Virtual Learning Platform To Empower Women And Girls

Virtual Learning Platform To Empower Women And Girls

Diselenggarakan oleh: Google & UN Women Platform:
Hadiah:

20000

Pts
TERJAMIN

Deskripsi

WeLearn adalah sebuah portal yang memfasilitasi mitra organisasi dan perusahaan bekerja sama dalam meraih satu tujuan, yaitu: memberikan kesempatan pengembangan keterampilan bagi perempuan dan laki-laki, tak terbatas usia. Portal ini diharapkan dapat membuka kesempatan kerja atau peluang berwirausaha di pasar tenaga kerja lokal maupun global melalui course yang tersedia.

Portal ini adalah venue bagi pengembangan skill secara virtual demi memfasilitasi akses perempuan pada pembelajaran seumur hidup, memberi kesempatan pada perempuan untuk mendapatkan pengetahuan yang relevan, kemampuan, dan sikap yang diperlukan untuk mengarungi hidup dan bekerja pada pasar kerja abad 21 (seperti business development, literasi keuangan, pengadaan  (procurement)), memperkuat kapasitas perempuan untuk bersaing pada sektor-sektor dengan nilai tambah lebih tinggi. Portal ini juga berusaha untuk bantu mentransformasi norma-norma yang berlaku di masyarakat, sikap dan praktik yang menghalangi pemberdayaan perempuan dan mendorong NGOs, komunitas, traditional leaders, guru dan keluarga untuk menggalakkan pengembangan anak-anak perempuan, lapangan kerja, dan kewirausahaan. Melalui learning path para agen perubahan, WeLearn juga akan mengikutsertakan dan membangun kapasitas para pegawai organisasi dan perusahaan untuk mengimplementasikan Prinsip-Prinsip Pemberdayaan Perempuan.

Oleh karena itu, di platform WeLearn, para pengusaha perempuan akan mendapat pelatihan kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan untuk sukses sebagai pemilik usaha—dari fase business development ke fase growth, termasuk memenuhi kebutuhan para pembeli, mengikuti tender yang kompetitif, dan manajemen bisnis berorientasi pertumbuhan. Pelatihan pengembangan skil ini akan dikembangkan dan tersedia di platform WeLearn. Kurikulum akan mencakup pengembangan bisnis, literasi keuangan, dan skill yang spesifik per sektor, dan juga kapasitas untuk mengakses informasi, melakukan lobi demi perubahan dalam kebijakan pengadaan (procurement), serta berpartisipasi mengawal pemerintah dan perusahaan untuk selalu bertindak transparan.

Aktivitas pengembangan skill di WeLearn akan bertujuan untuk menguatkan kapasitas pengusaha perempuan untuk merespon panggilan pengadaan barang dan jasa, termasuk di dalamnya mengoptimalkan penggunaan informasi, komunikasi dan teknologi, dan memperkuat kapasitas mereka untuk bersaing di sektor-sektor dengan nilai tambah yang lebih tinggi.  Pengusaha perempuan akan mendapatkan informasi tentang program sertifikasi yang terakreditasi untuk membantu mereka menjadi kompetitor yang lebih baik dalam pasar terbuka.

Guna memenuhi kebutuhan para pembelajar dan berkembang sesuai konten para partner dalam konteks yang ramah pengguna (user friendly), WeLearn membutuhkan sebuah agregator. Agregator ini dibuat melalui partisipasi komunitas tech melalui sebuah hackathon. Agregator ini akan mulai coba diterapkan di Indonesia.  


Tujuan

Mengembangkan agregator (sebuah platform) untuk portal belajar online UN Women: “WeLearn” demi memberikan perempuan akses pada pengembangan skill secara virtual sepanjang hidup mereka, dan memberikan mereka kesempatan untuk mendapat pengetahuan, kemampuan, dan sikap yang relevan, serta pengetahuan tentang skill dan sikap hidup yang dibutuhkan untuk mengarungi hidup dan bekerja di abad ke-21.


Challenge

  • Developer yang berpartisipasi dalam hackathon ditantang untuk mengembangkan agregator yang terintegrasi (integrated course aggregator) yang mampu mengupayakan kursus / pelatihan dari banyak sumber platform atau learning management systems dari banyak partner. Serta menampilkannya secara ramah pengguna (user friendly) dan mulus (seamless) kepada para pengguna WeLearn. (Platform / Agregator digunakan untuk memberikan data materi pelatihan untuk digunakan di https://welearn.unwomen.org/course)

  • Developer akan mendapatkan nilai tambahan jika dapat memberikan single sign on experience kepada para pengguna.

  • Developer akan mendapatkan nilai tambahan kedua jika dapat mengembangkan teknologi intuitif/artificial intelligence (bot) yang mampu bantu menargetkan konten pembelajaran dengan tepat.

  • Developer mendapatkan nilai tambahan ketiga jika dapat menambahkan fungsionalitas pencarian yang intuitif (intuitive search functionality) untuk mengidentifikasi konten yang relevan dari platform dan learning management systems dari banyak partner dan merekomendasikannya melalui platform WeLearn. 


Timeline

Hackathon online ini akan berakhir tanggal 3 Desember 2018 sebagai batas akhir pengumpulan solusi Anda. Nama-nama para finalis akan diumumkan pada tanggal 4 Desember 2018. Semua finalis akan diundang ke Jakarta pada 8 Desember 2018. Semua biaya transportasi dan akomodasi peserta akan ditanggung oleh panitia.  


Syarat dan Ketentuan

  • Hak Kekayaan Intelektual setiap agregator akan tetap berada pada developer peserta ybs.

  • Dengan memberikan submission pada Challenge ini, para developer yang berpartisipasi setuju untuk memberikan lisensi yang gratis dan terus menerus (perpetual) kepada UN Women untuk menggunakan agregator yang di-submit.

  • UN Women akan bertanggung jawab pada biaya layanan cloud yang dikenakan pada agregator pemenang kompetisi. 

  • Para developer pemenang setuju untuk bekerja dengan UN Women untuk melakukan penyesuaian kecil (minor customization) terhadap karya agregator mereka, jika diperlukan. Dan tanpa adanya biaya-biaya tambahan.

  • Para pengembang hanya diperkenankan untuk menggunakan metode akses yang terotorisasi dan sesuai dengan hukum demi mendapat konten yang sah bagi agregator. 

  • Single sign on experience (opsional) hanya dapat mengumpulkan (aggregate) pelatihan-pelatihan gratis yang ditawarkan oleh platform dan learning management system dari para partner, dengan disertai informed consent dari tiap partner.

  • Para developer dipersilakan menyaring pelatihan mana saja yang diikutsertakan, termasuk pelatihan dari diri developer ybs, jika ada.


Kriteria Teknis

  • Performa teknis dari agregator itu sendiri (kecepatan loading dalam konteks bandwith yang lambat). 

  • Konten pelatihan yang akurat dan sesuai 

  • Penilaian tambahan :

    • Single sign on experience untuk para pengguna,

    • AI untuk menemukan konten baru, dan

    • AI untuk mengidentifikasi konten yang relevan (opsional)


Hasil Akhir yang Diharapkan 

  • Platform agregator ramah pengguna yang menghubungkan konten pembelajaran dari para partner (Bisa diakses via Web/App)

  • Use cases yang diperlukan, namun tak terbatas pada:

    • Pengguna bisa mendapatkan konten yang dibutuhkan untuk sertifikasi (sertifikasi tersebut terkait sebuah subyek/tema yang spesifik) dalam satu tempat. 

    • Pengguna dapat memperoleh hasil pencarian berupa tailored-search results/rekomendasi/learning path.

    • Pengguna dapat menerapkan preferensi yang spesifik pada pembelajaran itu sendiri (misalnya self paced, Batasan waktu, learning path, konektivitas dan lain-lain).

    • Agregator dapat diakses dalam konteks bandwidth rendah (contoh seluler 2G/3G). 

    • Agregator dapat berjalan pada lingkungan yang luas, termasuk laptop, PC dan mobile/tablet (4-7”). 

    • Mekanisme partner objection mechanisms (contoh, terkait dengan DMCA, delisting, atau takedowns).

  • Agregat API output dalam format Extensible Markup Language (XML) atau JavaScript Object Notation (JSON) yang bisa dipakai oleh platform pada umumnya.

  • Agregat output dikategorikan berdasar learning path, subyek/judul pelatihan, dan pelatihan-pelatihan individual.

  • Sebuah dashboard untuk memonitor jumlah pengguna perempuan/laki-laki, pelatihan-pelatihan yang ada, dan learning path serta kursus-kurus yang telah selesai.

  • Agregator dengan single sign-on experience (opsional)

  • AI dan dashboard untuk memonitor artificial intelligence (optional)

  • AI dan dashboard untuk memonitor rekomendasi kursus yang relevan (opsional).


Rujukan 


Hadiah 

  • 10 aplikasi terbaik akan mendapatkan hadiah sebesar 20,000 Dicoding Point dan
  • 1 aplikasi terbaik akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar IDR 20,000,000

Hak Cipta

Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.

Tipe Challenge

Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.

Submission

Anda dapat memasukkan sebanyak mungkin Aplikasi yang Anda miliki.

Sisa Waktu

Challenge Selesai

Jumlah pemenang
: 10 orang
Kuota pemenang
: 10 orang (sisa kuota: 1)
Follower
: 60 orang
...