SIB Cycle 3 Capstone Project - Solusi Pendidikan Inklusif

SIB Cycle 3 Capstone Project - Solusi Pendidikan Inklusif

Diselenggarakan oleh: Kampus Merdeka
Hadiah:

5000

Pts
TERJAMIN

Deskripsi

Contoh Case yang Termasuk:

  • Aplikasi yang dapat mempromosikan pendidikan di kalangan siswa dengan disabilitas.
  • Aplikasi yang menyediakan berbagai materi pendidikan untuk semua umur (lifelong learning).
  • Aplikasi yang dapat mengumpulkan berbagai aktivitas untuk siswa berkebutuhan khusus.

Ketentuan Utama:

  • Challenge ini hanya terbuka untuk peserta SIB Dicoding Cycle 3 - 2022.
  • Solusi dibuat dengan teknologi sesuai paket yang diambil, setidaknya salah satu dari:
    • Android
    • Front-End Web + Back-End
    • Front-End Web + React
    • Machine Learning + Front-End Web
    • Multi-Platform 
  • Project harus berupa prototipe/Minimum Viable Product (bukan ide/outline) dan bisa diakses/digunakan user.
  • Project dibuat secara tim. Setiap tim mengumpulkan satu project.
  • Boleh menambahkan aspek lain diluar pembelajaran.
    • Menggunakan framework lain atau library, toolkit, dll.
    • Menggunakan basis teknologi lain diluar salah satu dari paket yang diambil (misalnya menambahkan iOS app untuk backend, atau menambahkan aplikasi Android Webview untuk Frontend yang sudah dibuat).
  • Project merupakan solusi baru yang dibuat peserta dan belum pernah digunakan untuk kepentingan kompetisi/proyek apapun.
  • Peserta tidak boleh melakukan plagiasi dan atau pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) kreator/developer lain.
  • Peserta tidak boleh melakukan forking repository atau memodifikasi project milik kreator/developer lain. Harus start fresh repository dengan tanggal commit pertama adalah tanggal 31 Oktober 2022 atau setelahnya.
  • Semua keputusan dan penilaian pemenang Challenge adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

Cara Pengumpulan

Satu anggota perwakilan tim mengumpulkan dokumen project brief melalui Dicoding Challenge sesuai dengan tema permasalahan yang dipilih. Selanjutnya, klik tombol “MASUKKAN APLIKASI” lalu pilih Platform “Portofolio” lalu isi field submission dengan:

  • App ID - Nama tim.
  • Nama Aplikasi - Judul Aplikasi.
  • Link Aplikasi - Bundel zip/folder google sheet berisikan beberapa hal yang telah disampaikan pada capstone details.
  • Komentar - File atau bundel tambahan.

Kriteria Penilaian

Berikut adalah persentase dan kriteria penilaian dari capstone project:

  • Ideation & proposal/plan capstone project: 25%
  • Capstone project, presentation dan video: 50%
    Nilai tim dibagi menjadi:
    • Ide dan inovasi atau kebaruan: 20%
    • Dokumentasi dan fungsionalitas: 40%
    • Desain atau kemudahan penggunaan: 25%
    • Manfaat untuk pengguna: 15%
  • Hasil 360 feedback (anggota tim, mentor) di akhir capstone: 25%

Hadiah

  • Maksimal tiga (3) solusi/project terbaik di masing-masing tema akan mendapat rewards sebesar 5.000 Dicoding Points/tim
  • Setiap peserta yang mengerjakan, menyelesaikan, dan mengumpulkan capstone (berkontribusi dalam tim secara signifikan) akan mendapatkan 1.000 Dicoding Points.

Hak Cipta

Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.

Tipe Challenge

Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.

Submission

Anda hanya dapat memasukkan maksimal 1 Aplikasi.

Challenge Selesai

Jumlah pemenang
: 3 orang
Kuota pemenang
: 3 orang (sisa kuota: 1)
Follower
: 30 orang