SIB Dicoding Cycle 4 Capstone Project - Solusi Utilitas

SIB Dicoding Cycle 4 Capstone Project - Solusi Utilitas

Diselenggarakan oleh: Kampus Merdeka
Hadiah:

5000

Pts
TERJAMIN

Deskripsi

Perkembangan teknologi di zaman yang semakin modern ini, membuat manusia seringkali memanfaatkan teknologi digital dalam menjalankan kegiatannya sehari-hari. Berbagai platform digital atau aplikasi telah banyak dikembangkan untuk membantu pekerjaan sehari-hari ataupun meningkatkan produktivitas manusia dalam beraktivitas. Tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran teknologi ini memberikan dampak yang cukup signifikan untuk menunjang berbagai kegiatan. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya platform digital yang dibuat untuk membantu manusia agar gemar berolahraga, platform digital untuk memudahkan manusia membuat makanan yang diinginkan di rumah melalui resep-resep yang diberikan, melacak pekerjaan yang sedang dikerjakan, ataupun aplikasi lainnya. 

Oleh karena itu, melalui tema ini peserta diharapkan dapat memberikan inovasi platform digital yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas manusia dalam beraktivitas. Inovasi yang diberikan dapat mencakup berbagai aspek kehidupan manusia seperti kesehatan, pekerjaan, hobi, memasak, ataupun hal lainnya yang selaras dengan tema yang diberikan.

Problemsetter: Tim Dicoding

Contoh Case yang Termasuk:

  • Website yang memuat tentang informasi kegiatan olahraga untuk menunjang kesehatan manusia
  • Website yang dapat digunakan untuk mencatat aktivitas dan menunjukkan tingkat produktivitas 
  • Website yang memuat informasi resep masakan nusantara
  • Website yang dapat melacak kemajuan pekerjaan Anda dan memberi Anda beberapa tips tentang cara meningkatkannya. 
  • Website yang dapat memberi Anda opsi untuk bertemu dengan tim Anda dan memberikan rekomendasi tentang tempat untuk bertemu.

Ketentuan Utama:

  • Challenge ini hanya terbuka untuk peserta SIB Dicoding Cycle 4 - 2023
  • Solusi dibuat dengan teknologi sesuai paket yang diambil, setidaknya salah satu dari:
    • Front-End Web 
    • Back-End
  • Project harus berupa prototipe/Minimum Viable Product (bukan ide/outline) dan bisa diakses/digunakan user (memiliki user interface dalam bentuk website).
  • Project dibuat secara tim. Setiap tim mengumpulkan satu project.
  • Boleh menambahkan aspek lain diluar pembelajaran.
    • Menggunakan framework lain atau library, toolkit, dll.
    • Menggunakan basis teknologi lain diluar Front-End & Back-End
  • Project merupakan solusi baru yang dibuat peserta dan belum pernah digunakan untuk kepentingan kompetisi/proyek apapun.
  • Peserta tidak boleh melakukan plagiasi dan atau pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) kreator/developer lain.
  • Peserta tidak boleh melakukan forking repository atau memodifikasi project milik kreator/developer lain. Harus start fresh repository dengan tanggal commit pertama adalah tanggal 16 Mei 2023 atau setelahnya.
  • Peserta boleh menggunakan API/ Datasource/ Dataset/ Library/ Framework atau apapun secara legal dengan catatan peserta harus mencantumkan catatan/credit di slide atau code-nya.
  • Project yang di hosting dengan domain mendapatkan nilai tambahan.
  • Peserta dapat memanfaatkan tools yang tersedia gratis untuk student atau public. 

        Contoh: Github Student Developer Pack, netlify, heroku, dll.

  • Project wajib didokumentasikan menggunakan Public Git Repository.
  • Setiap commit dari project akan mempengaruhi nilai. Pastikan setiap anggota tim berkontribusi maksimal.
  • Semua keputusan dan penilaian pemenang Challenge adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

Cara Pengumpulan:

Satu anggota perwakilan tim mengumpulkan dokumen project brief melalui Dicoding Challenge sesuai dengan tema permasalahan yang dipilih. Selanjutnya. klik tombol “MASUKKAN APLIKASI” lalu pilih Platform “Portofolio” lalu isi field submission dengan:

  • App ID - Nama tim
  • Nama Aplikasi - Judul Project
  • Link Aplikasi - Bundel zip/ folder google sheet berisikan beberapa hal yang telah disampaikan pada capstone details.
  • Komentar - File atau bundel tambahan

Kriteria Penilaian

Berikut adalah persentase dan kriteria penilaian dari capstone project:

  • Ideation & proposal/plan capstone project: 25%
  • Capstone project, presentation dan video: 50%
    Nilai tim, dibagi menjadi:
    • Ide dan inovasi atau kebaruan: 20%
    • Dokumentasi dan fungsionalitas: 40%
    • Desain atau kemudahan penggunaan: 25%
    • Manfaat untuk pengguna: 15%
  • Hasil 360 feedback (anggota tim, mentor) di akhir capstone: 25%

Hadiah

  • Maksimal tiga (3) solusi/project terbaik di masing-masing tema akan mendapat rewards sebesar 5.000 Dicoding Points/tim. 
  • Setiap peserta yang mengerjakan, menyelesaikan, dan mengumpulkan capstone (berkontribusi dalam tim secara signifikan) akan mendapatkan 1.000 Dicoding Points.

Hak Cipta

Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.

Tipe Challenge

Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.

Submission

Anda hanya dapat memasukkan maksimal 1 Aplikasi.

Challenge Selesai

Jumlah pemenang
: 3 orang
Kuota pemenang
: 3 orang (sisa kuota: 0)
Follower
: 77 orang