Mengenal Lebih Dekat Apa itu React

Mengenal Lebih Dekat Apa itu React

Mungkin untuk kamu yang sudah lama berkecimpung dalam dunia pembuatan website sudah tidak asing lagi mendengar kata React. Apa itu React? Singkatnya, React merupakan sebuah library dari JavaScript yang digunakan untuk membuat user interface

Sebelum masuk ke pembahasan utamanya, kami punya sedikit info nih. Untuk kamu yang ingin mulai belajar programming terutama untuk pengembangan website, kamu dapat mempelajarinya di Dicoding Academy lho! Karena Dicoding menyediakan berbagai alur belajar, mulai dari alur belajar menjadi Front-End Web Developer, dan menjadi Back-End Developer. Menarik bukan? Segera cek dan daftar kelasnya ya.

Nah pada artikel kali ini kita akan membahas React. Mulai dari pengertian, fitur, dan juga kelebihannya. Jadi simak artikel ini dengan baik ya agar tidak ada informasi yang terlewat.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Apa itu React?

React adalah sebuah library JavaScript yang digunakan untuk membangun user interface yang interaktif. Library ini dibuat oleh Facebook dan bersifat open source. Library ini sangat populer digunakan dan  selalu dikembangkan baik oleh kontributor utama ataupun komunitas. 

React terkenal karena konsep komponen. Di dalam React ada dua tipe komponen, yaitu:

  • Functional component

Functional component adalah komponen React yang dibangun murni menggunakan fungsi JavaScript. Functional component tidak menyimpan state dan digunakan hanya untuk menampilkan UI. Dengan kata lain, komponen ini dapat disebut dengan komponen stateless. Walaupun stateless, komponen ini dapat menerima data melalui properti atau dikenal dengan props.

  • Class component

Class component ialah komponen yang dibuat melalui Class JavaScript dan mewarisi sifat React Component. Berbeda dengan Functional Component, Class Component dapat menyimpan dan mengelola state  serta memiliki beberapa metode salah satunya adalah render digunakan untuk menampilkan UI. Komponen ini dapat disebut dengan komponen stateful karena dapat memiliki state.

Berikut beberapa kelebihan ketika kamu memanfaatkan komponen React dalam membuat UI website:

  • State Management: Ketika membuat stateful komponen, kamu bisa memanfaatkan state untuk memutuskan bagaimana UI di-render berdasarkan sebuah nilai/keadaan secara reactive.
  • Encapsulated: Seluruh data (gambar, CSS, atau data terstruktur) yang dibutuhkan oleh komponen dalam menampilkan UI berada di dalam komponen tersebut. Itulah mengapa komponen React terenkapsulasi.
  • Reusable: Selain terenkapsulasi, komponen React juga bersifat reusable atau dapat digunakan kembali. Kamu tidak perlu membuat banyak komponen untuk menampilkan UI yang sama. Cukup gunakan yang sudah kamu buat.
  • Fast Development: Efek dari komponen yang reusable adalah pengembangannya jadi cepat. Berbeda bila kamu harus membuat segala sesuatu dari nol.

Fitur-Fitur yang Ada di React

Setelah mengetahui penjelasannya, tidak lengkap rasanya jika tidak mengetahui fitur-fitur yang dimilikinya. Berikut adalah fitur-fitur yang ada di React:

  • JSX

JSX merupakan ekstension dari sintaks JavaScript yang memungkinkan kamu untuk menuliskan sintaks bergaya XML guna memodifikasi DOM (Document Object Model).

Sedikit penjelasan mengenai DOM, DOM sendiri adalah Application Programming Interface yang memiliki fungsi untuk mengatur struktur halaman dari website. Jadi, untuk kamu yang ingin menambahkan konten yang dinamis ke dalam halaman web, kamu harus memodifikasi DOM ini.

JSX dapat dikatakan sebagai ekstension yang dapat digunakan untuk mempermudah kamu dalam menambahkan konten dinamis ke dalam halaman website. Karena ekstension ini dapat membantu kamu dalam memasukan kode bergaya XML ke dalam DOM.

  • Data binding searah

Data binding ini merupakan suatu proses menghubungkan elemen tampilan atau user interface dengan data atau komponen yang mengisinya. 

Data binding pada React ini merupakan data binding satu arah. Salah satu kondisinya mungkin dapat terlihat seperti ini:

    • Component to View : Setiap perubahan yang terjadi dalam data component akan terlihat dalam view.
    • View to Component : Setiap perubahan yang terjadi dalam view akan terlihat juga dalam component.

Jadi, Apa itu React?

Jadi itulah pembahasan kita kali ini. React adalah sebuah library JavaScript yang sering digunakan untuk membangun user interface yang interaktif. React ini dibuat oleh Facebook dan bersifat open source.

Ada beberapa fitur yang sangat berguna untuk kamu para pengembang website, seperti JSX yang berguna untuk memodifikasi DOM, dan memiliki data binding yang bersifat searah.

Demikian artikel kali ini, apakah kamu tertarik untuk menggunakan React ini dalam membuat suatu website? Tuliskan jawabanmu di kolom komentar di bawah ya. Nantikan artikel selanjutnya dari kami ya. Sampai jumpa lagi.

Mengenal Apa itu React Lebih Dekat – end

Baca juga artikel pilihan lainnya:

  1. Apa Itu JavaScript? Fungsi dan Contohnya
  2. Apa itu bahasa pemrograman JavaScript? Developer wajib tahu.
  3. Tutorial JavaScript: Menulis Kode JavaScript Pertamamu

Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!