Sustainable Tourism Challenge

Sustainable Tourism Challenge

Diselenggarakan oleh: Google Platform:
Hadiah:

20000

Pts
TERJAMIN

Deskripsi

Latar Belakang 

Berdasar Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) oleh World Economic Forum (WEF) pada tahun 2017, Indonesia menempati posisi ke-42, naik delapan peringkat dari sebelumnya di posisi 50. Pada tahun 2019 Indonesia diproyeksikan meningkat lagi ke posisi 30. 

Salah satu cara bagi Indonesia untuk menaikkan peringkat TTCI adalah dengan cara mengedepankan pilar environmental sustainability yang saat ini masih rendah di peringkat 31. Untuk mewujudkannya, pariwisata di Indonesia harus dipandang lebih dari sekedar faktor pendorong, melainkan juga sebagai akselerator SDGs. Sebabnya, pariwisata memiliki karakter yang bersilangan (cross-cutting) dan efek multiplier pada sektor-sektor lainnya. 

Lebih lanjut mengenai sustainable tourism, ada 3 “P” yang menjadi perhatian: “planet, people (manusia), dan prosperity (kesejahteraan). Pertama, sutainable tourism harus menghargai lingkungan (planet). Pariwisata harus sadar dan paham betul mengenai penggunaan sumber daya lingkungan seperti air dan energi, membantu berjalannya proses ekologi secara alamiah, dan melindungi ekosistem dan keanekaragaman hayati. Sampah plastik adalah keprihatinan utama bagi pariwisata di Indonesia. 

Kedua, sustainable tourism menggarisbawahi rasa hormat pada komunitas lokal dan keaslian budaya dan sosialnya. Ini berarti pariwisata berjalan beriringan dengan upaya menjaga warisan budaya yang berlaku di dalam masyarakat adat, menghargai nilai-nilai tradisional, dan berkontribusi pada pemahaman antar budaya. 

Dimensi ketiga adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, memberikan keuntungan sosial ekonomi untuk semua pemangku kepentingan, khususnya masyarakat lokal, serta membantu memberantas kemiskinan. Bali, Gunung Bromo, dan Pulau Komodo adalah yang tujuan wisata terpopuler di Indonesia. Namun berapa persen kah dari pendapatan pariwisata tersebut yang sebenarnya dinikmati masyarakat lokal -sebutlah pemandu lokal, penyedia tempat tinggal lokal, dan penyedia panganan lokal?

Tujuan  

Membuat aplikasi mobile ataupun solusi web yang inovatif untuk mengembangkan dan mengimplementasikan perangkat (tools) demi mendorong dan memonitor pariwisata. Ini adalah langkah maju di bidang pariwisata demi mencapai SDGs Goal #12 Responsible Consumption and Production.

“Mengembangkan dan mengimplementasikan perangkat  untuk memonitor manfaat pembangunan berkelanjutan untuk pariwisata yang berkelanjutan yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan serta mendukung budaya dan produk lokal.” (Target 12.B).

Challenge

Target Challenge ini adalah menciptakan solusi aplikasi mobile dan web yang inovatif untuk: 

  • Memonitor kontribusi/manfaat dari upaya-upaya sustainable tourism di Indonesia 

  • Mengurangi konsumsi tidak bertanggung jawab atas sumber daya yang ada di area-area tujuan pariwisata.  

  • Menjaga ekosistem dan keanekaragaman hayati melalui pariwisata.  

  • Mendukung manajemen sampah yang bertanggung jawab di area-area tujuan pariwisata.  

  • Mempromosikan program-program yang membantu meningkatkan keuntungan dan pendapatan bagi masyarakat setempat.

Syarat dan Ketentuan  

  • Setiap tim dapat terdiri dari maksimal 4 orang anggota.

  • Cukup satu orang di dalam tim yang mengumpulkan produk untuk Challenge ini.

  • Hak Kekayaan Intelektual setiap produk yang dikumpulkan untuk Challenge ini akan tetap ada pada para peserta ybs.   

  • Demi memperoleh konten legal untuk produk, para pengembang wajib menggunakan metode akses yang sesuai hukum dan terotorisasi. Tanpa terkecuali.   

  • Batas pengumpulan produk adalah 28 November 2018.

  • Untuk Anda, developer yang tidak memiliki akun Google Play Store dapat mempublish aplikasi melalui Dicoding Store maksimal 7 hari sebelum challenge berakhir.

Kriteria Kemenangan  

  • Dampak dari solusi yang ditawarkan. Apakah bisa memecahkan tantangan yang ada?  

  • Kecepatan loading dalam situasi bandwidth yang rendah.  

  • Bisa kompatibel dengan gawai seri terdahulu dengan RAM yang rendah.

  • Pengalaman pengguna (user experience) dalam memanfaatkan produk

  • Tingkat penggunaan Google Stack (API, Platform, Cloud).

Timeline

Kompetisi online hackathon akan berlangsung selama bulan November dengan tenggat waktu pengumpulan 28 November untuk mengirimkan solusi terbaik Anda. Tim yang terpilih menjadi finalis akan diumumkan pada tanggal 30 November. Semua finalis akan diundang ke Jakarta untuk ikut serta dalam acara Google for Indonesia Developer Showcase pada 6-7 Desember 2018. Seluruh biaya perjalanan untuk kegiatan ini akan ditanggung oleh Google.

Produk yang Diinginkan

  • Aplikasi atau web yang ramah pengguna.  

  • Jika berbentuk web, produk tersebut harus bisa diakses di web.  

  • Jika berbentuk aplikasi, produk tersebut harus tersedia di Google Play Store.

API & Referensi

Aplikasi dan Web Contoh

  • TravelingYuk adalah platform yang berfungsi sebagai katalog tempat-tempat wisata untuk tujuan perjalanan, info pertunjukan khusus, akomodasi dan kuliner. Platform ini juga dibangun dari cerita perjalanan para pengguna mengenai pengalaman dan tempat-tempat pariwista yang dikunjungi, seperti spot-spot untuk selfie atau event tahunan yang menarik.
    https://travelingyuk.com/ 

  • Indonesia Ecotourism Network menyediakan informasi tentang eco-tourism di Indonesia. Bekerja bersama dengan para partner, IEN juga memberikan detail mengenai proyek-proyek yang tengah berlangsung serta penelitian seputar Sustainable Ecotourism di Indonesia. Pengguna juga bisa belajar tentang eco-tourism, merintis dan memelihara spot pariwisata agar tetap lestari sealami mungkin.
    http://www.indecon.or.id/

  • Ecolodges Indonesia – Memberikan informasi dan petunjuk mengenai penginapan berwawasan ecotourism di seluruh Indonesia, khususnya lokasi-lokasi di mana eco-tourism dan upaya konservasi melebur menjadi satu.
    https://ecolodgesindonesia.com/ 

  • Wanderlust Indonesia - Wanderlust Indonesia adalah perusahaan travel bermisi sosial yang berupaya menciptakan pengalaman berwisata yang otentik dan bertanggungjawab dengan cara menghubungkan para pelancong dengan masyarakat lokal.
    https://idwanderlust.com

Hak Cipta

Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.

Tipe Challenge

Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.

Submission

Anda dapat memasukkan sebanyak mungkin Aplikasi yang Anda miliki.

Sisa Waktu

Challenge Selesai

Jumlah pemenang
: 3 orang
Kuota pemenang
: 3 orang (sisa kuota: 0)
Follower
: 139 orang
...