Capstone Project SIB Batch 2: Books, Reference and Education

Capstone Project SIB Batch 2: Books, Reference and Education

Diselenggarakan oleh: Dicoding Operational
Hadiah:

5000

Pts
TERJAMIN

Deskripsi

Buatlah sebuah solusi digital berbasis literasi atau pendidikan yang dapat membantu proses pembelajaran antara pelajar maupun pengajar.

Referensi contoh aplikasi/website/platform dapat dicek di halaman Books, Referenceand Education ini.

Ketentuan Utama

Berikut adalah ketentuan ketentuan pengerjaan Capstone Project:

  • Challenge ini hanya terbuka untuk peserta SIB Dicoding Batch 2 - 2022.
  • Project dibuat dengan teknologi sesuai paket yang diambil, setidaknya salah satu dari
    • Front-End
    • Front-End + Back-End
    • Multi-Platform (Flutter) 
    • Multi-Platform (Flutter) + Back-End
  • Project merupakan solusi baru yang dibuat peserta dan belum pernah digunakan untuk kepentingan kompetisi/proyek apapun.
  • Project dibuat secara tim. Setiap tim mengumpulkan satu project.
  • Project harus berupa prototipe/Minimum Viable Product (bukan ide/outline) dan bisa diakses/digunakan user (memiliki user interface dalam bentuk website atau aplikasi mobile).
  • Boleh menambahkan aspek lain diluar pembelajaran.
    • Menggunakan framework lain atau library, toolkit, dll.
    • Menggunakan basis teknologi lain diluar salah satu dari paket yang diambil
      (misalnya menambahkan iOS app untuk backend, atau menambahkan aplikasi Android Webview untuk Frontend yang sudah dibuat).
  • Peserta tidak boleh melakukan plagiasi dan atau pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) kreator/developer lain.
  • Peserta tidak boleh melakukan forking repository atau memodifikasi project milik kreator/developer lain. Harus start fresh repository dengan tanggal commit pertama adalah tanggal 6 April 2022 atau setelahnya.
  • Peserta boleh menggunakan API/Datasource/Dataset/Library/Framework apapun secara legal dengan catatan memberi catatan/credit di slide atau code-nya.
  • Peserta dapat memanfaatkan tools yang tersedia gratis untuk student atau public.
    Contoh: Github Student Developer Pack, netlify, heroku, dll.
  • Project wajib didokumentasikan menggunakan Public Git Repository.
  • Setiap commit dari project akan mempengaruhi nilai. Pastikan setiap anggota tim berkontribusi maksimal.

Cara Pengumpulan

Perwakilan (cukup salah satu anggota) tim mengumpulkan dokumen project brief melalui Dicoding Challenge yang sesuai dengan tema permasalahan yang dipilih. Isi field submission dengan:

  • App ID - Nama tim
  • Nama Aplikasi - Judul Aplikasi
  • Link Aplikasi - Bundel zip / folder google sheet yang berisi beberapa hal yang sudah disampaikan di playbook/capstone details
  • Komentar - File atau bundel tambahan

Kriteria Penilaian

Berikut adalah persentase dan kriteria penilaian dari Capstone Project:

  • Ideation & proposal/plan capstone project: 25%
  • Capstone project, presentation dan video: 50%
    Dibagi menjadi:
    • Ide dan inovasi atau kebaruan: 20%
    • Dokumentasi dan fungsionalitas: 40%
    • Desain atau kemudahan penggunaan: 25%
    • Manfaat untuk pengguna: 15%
  • Hasil 360 feedback (anggota tim, mentor): 25%

Capstone project yang dibuat diharuskan menggunakan minimal salah satu fitur teknologi berikut yang telah dipelajari di dalam modul belajar Dicoding Academy:
(nilai tambah jika diimplementasi lebih dari satu)

  • Project memiliki proses penambahan, pengolahan, perubahan, dan penghapusan (CRUD) data local maupun real-time.
  • Project memberikan aksesibilitas (UI/UX) yang baik dalam pengoperasiannya.
  • Project mampu memberikan notifikasi/pengingat/alarm.
  • Project memanfaatkan penggunaan API (Application Programming Interface).
  • Untuk tim dari paket Pengembang Aplikasi Multi-Platform dan Back-End:
    • Menggunakan pemanfaatan teknologi Firebase 
    • Menggunakan pemanfaatan teknologi Localization
  • Untuk tim dari paket Pengembang Front-End Web dan Back-End:
    • Mengimplementasikan Progressive Web Apps
    • Mengimplementasikan Responsive Web Design

Diberikan tambahan nilai (10%) jika:

  • Project tersedia untuk digunakan oleh publik (terpublikasi di store atau di hosting)
  • Project menggunakan data real-time/interaktif dan bukan data dummy atau local storage

Semua keputusan dan penilaian pemenang Challenge adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

Hadiah

  • Maksimal 3 aplikasi/solusi terbaik dari tema ini akan mendapatkan 5.000 Dicoding Points/tim yang dapat ditukarkan dengan Dicoding Rewards.
  • Setiap peserta yang mengerjakan, menyelesaikan, dan mengumpulkan capstone (berkontribusi dalam tim secara signifikan) akan mendapatkan 1.000 Dicoding Points.
    Penilaian akan dilakukan secara 360 oleh anggota tim sendiri maupun mentor.

Hak Cipta

Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.

Tipe Challenge

Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.

Submission

Anda hanya dapat memasukkan maksimal 1 Aplikasi.

Challenge Selesai

Jumlah pemenang
: 3 orang
Kuota pemenang
: 3 orang (sisa kuota: 0)
Follower
: 35 orang