Mengelola dan Melindungi Data Sensitif dengan Vault
Seminar

Mengelola dan Melindungi Data Sensitif dengan Vault

Diselenggarakan oleh: Indosat Ooredoo Digital Camp
Event Telah Selesai

Deskripsi

Informasi:

Acara ini sepenuhnya GRATIS dan akan diselenggarakan hari Kamis, 24 September 2020 pukul 19.00-20.00 WIB Live di Youtube pada link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=HhrkV_V9Pyc (jangan lupa klik tanda lonceng untuk pengingat).

Untuk kamu yang ingin mendapatkan sertifikat kehadiran dan giveaway, silakan untuk mendaftar terlebih dahulu dengan klik “Daftar Gratis”.


Tetap kembangkan skill mu di era pandemi. Jadikan hari-harimu lebih produktif dengan asah pengetahuan dan skill di Dicoding Event. Kali ini Dicoding LIVE disponsori oleh IDCamp dengan tema “Mengelola dan Melindungi Data Sensitif dengan Vault .

Hampir setiap aplikasi pasti memiliki data yang bersifat rahasia dan harus dilindungi. Misalnya: user name dan password untuk mengakses database, token untuk mengakses Google API, System Configuration, dan lain sebagainya.

Sebagai seorang developer, kita tidak ingin data-data tersebut jatuh ke tangan orang yang tidak semestinya. Bayangkan, kerugian apa saja jika terjadi kebocoran data?

Lalu, bagaimana cara mengamankannya? Apakah data sensitif cukup aman di simpan di sebuah file text seperti JSON atau Yaml?

Salah satu tool solusinya adalah Vault. Vault merupakan project OpenSource yang dikembangkan oleh Hashicorp. Vault membantu developer untuk mengelola data sensitif dengan jauh lebih mudah dan aman, karena semua data yang disimpan oleh Vault langsung dienkripsi secara otomatis. Apabila ada indikasi kebocoran data, kita bisa segera mengunci Vault agar kebocoran tidak meluas dan banyak fitur lainnya.

Poin-poin apa saja yang akan dibahas:

  • Instalasi dan konfigurasi Vault.
  • Penjelasan Konsep-konsep yang ada didalam Vault. 
  • Mengelola data didalam Vault.
  • Integrasi Vault dengan aplikasi backend.

Rundown acara:

19.00 - 19.10 Pembukaan oleh moderator (Nur Rohman - Google Associate Android Developer, Chief Product Officer Dicoding.
19.10 - 19.30 Deny Prasetyo - Cloud Automation Team Lead (Gopay System) , materi yang akan dibawakan "Mengelola dan Melindungi Data Sensitif dengan Vault ."
19.30 - 20.00 Q & A.


FAQ:

1. Apakah setelah mendaftar dan mendapat tiket saya perlu mendaftar ulang (scan QR Code) saat acara berlangsung?
Jawab: Kamu tidak perlu mendaftar ulang (scan QR Code), silakan langsung kunjungi live streaming di https://www.youtube.com/watch?v=HhrkV_V9Pyc

2. Apakah saya bisa mendapatkan sertifikat, slide presentasi dan rekaman video setelah acara berlangsung?
Jawab: Sertifikat, slide presentasi dan rekaman video akan tersedia di halaman event  https://www.dicoding.com/events/3409 maksimal 7 hari kerja setelah event berlangsung.

Keikutsertaan
Pendaftaran Tutup
Jadwal Pelaksanaan
Mulai
: 24 Sep 2020 19:00
Selesai
: 24 Sep 2020 20:00
Lokasi