Bluemix: Selamatkan Lingkungan Hidup dengan Teknologi

Bluemix: Selamatkan Lingkungan Hidup dengan Teknologi

Diselenggarakan oleh: IBM Indonesia
Hadiah:

10000

Pts
TERJAMIN

Deskripsi

2016111512311885286360c7e63b19f0cf575224


Dalam asas Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, setiap orang memikul kewajiban dan tanggung jawab terhadap generasi mendatang dan terhadap sesamanya dalam satu generasi dengan melakukan upaya pelestarian daya dukung ekosistem dan memperbaiki kualitas lingkungan hidup.

 

Oleh karena itu bertepatan dengan peringatan Hari Sejuta Pohon – 10 Januari, dan Hari Peringatan Laut dan Samudera Nasional – 15 Januari, IBM Indonesia berinisiatif untuk menantang developer di tanah air untuk membuat sebuah produk digital (games/apps) berbasis mobile menggunakan IBM Bluemix Platform yang dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang lingkungan hidup. 

 

Solusi

Saat ini IBM mempunyai sebuah platform lengkap yaitu IBM Bluemix, di dalamnya terdapat micro services yang dapat digunakan unutk membangun solusi dengan cepat. Anda dapat menggunakan Bluemix untuk berbagai macam project diantaranya : Infrastructure, Compute, Mobile, Network, Storage, Data & Analytics, Internet of Things, DevOps. Security, Aplication Services, Mobile, dan Integrate.

 

Kriteria Penilaian

  • Kualitas, keunikan solusi, pemanfaatan layanan yang ada pada IBM Bluemix Platform.
  • Wajib menggunakan minimal satu service IBM Bluemix Platform, jenis service yang digunakan bebas dan dicantumkan dalam bagian komentar pengumpulan
  • Dapat mengkombinasikan dan mengintegrasikan satu atau beberapa layanan yang ada didalam IBM Bluemix Platform.
  • Aplikasi atau game yang dibuat harus harus fokus untuk membantu masyarakat memahami kewajibannya melestarikan lingkungan hidup di Indonesia.
  • Mencantumkan logo Bluemix pada splash screen ataupun bagian about/credit pada aplikasi/games
  • Produk harus dapat dijalankan/diaplikasikan dan dapat berjalan di platform Android atau iOS (salah satu).
  • Solusi dapat digabungkan dengan platform, hardware, sensor, dan lain-lain
  • Produk harus sudah publish di Google Play Store atau App Store pada saat challenge berakhir.
  • Untuk anda, developer yang tidak memiliki akun Google Play Store dapat mempublish aplikasi melalui Dicoding Store  sebelum tanggal 10 Januari 2017 pk 23.00


Rekomendasi Topik :

  • Pelestarian biota laut
  • Edukasi terkait sejutapohon dan flora/fauna pada umumnya
  • Perlindungan flora/fauna yang hampir punah
  • Pengenalan keanekaragaman hayati
  • Pengolahan limbah dan daur ulang
  • Regulasi Pengelolaan sampah
  • Pengendalian asap dan kualitas udara
  • Komunitas atau jejaring warga untuk penyelamatan lingkungan
  • Komunitas / sistem untuk memberikan masukan dan apresiasi serta komunikasi kepada pengelola di lingkungan sekitar, bisa kepada RT/RW, atau pihak pengelola apartemen / pihak pengelola perumahan

 

Sumber Daya Pengembangan


Artikel Bluemix :

  • Belajar Menganalisa Karakter Seseorang dengan IBM Bluemix Watson Personal Insights
  • Membangun Aplikasi Android dengan IBM MobileFirst Services Starter
  • Belajar Menganalisis Sentimen Netizen dengan IBM Bluemix Twitter Insights
  • Belajar Membangun Flow Aplikasi Internet of Things dengan IBM Bluemix Node-RED


Penjurian

  • Juri terdiri dari tim IBM Indonesia.
  • Keputusan juri adalah final.
  • Bobot penilaian terbesar adalah keunikan dari aplikasi yang dibuat.


Hadiah

  • 5 Aplikasi terbaik akan mendapatkan 10,000 point dicoding


Fasilitas Pendukung

  • Seluruh follower challenge ini dapat menggunakan Fasilitas coworking di Dicoding Space, Jl. Batik Kumeli 50 Bandung selama periode challenge.


FAQ

  • Bagaimana memperpanjang trial bluemix?
    • Untuk rekan-rekan yang berstatus civitas akademik, baik siswa/i, mahasiswa/i maupun bapak/ibu dosen pengajar, dapat mengusulkan diri untuk mendapatkan trial IBM Bluemix selama 12 bulan dengan mengirim softcopy Kartu Rencana Studi yang masih aktif bersama dengan identitas. Info lebih lanjut dapat diklik di link berikut https://ibm.onthehub.com/WebStore/OfferingDetails.aspx?o=b46379bb-0463-e611-9420-b8ca3a5db7a1

    • Untuk selain akademisi, bisa menggunakan akun bluemix trial (baru) atau memasukkan informasi kartu kredit.

  • Bagaimana mensubmit app/game via akun playstore saya sendiri?
  • Apakah kalau pada saat deadline aplikasi saya belum published di playstore/appstore dapat diikutkan?
    • Tidak. Aplikasi/games harus sudah publish di playstore/appstore pada saat deadline challenge.
  • Jika saya ada mengupload di Dicoding Store dan ingin mengupdate aplikasi/games saya, apakah prosedur yang harus saya lakukan?
    • Lakukan proses update pada menu Developers -> Dicoding Store -> Daftar Submission
    • Reupload bundel baru dan tunggu verifikasi admin (2x24 jam)
  • Jika saya mengupload bundel baru / update di Dicoding Store setelah batas upload 10 Januari 2017, apa yang akan terjadi?
    • Bundel Aplikasi/games baru/update yang diupload di Dicoding Store akan ditolak oleh Admin

Hak Cipta

Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.

Tipe Challenge

Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.

Submission

Anda dapat memasukkan sebanyak mungkin Aplikasi yang Anda miliki.

Challenge Selesai

Jumlah pemenang
: 1 orang
Kuota pemenang
: 1 orang (sisa kuota: 0)
Follower
: 92 orang