Baparekraf Digital Talent 2024 - Digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta Ekonomi Kreatif

Baparekraf Digital Talent 2024 - Digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta Ekonomi Kreatif

Diselenggarakan oleh: Dicoding Capstone Admin
Hadiah:

5000

Pts
TERJAMIN

Deskripsi

Kata Kunci: Digitalisasi UMKM, Ekonomi Syariah, Go Global, UMKM Hijau, Produk Ramah Lingkungan, Sustainability, Keuangan Digital (Digital Finance), Information Communication & Technology (ICT), Bimbingan Teknis.

Secara harfiah UMKM adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro dan Ekonomi Kreatif adalah konsep ekonomi yang menekankan pada gagasan serta ide kreatif dalam membangunnya.

UMKM dan Ekonomi kreatif memiliki hubungan yang erat dalam proses membangun perekonomian di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia jumlah UMKM di Indonesia dalam kurun 2 tahun terakhir adalah sebesar 64,2 Juta dan telah menyumbang PDB (Produk Domestik Bruto) Indonesia sebesar 61%. Karena hal tersebut, UMKM dianggap sebagai tulang punggung ekonomi dan diharapkan akan ada 30 juta UMKM serta meningkatkan kontribusi ekspor hingga 17% di tahun 2024.

Namun, ternyata dari total UMKM tersebut baru mencapai 22,68 juta unit yang masuk ke ekosistem digital. Hal ini diakibatkan beberapa faktor, diantaranya keterbatasan akses pasar, kurangnya sumber daya manusia yang terampil, terbatasnya penggunaan teknologi dan akses ke layanan keuangan yang belum optimal.

Melalui tema ini, tim diharapkan dapat mengambangkan sebuah project yang dapat memberikan pengaruh pada kondisi UMKM di Indonesia. Project ini dapat mencakup beberapa hal mulai dari digitalisasi UMKM, Ekonomi Syariah, Go Global, UMKM Hijau, Produk Ramah Lingkungan, Sustainability, hingga Bimbingan Teknis untuk para pelaku usaha dengan menerapkan Ekonomi Kreatif. 

Contoh Case yang Termasuk:

  1. Aplikasi Penjualan dan Pemasaran

  2. Aplikasi Bahan Baku UMKM (Manajemen Produksi)

  3. Aplikasi Akuntansi dan Keuangan

  4. Website Informasi Pelatihan/Bimbingan Teknis UMKM (Bootcamp)

  5. Aplikasi/Website produk UMKM

  6. Aplikasi Logistik dan Pengiriman

Ketentuan Utama:

  • Challenge ini hanya terbuka untuk peserta Baparekraf Digital Talent 2024 dan masyarakat umum
  • Project dibuat dengan teknologi Front-End Web dan Back-End
  • Project harus berupa prototipe/Minimum Viable Product (bukan ide/outline) dan bisa diakses/digunakan user (memiliki user interface dalam bentuk website).
  • Project dibuat secara tim. Setiap tim mengumpulkan satu project.
  • Boleh menambahkan aspek lain diluar pembelajaran.
    • Menggunakan framework lain atau library, toolkit, dll.
    • Menggunakan basis teknologi lain diluar Front-End dan Back-End
  • Project merupakan solusi baru yang dibuat peserta dan belum pernah digunakan untuk kepentingan kompetisi/proyek apapun.
  • Peserta tidak boleh melakukan plagiasi dan atau pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) kreator/developer lain.
  • Peserta tidak boleh melakukan forking repository atau memodifikasi project milik kreator/developer lain. 
  • Peserta boleh menggunakan API/ Datasource/ Dataset/ Library/ Framework atau apapun secara legal dengan catatan peserta harus mencantumkan catatan/credit di slide atau code-nya.
  • Peserta dapat memanfaatkan tools yang tersedia gratis untuk student atau public. 
    • Contoh: Github Student Developer Pack, netlify, heroku, dll.
  • Project wajib didokumentasikan menggunakan Public Git Repository.
  • Setiap commit dari project akan mempengaruhi nilai. Pastikan setiap anggota tim berkontribusi maksimal.
  • Semua keputusan dan penilaian pemenang Challenge adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

Cara Pengumpulan:

Satu anggota perwakilan tim mengumpulkan dokumen project brief melalui Dicoding Challenge sesuai dengan tema permasalahan yang dipilih. Selanjutnya. klik tombol “MASUKKAN APLIKASI” lalu pilih Platform “Portofolio” lalu isi field submission dengan:

  • App ID:  ID Grup Capstone (Untuk peserta BDT 2024) / Nama Aplikasi (Untuk peserta umum)
  • Nama Aplikasi:  Nama Aplikasi yang Dibuat
  • Link Aplikasi: Deployed Link Aplikasi
  • Komentar: Link Dokumen Project Brief

Kriteria Penilaian

Berikut adalah  kriteria penilaian dari project brief capstone project:

  • Ide dan Inovasi atau kebaruan
  • Dokumentasi dan Fungsi Dokumen
  • Desain atau Kemudahan Penggunaan
  • Manfaat bagi Pengguna
  • Penyelesaian Proyek

Hadiah

  • Gabungan tiga (3) pemenang dari peserta BDT dan umum di masing-masing tema akan mendapat rewards sebesar 5.000 Dicoding Points/tim.
  • Setiap peserta yang mengerjakan, menyelesaikan, dan mengumpulkan capstone (berkontribusi dalam tim secara signifikan) akan mendapatkan 1.000 Dicoding Points.

Hak Cipta

Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.

Tipe Challenge

Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.

Submission

Anda hanya dapat memasukkan maksimal 1 Aplikasi.

Sisa Waktu

50 : 10 : 33

(hari : jam : menit)
Jumlah pemenang
: 3 orang
Kuota pemenang
: 3 orang (sisa kuota: 3)
Follower
: 54 orang