Indonesia Next Apps 4.0 - Industry Challenge Kategori Public Service (Angkasa Pura II)

Indonesia Next Apps 4.0 - Industry Challenge Kategori Public Service (Angkasa Pura II)

Diselenggarakan oleh: Dicoding Indonesia Platform:
Hadiah:

2000

Pts
TERJAMIN

Deskripsi

201708141330091c342cc3dbab7763e4a70b6496a1870d.png

PT Angkasa Pura II (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara yang diberi wewenang untuk melaksanakan penyelenggaraan, pengelolaan, pengusahaan dan pengembangan Bandar Udara (“Bandara”) di sebagian wilayah Indonesia termasuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Kriteria Utama

  • Developer dapat membuat aplikasi dengan spesifikasi solusi atau API yang disediakan oleh Angkasa Pura II.
  • Pembuatan aplikasi WAJIB menggunakan salah satu platform berikut :
    • Samsung SDK,
    • Gear VR,
    • Tizen untuk Smartphone, atau
    • Tizen untuk Wearable.
  • Melakukan submit aplikasi yang telah dibuat di halaman Challenge Dicoding yang sesuai.
  • Anda dapat mendaftarkan aplikasi yang sama ke Platform Challenge Indonesia Next Apps 4.0 (Samsung SDK, Gear VR, Tizen Smartphone, atau Tizen Wearable) untuk mendapatkan hadiah submission Dicoding atau hadiah tiga aplikasi terbaik.
  • Jika Anda memenangkan Industry Challenge sub-kategori ini maka aplikasi Anda tidak berhak untuk mendapatkan hadiah dari Platform Challenge.

Solusi Pembuatan Aplikasi

Dengan beragam tantangan yang dihadapi oleh Industri Penerbangan, PT Angkasa Pura II mengajak para developer untuk turut serta memberikan solusi berikut ini :

  • Pre-Departure
    PT. Angkasa Pura II (Persero) sedang mencari inovasi baru untuk mulai berinteraksi dengan pengunjung-pengunjung bandara dari sebelum mereka sampai di terminal sampai dengan waktu keberangkatan. Bandara bukan hanya titik untuk naik maupun turun dari pesawat, tapi bandara juga dapat menjadi tempat tujuan tersendiri sebelum keberangkatan penumpang.
    Mulai dari perjalanan ke bandara, penumpang sudah bisa berinteraksi dengan bandara melalui aplikasi Indonesia Airports. Jika membawa mobil sendiri ke bandara, penumpang sudah bisa booking slot untuk parkir inap. Bagai yang menggunakan transportasi umum, informasi jadwal tersebut juga dapat diakses melalui aplikasi kami.
    Sebagian besar dari penumpang akan tiba di bandara 1 atau 2 jam sebelum waktu keberangkatannya. Saat tiba di terminal, penumpang akan berbaris di counter check-in untuk mencetak boarding pass dan sebagainya sebelum menunggu waktu keberangkatan. Dalam waktu luang itu, penumpang juga dapat mengakses fasilitas-fasilitas lain yang sudah tersedia seperti airport digital cinema dan Aeroplay video streaming dari aplikasi Indonesia Airports. Penumpang juga dapat mengunjungi berbagai macam vendor shopping & dining yang dapat menjadi sebagian dari passenger experience sambil menunggu keberangkatan. Walaupun bandara menyediakan banyak vendor dan fasilitas tersebut, banyak penumpang yang memilih tidak belanja atau tidak mengunakan fasilitas-fasilitas yang tersedia karena beberapa faktor seperti persepsi harga yang negatif atau kurangnya kesadaran tentang fasilitas-fasilitas yang tersedia.
    Saat ini, PT. Angkasa Pura II (Persero) belum memiliki channel untuk berinteraksi langsung dengan para penumpang dan memberi informasi relevan dalam real-time sebelum keberangkatan. Menuju ke depan, PT Angkasa Pura II sedang berencana menyediakan fitur e-payment dan e-check-in untuk mempermudahkan passenger journey.
    Bagaimana cara PT. Angkasa Pura II bisa meningkatkan interaksi bersama penumpang dan meningkatkan passenger experience dari segi check-in process, payment, entertainment, shopping, dining, dll?
  • In Transit
    Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, tidak jarang penumpang harus melakukan transit, dengan waktu pendek ataupun panjang, dalam perjalanan mereka. Kami mengerti bahwa perjalanan panjang sangat melelahkan dan meningkatkan stres. Maka itu, PT. Angkasa Pura II berjuang untuk membuat pengalaman penumpang yang positif di bandara. Bandara telah menyiapkan fasilitas dan layanan yang dapat dinikmati oleh penumpang termasuk berbagai macam vendor shopping & dining, digital cinema, video streaming Aeroplay dari aplikasi Indonesia Airports, dll. Menuju kedepan, PT. Angkasa Pura II berencana menambah fasilitas lain seperti jasa pengantar makanan dan barang agar penumpang bisa memesan sesuatu yang dapat diantar ke tempat dia berada.
    Bagaimana cara mengoptimalkan waktu transit penumpang yang terbatas dan meningkatkan passenger experience sesuai dengan keinginan penumpang?
  • Arrival
    Setibanya di tujuan, penumpang mendapat kesan pertama tentang tujuannya dari bandara yang menjadi titik kedatangan pertama dari tujuan penumpang. Seringkali kesan pertama ini tidak ideal karena stress yang dialami penumpang dalam proses keluar bandara termasuk imigrasi, bea cukai, pengambilan bagasi, mencari transportasi ke hotel, dll. Penumpang dapat merasa terbebani oleh banyaknya informasi, perbedaan bahasa, ketidakpastian proses imigrasi, dan antrian panjang. Kecemasan penumpang yang meningkat seringkali dicerminkan dalam kesan pertama terhadap bandara dan tujuannya. Apapun tujuan kunjungan penumpang, kesan pertama mereka sangat berdampak dalam memperkuat citra bandara kami sebagai pintu gerbang Indonesia dan destinasi lainnya.
    Bagaimana cara mengesankan penumpang dengan pengalaman kedatangan yang baru dan inovatif, sehingga mereka memiliki kesan pertama yang baik terhadap tujuannya?

API Yang Dapat Digunakan

[Berikut adalah akses API terbaru dari Angkasa Pura II yang dapat diakses di https://developer.angkasapura2.co.id/]

Dan untuk membantu mendukung pengembangan inovasi para developer, PT Angkasa Pura II telah menyiapkan API sebagai berikut :

Seluruh API tersebut dapat login dengan menggunakan username dan password yang bisa didapatkan dengan mengirimkan email ke angkasapura.ina4@dicoding.com dengan subject [REQUEST API].

Untuk anda yang mengalami kesulitan mendapatkan invitation code saat melakukan registrasi, anda dapat bertanya di group whatsapp yang dibuat oleh team developer Angkasa Pura II di link berikut : https://chat.whatsapp.com/47jKiSRLm4MIrYAnWWm3BI. Atau melalui kontak berikut :

  • Nama : Andrianes
  • Email : andrianes@angkasapura2.co.id

Hadiah

Uang tunai sebesar Rp. 50,000,000 untuk aplikasi terbaik dan kesempatan untuk bekerja sama lebih lanjut.

Bagi semua pemenang kategori yang menggunakan IBM Bluemix cloud platform akan mendapatkan layanan IBM Bluemix senilai lebih dari Rp. 150.000.000.

Syarat dan Ketentuan

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Bertempat tinggal di wilayah Republik Indonesia.
  • Memiliki kartu identitas diri yang masih berlaku (Kartu Pelajar/KTP/SIM/Paspor) yang wajib diperihatkan pada saat verifikasi pemenang.
  • Untuk mengikuti Industry Challenge wajib memiliki KTP.
  • Hadiah kategori challenge maupun hadiah submission tidak berlaku untuk karyawan Samsung, karyawan partner industry, karyawan Dicoding, karyawan DailySocial, dan Samsung Developer Warrior.
  • Syarat dan Ketentuan lengkap dapat dilihat di www.indonesianextapps.com

Kami akan memberikan notifikasi pemberitahuan via email kepada seluruh developer yang melakukan follow Challenge (Melakukan klik di Button “Saya tertarik mengikuti Challenge ini”) jika terdapat perubahan spesifikasi atau API yang telah dibuat oleh Partner Industri.

 

Industry Challenge ini merupakan bagian dari Indonesia Next Apps 4.0. Temukan rangkaian acara dan challenge lainnya dengan total hadiah senilai lebih dari Rp 600.000.000 di www.indonesianextapps.com

Hak Cipta

Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.

Tipe Challenge

Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.

Submission

Anda dapat memasukkan sebanyak mungkin Aplikasi yang Anda miliki.

Sisa Waktu

Challenge Selesai

Jumlah pemenang
: 1 orang
Kuota pemenang
: 1 orang (sisa kuota: 0)
Follower
: 65 orang
...