6 Cara untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

6 Cara untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Berpikir kritis adalah salah satu soft skill yang wajib dimiliki oleh setiap orang untuk bisa berkembang di setiap aspek kehidupan terutama dalam pekerjaan. Memiliki skill ini akan membuat kamu selangkah lebih maju dalam kariermu. 

Walaupun sering mendengar kata berpikir kritis, tapi kamu tahu nggak sih apa itu sebenarnya? Mengapa kemampuan ini sangat penting di dunia kerja? Dan bagaimana cara kita meningkatkan kemampuan ini?

Nah, di artikel kali ini kita akan bahas itu semua. Yuk, simak lebih lanjut artikel di bawah ini!

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Apa itu Berpikir Kritis?

Berpikir kritis bukan hanya tentang pikiran kritik terhadap segala hal, tetapi ini mengenai pemikiran terbuka dan objektivitas terhadap sesuatu. Berpikir kritis berarti dapat menganalisis suatu masalah berdasarkan fakta-fakta yang ada, bukan hanya pendapat yang bias sehingga bisa membangun pemahaman yang menyeluruh tentang apa yang terjadi.

Hasil dari kemampuan berpikir kritis akan membantu kamu dalam mengambil keputusan yang lebih baik dan menyelesaikan masalah dengan lebih efektif. 

Mengapa Berpikir Kritis Itu Penting?

Di era yang serba digital sekarang, banyak sekali informasi yang kita dapatkan setiap hari dari sosial media dan bahkan dengan gampangnya berita palsu bisa menyebar dan viral. Di sini kemampuan untuk berpikir kritis sangat penting untuk dapat mengetahui apa yang yang harus dilakukan atau apa yang harus dipercayai.

Jika kita korelasikan dengan pekerjaan, soft skill ini menjadi salah satu soft skill yang paling banyak dicari oleh perusahaan karena kemampuannya untuk dapat memberikan solusi yang lebih solutif dan efektif terhadap suatu masalah. Kemampuan mereka dalam mengidentifikasi dan mengevaluasi suatu data informasi ini sangat diperlukan perusahaan. Selain itu, berpikir kritis juga merupakan bentuk dari pengembangan dan perbaikan diri. 

Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Setelah mengetahui betapa pentingnya berpikir kritis, pasti kamu ingin tahu juga kan bagaimana cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis? 

Nah, maka dari itu, berikut kami sajikan beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan kemampuan dalam berpikir kritis:

1. Berlatih mendengarkan secara aktif

Kemampuan mendengarkan secara aktitf

Mendengar secara aktif adalah dasar dari pemikiran kritis yang efektif. Dengan benar-benar mendengarkan lawan bicaramu secara saksama, hal tersebut akan dapat membangun empati dan fokusmu untuk memahami bagaimana perspektif mereka. 

Cobalah untuk mendengarkan tanpa menghakimi karena pemikiran kritis adalah tentang menjaga bagaimana kita bisa tetap open-minded. Ketika kamu telah mendapatkan pemahaman penuh tentang apa yang mereka inginkan, itu akan membantu kamu untuk bisa merespon percakapan tersebut dengan positif dan juga menciptakan atmosfer percakapan yang produktif.

2. Banyak Bertanya

Rasa keingintahuan yang tinggi adalah kunci utama dari kemampuan berpikir kritis.

Rasa keingintahuan yang tinggi adalah kunci utama dari kemampuan berpikir kritis. Ketika ada suatu hal atau permasalahan baru yang kamu tidak yakin akan jawabannya, kamu bisa menanyakannya kepada orang lain ataupun diri sendiri.

Kamu bisa mengonfirmasi apa yang sudah kamu ketahui dan tanyakan pada diri sendiri apakah hal itu adalah fakta, opini, atau ide. Namun, jika masih mendapatkan jawaban yang kurang memuaskan, kamu bisa mulai bertanya ke rekanmu. Langkah ini dapat membantu kamu untuk menetapkan tujuan dan nilai pada suatu informasi.

3. Coba pahami sudut pandang orang lain

berpikir kritis dengan sudut pandang orang lain

Coba pahami dan pertimbangkan lebih dari satu sudut pandang karena setiap orang memiliki pendapat dan motivasinya sendiri. Ketika seseorang memberikan kamu informasi, pertimbangkan apakah ada sisi lain dari cerita tersebut. Mungkin dari sudut pandang mereka, kamu akan mendapatkan suatu informasi ataupun ide kreatif yang baru. 

4. Mempertimbangkan pandangan ke depan

Memiliki sudut pandangan ke depan

Dilansir dari Indeed, pertimbangkan bagaimana perasaan orang lain tentang situasi atau keputusan yang kamu buat. Berpikirlah secara kritis untuk mengetahui bagaimana kemungkinan hasilnya dan apa yang mungkin berubah, baik secara positif maupun negatif. 

Memiliki sudut pandangan ke depan untuk memprediksi bagaimana tindakan kamu akan menghasilkan reaksi yang membantu kamu mengantisipasi berbagai macam situasi.

5. Pahami Proses Mentalmu

Memiliki kemampuan berpikir kritis ini juga berarti kamu dapat mengenali prasangka dirimu sendiri dalam mengambil solusi dan keputusan.

Memiliki kemampuan berpikir kritis ini juga berarti kamu dapat mengenali prasangka dirimu sendiri dalam mengambil solusi dan keputusan. Cobalah untuk meluangkan waktu menganalisis proses mentalmu sebelum membuat keputusan. Ini dapat membantumu bertindak lebih objektif.

Memahami bagaimana kamu mendengarkan, lalu menafsirkan, dan akhirnya bereaksi terhadap informasi itu sangat penting untuk menjadi lebih efisien secara mental di mana pun kamu berada.

6. Memiliki seorang mentor 

Memiliki seorang mentor

Dalam perjalanan kariermu, bertemu seorang mentor dapat membantu kamu untuk bisa mengembangkan berbagai keterampilan, seperti berkolaborasi dalam mengambil solusi dan keputusan. Mereka akan membantu kamu fokus saat menggunakan teknik critical thinking. Bahkan, mungkin mereka memiliki tips khusus maupun sumber daya yang dapat membantu mengembangkan kemampuan critical thinking

Nah, dengan memiliki kemampuan berpikir kritis ini akan membantu kamu mengambil keputusan dengan lebih objektif dan efektif. Selain itu, hal ini juga akan membantu kamu dalam mengembangkan prospek kariermu ke depannya. Maka dari itu, jangan ragu untuk terus mengembangkan kemampuan berpikir kritismu mulai dari sekarang.


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!