Melon Game Jam
Developer Day

Melon Game Jam

Diselenggarakan oleh: Melon Gaming
Terbuka Hingga: Telah Selesai

Deskripsi

Ayo ikuti Melon Game Jam dan menangkan hadiah puluhan juta rupiah!


Hadiahnya bukan hanya berupa uang loh, tetapi juga kesempatan untuk dipublikasikan di Facebook Messenger.

Melon Game Jam ini merupakan event game pertama yang diselenggarakan oleh Melon Gaming Ltd, game developer yang menaungi melonJS, game platform berbasis HTML5 yang paling ringan.  Pendaftaran telah dibuka dan kami mengundang kalian semua, programmer, artis, musikus, dan para pecinta game untuk berpartisipasi dalam acara ini. 

Para peserta akan mengembangkan game mengggunakan melonJS dalam kurun waktu 72 jam dan siapapun dapat bergabung, baik individual ataupun sebagai team dengan maksimal 4 orang.  Event yang mengasyikan ini terfokus pada fitur sosial dalam Instan Game di ranah apapun yang kamu minati.  Acara ini akan diadakan di kota kita tercinta, Jakarta.

Jadi, ini aturan mainnya:  seluruh peserta akan berkumpul untuk pembukaan acara.  Kami akan membantu kalian untuk mengadaptasikan diri dengan melonJS dan membantu kalian men-set up base kalian di lokasi event.  Hal menyenangkan lainnya adalah kami akan menyediakan makanan dan juga camilan agar peserta tetap berenergi selama acara ini berlangsung, dan juga area istirahat untuk menenangkan pikiran atau mencari inspirasi dan memulihkan tenaga.

Ini merupakan kesempatan berharga bagi para peserta untuk membangun koneksi dan bertemu dengan orang-orang berpengalaman dari industri game.  Pada hari pertama game jam ini, peserta akan menerima pengenalan dan tutorial oleh pengembang melonJS, Olivier Biot dari Perancis dan para game developers Melon Gaming.  Pada dua hari berikutnya, ratusan peminat game akan berkumpul dan memvisualisasikan kreativitas mereka untuk mengembangkan game.

“Saya sangat menantikan event game jam pertama ini.” Ujar Olivier Biot, CTO dan Founder dari Melon Gaming Ltd.  “Saya tahu betul bahwa industri game berkembang cukup pesat di Indonesia dan melalui acara ini, saya harap, kami dapat menstimulasi pemikir kreatif di negeri ini untuk mengembangkan permainan yang menyenangan dan inovatif yang mencerminkan keunikan bangsa Indonesia.” lanjutnya.

Pendaftaran untuk Melon Game Jam telah dibuka.  Kalian para peminat game sangat diharapkan untuk dapat bergabung dan ikut berpartisipasi dalam acara ini.  Silahkan mendaftar di link yang telah disediakan di bawah ini atau langsung saja ke website melongaming.com untuk info lebih lanjut.

http://melongaming.com/GameJam


FAQ

 

1. What is Melon Game Jam?  

Melon Game Jam is like most of other game jams, but the game engine that must be used in this competition is only melonJS, HTML5 based game engine.

    Apa itu Melon Game Jam?

Melon Game Jam sama seperti game jam pada umumnya, tetapi game engine yang wajib digunakan dalam kompetisi ini hanya melonJS, game engine berbasis HTML5.


2. How can I get the information about melonJS? To find out and learn a bit about melonJS, participants can learn from below links:

Or you can directly ask US by sending emails, our game engineers will be gladly to support you.

Bagaimana saya bisa mendapatkan info tentang melonJS? Untuk mengetahui dan belajar tentang melonJS, calon peserta bisa belajar dari link berikut ini:

atau kalian juga dapat bertanya langsung kepada kami, game engineers kami akan dengan senang hati membantu kalian.


3. What are the requirements to join Melon Game Jam? The top requirement is you have to be at least 17 years old.  Moreover, you have to love games.

Apa syarat mengikuti Melon Game Jam? Syarat wajibnya yaitu usia kamu minimal 17 tahun.  Selain itu, kamu juga harus menyukai game.


4. Can I join Melon Game Jam individually? You are allowed to participate in Melon Game Jam either individually or in team.  Just make sure, that you have learn a bit about melonJS prior participating in this competition because it will be easier for you and your team to create game in such a short time.

Apakah saya bisa mengikuti Melon Game Jam secara individual? Kamu boleh mengikuti Melon Game Jam baik secara individual atau pun tim.  Pastikan kalau kamu sudah sedikit belajar tentang melonJS sebelum mengikuti kompetisi ini karena akan lebih mudah nantinya bagi kamu dan tim kamu untuk membuat game dengan waktu yang sangat singkat.


5. Can I join the game jam if I don’t live in Jakarta? Yes, you can join this competition wherever you live, but do notice that we, the committee will not bear your accommodation to Jakarta.  For the stay, participants are allowed to sleep at the venue and the committee will be there 24 hours to assist you should you need any help.

Apakah saya bisa mengikuti kompetisi ini kalau saya tidak tinggal di Jakarta? Ya, kamu boleh mengikuti kompetisi ini dimanapun domisili kamu, hanya saja perlu diperhatikan bahwa kami, panitia tidak menanggung akomodasi perjalanan kamu dari kota domisili kamu.  Untuk penginapan, peserta diperbolehkan untuk menginap di venue berlangsungnya kompetisi, panitia akan berada disana 24 jam untuk membantumu jika kamu membutuhkan bantuan.


6. What are the criteria to determined the winner in Melon Game Jam? The juries will consider some things as per below:

6.1. Game concept.  How well does it match the theme?

6.2. Playability. Is the game fun and challenging enough?

6.3. Art & Design.

6.4. Replayability.  Will people want to come back and play it again?

6.5. Creativity.

Apa saja kriteria penilaian game dalam Melon Game Jam? Penilaian akan diberatkan dengan memperhatikan beberapa hal sbb:

6.1.  Konsep game.  Kesesuaian dengan tema.

6.2. Playability. Apakah game tersebut menarik dan cukup menantang.

6.3. Art & design.

6.4. Replayability. 

6.5. Kreativitas.


7. When and where Melon Game Jam will be held? Melon Game Jam will be help on 11th-13th of May 2018 at Syahdan Campus, Binus, Kemanggisan, West Jakarta.  The event will be opened for re-registration at 9am and the opening will be at 2pm.

Kapan dan dimana Melon Game Jam ini akan diadakan? Melon Game Jam akan diadakan pada tanggal 11-13 May 2018 di Kampus Syahdan, Binus, Kemanggisan, Jakarta Barat.  Acara ini akan berlangsung mulai dari jam 9:00 untuk registrasi ulang di tempat dan pembukaan akan diadakan pada jam 14:00. 


8. How long Melon Game Jam will last? Melon Game Jam will last for 3 days from 11th-13th May 2018.  On 13th of May at 5pm the competition will be over and the participants can start presenting their games.

Berapa lama Melon Game Jam akan berlangsung? Melon Game Jam akan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 11-13 May 2018.  Pada tanggal 13 May 2018 pukul 17:00 kompetisi akan berakhir dan peserta dapat mulai untuk mempresentasikan game mereka.


9. Do I have to bring my on tools and equipments i.e. laptop, pen tablet, etc.? Yes, participants should bring their own tools and equipment or anything that you need during this game jam. 

Apakah saya harus membawa peralatan sendiri, seperti laptop, pen tablet, dan lain-lain? Iya, peserta diharapkan dapat membawa peralatan mereka sendiri atau apapun yang mereka butuhkan selama game jam.


10. Do I need to have experience in developing games in prior? Experience is not the requirement in this competition, anybody can join this event, but it’s better if you have basic of programming.

Apakah saya harus memiliki pengalaman dalam membuat game sebelumnya? Peserta tidak harus mempunyai pengalaman terlebih dahulu, siapa saja dapat mengikuti acara ini, lebih baik jika kamu mengerti dasar programming.


11. What are the prizes? The first, second and third winner will get money prize and also chance to be published on to Facebook Instant Games.  For those chosen participants should ensure that their games are polished enough prior being reviewed by Facebook Developers team.

Apa saja hadiah yang akan diraih pemenang? Pemenang pertama, kedua dan ketiga akan mendapatkan hadiah uang dan juga kesempatan untuk dipublikasikan ke Facebook Instant Games.  Bagi peserta yang gamenya terpilih untuk dipublikasikan ke Facebook Instant Games, harus memastikan bahwa gamenya cukup polished sebelum di-review oleh Facebook Developer Team.


12. How is the revenue sharing for the chosen participants? Participants and Melon Gaming will share 50-50 of the revenue made from ads and in-app purchase.  Therefore, it is very important that the game is integrated with social feature such as multiplayer or chat.

Bagaimana pembagian keuntungan untuk peserta yang game nya dipublikasikan ke Facebook Instant Games? Peserta dan Melon Gaming akan membagi hasil sebesar 50-50 dari hasil keuntungan yang didapatkan dari ads dan in-app purchase dari game tersebut.  Oleh karena itu, sangat penting agar game yang kamu buat terintegrasi dengan fitur sosial seperti multiplayer atau chat.


Keikutsertaan
Pendaftaran Tutup
Bonus Kehadiran
Point
: 25 Pts
Jadwal Pelaksanaan
Mulai
: 11 May 2018 09:00
Selesai
: 13 May 2018 20:00
Lokasi

BINUS, Syahdan Campus, Jalan Kyai Haji Syahdan No.9, Kemanggisan, Palmerah, 11480

Kota Jakarta Barat