Baparekraf Digital Talent 2024 - Transformasi Pelayanan Publik

Baparekraf Digital Talent 2024 - Transformasi Pelayanan Publik

Diselenggarakan oleh: Dicoding Capstone Admin
Hadiah:

5000

Pts
TERJAMIN

Deskripsi

Kata Kunci: Pelayanan Informasi Publik, Pelatihan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Konsultasi/Audiensi, Penyediaan Narasumber, Pelayanan Fasilitas, Penyelenggaraan Acara.

Pelayanan publik adalah segala bentuk kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan bagi setiap warga negara dengan baik.

Namun, berdasarkan Ombudsman RI pada kenyataannya pelayanan publik di Indonesia masih terbilang belum maksimal. Mulai dari pelayanan belum dapat tepat waktu, petugas kurang kompeten, dan lain sebagainya. Menurut The Global Economy Tahun 2019, kualitas pelayanan publik Indonesia menempati peringkat 82 dari 176 negara.

Berlatar belakang dari data tersebut, Indonesia bertekad untuk melakukan transformasi dan digitalisasi pada pelayanan publik dengan adanya aplikasi dan website beberapa kementerian untuk mengotomatisasi proses pekerjaan, meningkatkan efisiensi pengelolaan data dan kualitas layanan publik.

Menurut The International Organization of Supreme Audit Institutions (INTOSAI) ada beberapa komponen utama dalam melakukan transformasi pada pelayanan publik, yaitu

  1. Infrastruktur digital;

  2. Literasi digital;

  3. Komunikasi digital;

  4. Penggunaan teknologi informasi secara aktif;

  5. Peraturan hukum mengenai lingkungan digital;

  6. Keamanan informasi dan hak digital.

Melalui tema ini, tim diharapkan dapat mengambangkan sebuah project yang dapat memberikan pengaruh lebih signifikan pada pelayanan publik. Project ini dapat mencakup beberapa hal mulai dari E-Government, Perizinan Usaha, Teknologi Informasi Inklusif, Telemedicine, PPDB, dan lain-lain. Di bawah ini merupakan beberapa contoh yang dapat disajikan pada tema transformasi pelayanan publik.

Contoh Case yang Termasuk:

  1. Aplikasi/Website Pelayanan Informasi Publik terkait Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif

  2. Aplikasi/Website Pelatihan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

  3. Aplikasi Pelayanan Konsultasi/Audiensi Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif

  4. Aplikasi/Website Penyediaan Narasumber Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif

  1. Aplikasi/Website Pelayanan Konsultasi Dana Alokasi Khusus (DAK)

  2. Website Pelayanan Fasilitasi magang/Praktik Kerja Lapangan

  3. Aplikasi/Website Pelayanan Fasilitasi Bidang produk Wanita dan Penyelenggara Kegiatan (Events)

Ketentuan Utama:

  • Challenge ini terbuka untuk peserta Baparekraf Digital Talent 2024 dan masyarakat umum
  • Project dibuat dengan teknologi Front-End Web dan Back-End
  • Project harus berupa prototipe/Minimum Viable Product (bukan ide/outline) dan bisa diakses/digunakan user (memiliki user interface dalam bentuk website).
  • Project dibuat secara tim. Setiap tim mengumpulkan satu project.
  • Boleh menambahkan aspek lain diluar pembelajaran.
    • Menggunakan framework lain atau library, toolkit, dll.
    • Menggunakan basis teknologi lain diluar Front-End dan Back-End
  • Project merupakan solusi baru yang dibuat peserta dan belum pernah digunakan untuk kepentingan kompetisi/proyek apapun.
  • Peserta tidak boleh melakukan plagiasi dan atau pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) kreator/developer lain.
  • Peserta tidak boleh melakukan forking repository atau memodifikasi project milik kreator/developer lain. 
  • Peserta boleh menggunakan API/ Datasource/ Dataset/ Library/ Framework atau apapun secara legal dengan catatan peserta harus mencantumkan catatan/credit di slide atau code-nya.
  • Peserta dapat memanfaatkan tools yang tersedia gratis untuk student atau public. 
    • Contoh: Github Student Developer Pack, netlify, heroku, dll.
  • Project wajib didokumentasikan menggunakan Public Git Repository.
  • Setiap commit dari project akan mempengaruhi nilai. Pastikan setiap anggota tim berkontribusi maksimal.
  • Semua keputusan dan penilaian pemenang Challenge adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

Cara Pengumpulan:

Satu anggota perwakilan tim mengumpulkan dokumen project brief melalui Dicoding Challenge sesuai dengan tema permasalahan yang dipilih. Selanjutnya. klik tombol “MASUKKAN APLIKASI” lalu pilih Platform “Portofolio” lalu isi field submission dengan:

  • App ID:  ID Grup Capstone (Untuk peserta BDT 2024) / Nama Aplikasi (Untuk peserta umum)
  • Nama Aplikasi:  Nama Aplikasi yang Dibuat
  • Link Aplikasi: Deployed Link Aplikasi
  • Komentar: Link Dokumen Project Brief

Kriteria Penilaian

Berikut adalah  kriteria penilaian dari project brief capstone project:

  • Ide dan Inovasi atau kebaruan
  • Dokumentasi dan Fungsi Dokumen
  • Desain atau Kemudahan Penggunaan
  • Manfaat bagi Pengguna
  • Penyelesaian Proyek

Hadiah

  • Gabungan tiga (3) pemenang dari peserta BDT dan umum di masing-masing tema akan mendapat rewards sebesar 5.000 Dicoding Points/tim.
  • Setiap peserta yang mengerjakan, menyelesaikan, dan mengumpulkan capstone (berkontribusi dalam tim secara signifikan) akan mendapatkan 1.000 Dicoding Points.

Hak Cipta

Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.

Tipe Challenge

Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.

Submission

Anda hanya dapat memasukkan maksimal 1 Aplikasi.

Sisa Waktu

50 : 9 : 11

(hari : jam : menit)
Jumlah pemenang
: 3 orang
Kuota pemenang
: 3 orang (sisa kuota: 3)
Follower
: 98 orang