Bluemix: Teknologi untuk Kesehatan Masyarakat

Bluemix: Teknologi untuk Kesehatan Masyarakat

Diselenggarakan oleh: IBM Indonesia
Hadiah:

10000

Pts
TERJAMIN

Deskripsi

Latar Belakang

Dalam kesehariannya, masyarakat sering memiliki kendala untuk melakukan beberapa hal. Salah satunya adalah informasi kesehatan dan informasi fasilitas kesehatan (faskes) yang minimum. Di zaman modern, semakin sedikitnya waktu yang tersedia membuat kita harus dapat mengakses informasi yang diperlukan pada waktu-waktu kritis dengan mudah dan cepat.


Solusi

Saat ini IBM mempunyai sebuah platform lengkap yaitu IBM Bluemix, di dalamnya terdapat micro services yang dapat digunakan untuk membangun solusi dengan cepat. Anda dapat menggunakan Bluemix untuk berbagai macam project diantaranya : Infrastructure, Compute, Mobile, Network, Storage, Data & Analytics, Internet of Things, DevOps. Security, Aplication Services, Mobile, dan Integrate.

Dukungan data diberikan oleh masing-masing kota, misalnya Jakarta yang membuka Smartcity API di http://api.jakarta.go.id dapat juga memenfaatkan data yang dianggap relevan di http://data.go.id. API ini dapat digunakan untuk menarik data rumah sakit dan faskes yang tersedia serta beberapa informasi samping lainnya (kemacetan, cctv, dll) yang dapat membantu masyarakat di saat-saat kritis.


Kriteria Penilaian

  • Menggunakan salah satu layanan IBM Bluemix Platform
  • Kualitas, keutuhan, keunikan solusi, serta pemanfaatan (kombinasi & integrasi) layanan yang tersedia pada IBM Bluemix Platform (misalnya natural language classifier, push notifications, cloudant, cloudfoundry backend, visual recognition, dll).
  • Jenis service yang digunakan wajib dicantumkan dalam bagian komentar pengumpulan
  • Aplikasi atau game yang dibuat harus harus fokus untuk membantu masyarakat dan memiliki salah satu fitur berikut ini:
  • Menemukan Fasilitas Kesehatan Terdekat
  • Menemukan Lokasi Rumah Sakit / Fasilitas Gawat Darurat terdekat
  • Mengantri faskes (membuatkan sistem antrian) dan notifikasinya
  • Memberikan informasi antrian (misalnya jumlah antrian per hari secara rata-rata, dan antrian pada hari tersebut, berapa orang terlayani, dsb)
  • Menyebutkan Bluemix Service yang anda gunakan di bagian about/credit pada aplikasi/games
  • Produk harus dapat dijalankan/diaplikasikan dan dapat berjalan di platform Android, iOS, atau Web (boleh salah satu).
  • Solusi dapat digabungkan dengan platform, hardware, sensor, dan lain-lain
  • Untuk Aplikasi Mobile, produk harus sudah publish di Google Play Store atau App Store pada saat challenge berakhir.
  • Untuk anda, developer yang tidak memiliki akun Google Play Store dapat mempublish aplikasi melalui Dicoding Store sebelum tanggal 26 April 2017 pk 23.00
  • Aplikasi yang diikutsertakan belum pernah memenangkan challenge Bluemix sebelumnya.


Sumber Daya Pengembangan


Artikel Bluemix

  • Belajar Menganalisa Karakter Seseorang dengan IBM Bluemix Watson Personal Insights
  • Membangun Aplikasi Android dengan IBM MobileFirst Services Starter
  • Belajar Menganalisis Sentimen Netizen dengan IBM Bluemix Twitter Insights
  • Belajar Membangun Flow Aplikasi Internet of Things dengan IBM Bluemix Node-RED
  • Belajar Menggunakan Layanan IBM Bluemix Cloudant NoSQL
  • Belajar Merekomendasikan Produk dengan Layanan IBM Bluemix Tradeoff Analytics


IBM Website resources

  • https://www.ibm.com/watson/developercloud/
  • https://github.com/watson-developer-cloud/
  • Community based channel : http://stackoverflow.com/questions/tagged/ibm-watson-cognitive
  • https://developer.ibm.com/watson/


Penjurian

  • Juri terdiri dari tim IBM Indonesia.
  • Keputusan juri adalah final.
  • Bobot penilaian terbesar adalah keunikan dari aplikasi yang dibuat.


Hadiah

  • 1 Aplikasi terbaik akan mendapatkan 10,000 point dicoding
  • Pemenang berkesempatan untuk bekerja sama dengan IBM Indonesia dalam pengembangan produk (termasuk membuka source code apabila diperlukan, atau membuat library/API yang dapat menjembatani pembuat aplikasi lain)


Fasilitas Pendukung

Seluruh follower challenge ini dapat menggunakan Fasilitas coworking di Dicoding Space, Jl. Batik Kumeli 50 Bandung selama periode challenge.

Hak Cipta

Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.

Tipe Challenge

Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.

Submission

Anda dapat memasukkan sebanyak mungkin Aplikasi yang Anda miliki.

Challenge Selesai

Jumlah pemenang
: 1 orang
Kuota pemenang
: 1 orang (sisa kuota: 0)
Follower
: 52 orang