEAN Future Workforce Council (AFWC)

Artikel lengkap, baca: 

https://www.dicoding.com/blog/kontribusi-dicoding-untuk-indonesia-dan-asean/

https://www.dicoding.com/blog/dicoding-sebagai-founding-member-asean-future-workforce-council/

Dari rangkaian perjalanan di atas, momen tonggak bagi Dicoding adalah turut mendirikan AFWC, forum multi-sektoral ASEAN yang peduli pada Future Workforce / SDM Digital Masa Depan pada Juni 2019. Ke depannya Dicoding akan terus berperan aktif di dalam Council tersebut.

Apa Arti Penghargaan ASEAN Business Award untuk Dicoding? 

Dicoding meraih ASEAN Business Award

Doakan kami ya teman-teman agar terus bisa menebar manfaat. 

Jadi Bagian Dari Dicoding 

Ingin juga bergabung jadi bagian dari Dicoding dan mulai perjalananmu menuju SDM Digital yang andal? Bisa.

Daftar FREE dengan cara berikut dan jadi bagian dari jejaring 200,000 developer dan 850 startups di Indonesia

Dicoding meraih ASEAN Award

Follow juga kami di Instagram untuk info terupdate! 


Dicoding Meraih ASEAN Business Award 2019 – Skills Development – end

 

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Editor @ Dicoding