SIB Dicoding Cycle 5 Capstone Project - Sosial Budaya yang Berkelanjutan

SIB Dicoding Cycle 5 Capstone Project - Sosial Budaya yang Berkelanjutan

Diselenggarakan oleh: Kampus Merdeka
Hadiah:

5000

Pts
TERJAMIN

Deskripsi

Kata Kunci: Kesenian Daerah, Sejarah, Pariwisata Lokal Bersejarah, Pendidikan Bahasa Lokal dan Budaya, dan lain-lain.

Perkembangan teknologi yang semakin modern terus menjalar ke berbagai bidang kehidupan manusia termasuk dalam perkembangan sosial dan budaya yang berkelanjutan di Indonesia. Dalam perkembangannya, teknologi memberikan banyak manfaat dalam bidang sosial dan budaya seperti menjadi penghubung antar budaya di Indonesia. Dalam hal ini, teknologi telah menghubungkan orang dari berbagai budaya dan latar belakang yang berbeda dalam skala nasional bahkan hingga skala internasional. Melalui media sosial, platform komunikasi, dan situs web, masyarakat dapat saling berinteraksi dan memahami lebih baik mengenai keberagaman budaya. Selain itu, teknologi juga berfungsi sebagai platform yang dapat digunakan untuk pelestarian warisan budaya melalui dokumentasi berbagai warisan budaya Indonesia yang melimpah dalam bentuk audio, video, pemindai 3D, teknologi virtual reality, dan lain sebagainya. Lebih jauh, teknologi ini juga berfungsi sebagai tempat edukasi untuk meningkatkan kesadaran budaya dalam diri masyarakat Indonesia melalui aksesibilitas yang memudahkan masyarakat untuk belajar bahasa, sejarah, tradisi dari masyarakat tertentu melalui platform e-learning.

Melalui tema ini, tim diharapkan dapat mengembangkan inovasi teknologi yang bertujuan untuk mengembangkan sekaligus menjaga warisan budaya Indonesia yang sangat beragam. Bukan hanya itu di tengah maraknya pengaruh budaya asing yang mulai mewarnai masyarakat Indonesia, diharapkan inovasi teknologi ini dapat menjadi langkah preventif untuk terus menjaga warisan lokal budaya Indonesia. Dalam hal ini, tim dapat membuat inovasi yang berkaitan dengan pendidikan bahasa lokal, kesenian, sejarah kerajaan, pariwisata lokal yang bersejarah, benda-benda peninggalan bersejarah, dan lain sebagainya.

Problemsetter: Tim Dicoding

Contoh Case yang Termasuk:

  • Website Rekomendasi Pariwisata Sejarah Lokal
  • Website Kreativitas Budaya Lokal
  • Website Belajar Bahasa Daerah
  • Website Komunitas Budaya
  • Website Pendidikan Multibahasa
  • Website Pengenalan Warisan Budaya
  • Website Belajar Kesenian Lokal
  • Website Belajar Sejarah Indonesia
  • Website E-Commerce Produk Budaya Lokal
  • Website Virtual Museum dan Tour Budaya Indonesia

Ketentuan Utama:

  • Challenge ini hanya terbuka untuk peserta SIB Dicoding Cycle 5 - 2023
  • Project dibuat dengan teknologi DevOps, Front-End Web dan Back-End
  • Project harus berupa prototipe/Minimum Viable Product (bukan ide/outline) dan bisa diakses/digunakan user (memiliki user interface dalam bentuk website).
  • Project dibuat secara tim. Setiap tim mengumpulkan satu project.
  • Boleh menambahkan aspek lain diluar pembelajaran.
    • Menggunakan framework lain atau library, toolkit, dll.
    • Menggunakan basis teknologi lain diluar Front-End, Back-End & DevOps
  • Project merupakan solusi baru yang dibuat peserta dan belum pernah digunakan untuk kepentingan kompetisi/proyek apapun.
  • Peserta tidak boleh melakukan plagiasi dan atau pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) kreator/developer lain.
  • Peserta tidak boleh melakukan forking repository atau memodifikasi project milik kreator/developer lain. 
  • Peserta boleh menggunakan API/ Datasource/ Dataset/ Library/ Framework atau apapun secara legal dengan catatan peserta harus mencantumkan catatan/credit di slide atau code-nya.
  • Peserta dapat memanfaatkan tools yang tersedia gratis untuk student atau public. 
    • Contoh: Github Student Developer Pack, netlify, heroku, dll.
  • Project wajib didokumentasikan menggunakan Public Git Repository.
  • Setiap commit dari project akan mempengaruhi nilai. Pastikan setiap anggota tim berkontribusi maksimal.
  • Semua keputusan dan penilaian pemenang Challenge adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

Cara Pengumpulan:

Satu anggota perwakilan tim mengumpulkan dokumen project brief melalui Dicoding Challenge sesuai dengan tema permasalahan yang dipilih. Selanjutnya. klik tombol “MASUKKAN APLIKASI” lalu pilih Platform “Portofolio” lalu isi field submission dengan:

  • App ID -  ID Grup Capstone
  • Nama Aplikasi -  Nama Aplikasi/Nama Grup Capstone
  • Link Aplikasi -  Deployed Link Aplikasi
  • Komentar - Link Dokumen Project Brief

Kriteria Penilaian

Berikut adalah  kriteria penilaian dari project brief capstone project:

  • Ide dan Inovasi atau kebaruan
  • Dokumentasi dan Fungsi Dokumen
  • Desain atau Kemudahan Penggunaan
  • Manfaat bagi Pengguna
  • Penyelesaian Proyek

Hadiah

  • Maksimal tiga (3) solusi/project terbaik di masing-masing tema akan mendapat rewards sebesar 5.000 Dicoding Points/tim. 
  • Setiap peserta yang mengerjakan, menyelesaikan, dan mengumpulkan capstone (berkontribusi dalam tim secara signifikan) akan mendapatkan 1.000 Dicoding Points.

Hak Cipta

Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.

Tipe Challenge

Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.

Submission

Anda hanya dapat memasukkan maksimal 1 Aplikasi.

Challenge Selesai

Jumlah pemenang
: 3 orang
Kuota pemenang
: 3 orang (sisa kuota: 0)
Follower
: 43 orang