Apa Itu Bot? Ayo Berkenalan Lebih Dekat Dengannya

Apa Itu Bot? Ayo Berkenalan Lebih Dekat Dengannya

Halo, kawan-kawan! Semoga kamu dalam kondisi yang baik ya! Apakah kamu pernah mendengar istilah bot? Mungkin kamu sudah familier dengan istilah tersebut, sebab sudah banyak perusahaan yang menerapkan bot dalam bisnis untuk memudahkan pekerjaan mereka. Bot ini juga dapat digunakan dalam kegiatan sehari-hari lho. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa itu bot, manfaat, serta penerapannya.

Sebelum masuk ke bagian pembahasan, kita punya informasi yang penting nih. Untuk kamu yang tertarik belajar membuat bot, kamu dapat mempelajarinya di Dicoding lho. Ada kelas Belajar Membangun LINE Chatbot. Segera periksa dan daftar kelasnya ya. 

Sekarang, simak artikel ini dengan baik ya agar kamu tidak ketinggalan informasi yang penting!

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Apa itu bot?

Bot adalah kependekan dari “robot” yang dapat diartikan sebagai sistem untuk melakukan tugas tertentu secara otomatis dan repetitif. Karena bot beroperasi secara otomatis, mereka dapat bekerja jauh lebih cepat dibandingkan manusia. Selain itu, bot dapat berjalan setiap waktu tanpa harus menunggu manusia mengoperasikannya secara manual. Bot biasanya beroperasi menggunakan jaringan internet dan ia dapat bekerja selama 24 jam penuh.

Ada beberapa bot yang dapat membantu pekerjaan manusia, contohnya seperti web crawler dan chatbot. Sementara itu, ada juga bot yang buruk dan digunakan untuk tindak kejahatan, contohnya seperti malicious bot.

Manfaat bot

Setelah mengetahui penjelasannya, sekarang kita masuk ke manfaat dari bot itu sendiri.

  • Bot dapat bekerja selama 24 jam penuh.
  • Dapat mengurangi beban kerja manusia.
  • Bot dapat mengurangi pengeluaran perusahaan.
  • Dapat meningkatkan kualitas layanan.
  • Bot dapat diintegrasikan untuk beberapa platform.
  • Dapat meningkatkan kepuasan pengguna layanan.

Beberapa contoh bot

Sebelumnya kita sudah menyinggung beberapa contoh dari bot. Nah, sekarang ayo kita bahas lebih detail contoh-contohnya. Berikut ini adalah contoh dari bot-bot yang sering digunakan:

  • Web crawler
    Contoh pertama adalah web crawler. Bot ini dibuat untuk membantu pekerjaan manusia. Web crawler biasanya digunakan oleh search engine seperti Google untuk men-download dan mengindeks konten dari sebuah website. Web crawler bekerja dengan cara crawling dan indexing. Hasil dari crawling dan indexing tersebut digunakan untuk mendapatkan peringkat atas di Search Engine Result Page atau SERP.

  • Chat bot
    Selanjutnya adalah chat bot. Chat bot ini dirancang untuk berinteraksi dengan pengguna secara langsung dengan suara atau tulisan. Ia memiliki fungsi untuk menjadi asisten digital pribadi seperti Google Assistant dan customer service.

  • Malicious bot
    Malicious bot dapat diartikan bahwa setiap tindakan yang dilakukan oleh bot tersebut melanggar aturan dan berbahaya untuk pengguna. Bot ini melakukan tindakan ilegal seperti mencuri data dan pengambilalihan akun pengguna. Bot ini masuk ke dalam bot yang merugikan pengguna, terkadang serangan-serangan ini dapat dilakukan secara sengaja. Serangan dari malicious bot dapat berupa:
    • Denial-of-Service (DoS) atau Distributed Denial-of-Service (DDoS)
    • Click Fraud
    • Spam
    • Credential Stuffing
    • Brute Force Password Cracking

Hal yang harus diperhatikan saat menggunakan bot

Saat menerapkan dan menggunakan sistem bot pada aplikasi atau bisnis yang kamu tekuni, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan saat menggunakan bot.

  • Bot bukanlah seorang manusia
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bot bukanlah seorang manusia. Mereka adalah sistem yang dibuat untuk melakukan tugas secara otomatis dan repetitif. Sehingga ia tidak akan selalu memahami suatu kueri dan juga memiliki keterbatasan dalam memberikan sebuah jawaban.

    Cara untuk memperbaiki permasalahan ini dapat dengan mengimplementasikan kecerdasan buatan atau artificial intelligence. Dengan menerapkan AI, mungkin bot dapat memiliki kepribadian dan dapat belajar dari suatu interaksi dengan pengguna.

  • Butuh waktu untuk mengimplementasikannya
    Karena bot adalah sebuah sistem, maka bot membutuhkan waktu yang cukup lama untuk diimplementasikan dan dipersiapkan karena ia harus mempelajari beberapa hal yang diperlukan.

  • Harus dilakukan pemeliharaan
    Bot membutuhkan pemeliharaan, pembaruan, dan pengoptimalan secara rutin dalam hal pengetahuan serta pemahaman bagaimana cara bot berkomunikasi dengan pengguna. Pembaruan ini dapat berupa data baru untuk bot pelajari dalam merespons pengguna.

Jadi, apa itu bot? Apakah berguna?

Jadi, bot adalah sistem yang dibuat untuk melakukan tugas tertentu secara otomatis dan repetitif. Bot juga memiliki manfaat yang menguntungkan pengguna. Ada bot yang berguna, ada juga bot yang merugikan. Selain itu, jika kamu ingin menerapkan bot ke dalam bisnismu, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti bot harus di maintenance secara rutin. Demikian artikel kali ini. Nantikan artikel selanjutnya ya, tetap semangat!

Apa Itu Bot? Ayo Berkenalan Lebih Dekat Dengannya – end

Baca juga beberapa artikel pilihan berikut:

  1. Memahami Apa Itu Internet of Things
  2. Kesalahan Pada CSS yang Sering Terjadi
  3. Perbedaan Coding dan Programming

Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Beasiswa Kelas Pemrograman

Dapatkan beragam informasi terbaru mengenai beasiswa dan informasi menarik lainnya melalui Newsletter Dicoding. Subscribe sekarang!