IDCamp 2020 Developer Challenge - Lawan Penyebaran COVID-19 dengan Inovasi

IDCamp 2020 Developer Challenge - Lawan Penyebaran COVID-19 dengan Inovasi

Diselenggarakan oleh: Indosat Ooredoo Digital Camp Platform:
Hadiah:

10000

Pts
TERJAMIN

Deskripsi

Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp) adalah sebuah program beasiswa dari Indosat Ooredoo untuk mencetak developer/programmer muda Indonesia yang siap bersaing di dunia ekonomi digital. IDCamp merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Indosat Ooredoo di pilar Pendidikan sebagai upaya membangun bangsa Indonesia sebagai Digital Nation.

Bersamaan dengan dimulainya IDCamp 2020, Indosat Ooredoo kembali menggelar Developer Challenge yang mengajak developer muda Indonesia memberikan solusi inovatif untuk mengurangi penyebaran COVID—19 yang saat ini menjadi pandemik di 190 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.


COVID-19, masalah serius yang menentukan masa depan 235 juta penduduk Indonesia.

Saat ini Indonesia merupakan episentrum COVID-19 di Asia Tenggara dengan kurva kasus terkonfirmasi yang mendaki tajam. Pada akhir Maret 2020, tercatat lebih dari 1.000 kasus terkonfirmasi, dengan tingkat kematian hingga 8.8 %. Epidemi ini tersebar di 29 dari 34 provinsi di Indonesia (http://covid19.bnpb.go.id).

Ayo bergabung bersama IDCamp untuk membantu mencegah perluasan epidemi ini lewat karya INOVASI TERBAIK-mu. Kamu bisa mengambil referensi aplikasi TraceTogether dalam membantu pelacakan kasus di level perorangan di Singapura. Melalui pertukaran data menggunakan sinyal bluetooth, Kementerian Kesehatan Singapura dapat melakukan pelacakan kontak menyeluruh pada seseorang yang berinteraksi dengan pengidap COVID-19. Luar biasa bukan? 

Atau mungkin kamu tertarik dengan ide penelitian di Singular University yang sedang membuat aplikasi terkait COVID-19, yang memberikan informasi berbasis lokasi berdasarkan informasi personal setiap individu, mengambil data-data seperti usia, lokasi, kebiasaan, level pendidikan, dan kondisi medis saat ini, demi meningkatkan akurasi diagnosis dan memberikan saran medis yang lebih personal. Aplikasi ini tentunya bisa bisa menjadi sumber data dan indikator bagi otoritas kesehatan setempat. Layaknya Google Maps dan Waze, aplikasi ini akan mengoleksi data secara crowdsourcing dan membantu kita menavigasi diri untuk mencegah dan dan memutus rantai penyebaran sedini mungkin.


Berani menawarkan solusi digital terdepan versimu sendiri dengan semangat yang sama?

IDCamp mengundang kamu untuk menghasilkan solusi nyata dan mudah diadopsi untuk kebaikan bangsa Indonesia. Jika kamu terpikir untuk membuat dashboard atau layanan bersifat “good-to-have,” jangan lupa tambahkan nilai tambah atau aspek solusi inovatif lainnya. 

Mari bantu Indonesia melalui karya dan inovasi terbaikmu dalam IDCamp 2020 Developer Challenge “Lawan Penyebaran COVID-19 dengan Inovasi”.

 

Ketentuan Utama

  • Challenge ini hanya dapat diikuti oleh peserta yang telah terdaftar dalam program IDCamp 2019 atau 2020. Daftar sekarang untuk menjadi peserta IDCamp 2020 di https://idcamp.indosatooredoo.com/

  • Peserta Challenge boleh mengirimkan lebih dari 1 karya aplikasi inovatif, namun hanya 1 aplikasi dengan skor penilaian tertinggi saja yang berhak terpilih menjadi pemenang.

  • Aplikasi yang dibuat harus sesuai dengan tema ”Lawan Penyebaran COVID-19 dengan Inovasi”.

  • Aplikasi yang diterima boleh menggunakan platform Android/iOS/Web/IoT/Windows Desktop/Chatbot.

  • Semua keputusan dan penilaian pemenang dari IDCamp adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

Kriteria Penilaian

  • Ide/Inovasi (orisinalitas, solusi yang ditawarkan): 40%

  • Manfaat (apakah sesuai yang dibutuhkan calon pengguna): 30%

  • Fitur dan Kemudahan Implementasi (kemudahan diadopsi): 15%

  • UI/UX (aplikasi mudah digunakan, tampilan visual yang memikat): 15% 

  • Diberikan tambahan nilai jika Solusi sudah didapat diakses secara publik

Hadiah :

  • 5 Aplikasi inovatif terbaik akan mendapatkan hadiah masing-masing sebesar 10,000 Dicoding Point

Contoh / Referensi :

Cara Submit Aplikasi:

Pilih tombol "MASUKKAN APLIKASI," setelah itu masukkan data sebagai berikut :

  • App ID: judul Aplikasi yang dibuat

  • Nama Aplikasi: judul Aplikasi yang dibuat

  • Link Aplikasi: link download karya aplikasi yang dibuat (boleh dalam google drive / dropbox / onedrive / dsb yang dapat diakses publik, jika link tidak dapat diakses juri maka aplikasi akan didiskualifikasi)

  • Komentar: Slides dan atau video demo solusi.

Hak Cipta

Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.

Tipe Challenge

Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.

Submission

Anda dapat memasukkan sebanyak mungkin Aplikasi yang Anda miliki.

Challenge Selesai

Jumlah pemenang
: 5 orang
Kuota pemenang
: 5 orang (sisa kuota: 0)
Follower
: 485 orang