Indiesche Partij x Bekraf Challenge 2016

Indiesche Partij x Bekraf Challenge 2016

Diselenggarakan oleh: Indiesche Partij Platform:
Hadiah:

50

Pts
TERJAMIN

Deskripsi

2016061412364288f5471651fb069d9b9d396b58

INDIESCHE PARTIJ Merupakan gerakan inisiatif kolektif swadaya game developer independen Indonesia yang bekerja sama memberikan ruang bagi karya-karya terbaik mereka untuk bisa hadir ditengah khalayak umum.

Indie Game merupakan ujung tombak inovasi dan kreatifitas industri game. Berbeda dengan perusahaan game besar yang bersifat korporasi, indie game developer merupakan tim kecil yang sangat lincah dan berani berinovasi menciptakan game-game yang sangat unik. Hal ini agak sulit dilakukan oleh korporasi karena berbagai perhitungan bisnis. Komunitas Indie Game sangat militan dan gigih, terbukti dengan kehadiran mereka di hampir seluruh event game development yang diadakan di Indonesia. Mereke terbukti haus akan kesempatan mensosialisasikan karya mereka. Pada gelaran Indonesia Indie Game Festival (IN.Game) 2016 di Yogyakarta, setidaknya 57 game developer indie Indonesia hadir dari berbagai kota di Indonesia dengan semangat menampilkan karya mereka di depan khalayak umum.

Sejak 2014, indie game developer Indonesia selalu berhasil membawa pulang penghargaan dan berbagai nominasi dalam event internasional Indie Prize yang diadakan di Singapura. Lebih dari 9000 anggota Facebook Group, lebih dari 100 indie game studio, 8 komunitas regional yang aktif berkegiatan membuktikan bahwa geliat pergerakan Indie Game di Indonesia semakin nyata.

Permasalahan 
Untuk mengikuti Event konsumer besar yang mempertemukan antara kreator dan konsumen pada umumnya membutuhkan biaya yang relatif besar. Mahalnya biaya yang diperlukan untuk dapat berpameran di event konsumer mengakibatkan tidak banyak indie developer yang bisa ikut serta, dan hasil yang didapatkan para indie game developer tidak maksimal karena mereka hanya bisa mendapatkan booth kecil yang tidak cukup mampu menarik perhatian sebagian besar pengunjung. Selama ini, perjuangan game developer independen tersebut masih dalam skala yang relatif kecil dan terkesan sporadis. Padahal, banyak karya yang mereka hasilkan berkualitas, unik, inovatif dan sangat berpotensi di pasar internasional. Ketimpangan ini jelas dapat membuat “api semangat yang dulunya berkobar tinggi akhirnya perlahan redup dan hilang”.

Solusi 
Lalu bagaimana caranya untuk menyedot atensi yang cukup besar dibandingkan dengan booth-booth perusahaan besar lainnya? Sederhana, kita kumpulkan “api-api” kecil tersebut di satu tempat untuk membuat “api” yang besar. Kita pusatkan perjuangan kawan-kawan yang tadinya bersifat sporadis menjadi satu perjuangan yang sifatnya masif. Kita bersatu untuk mengokupasi booth besar, berhimpun, bekerja bersama membuat suatu area terpadu dengan identitas yang kuat untuk menghadirkan karya-karya terbaik game developer independen Indonesia.

Bekerjasama dengan Bekraf dan Dicoding, kali ini Indiesche Partij akan menyeleksi 8 Game yang akan dipamerkan pada acara Popcon Asia 2016 (12-14 Agustus 2016) di JCC

Syarat Peserta: 

  • Studio Game/Developer yang mendaftarkan gamenya belum pernah menerima investasi
  • Peserta sanggup untuk ikut serta dalam Pop Con Asia 2016 secara full 12-14 Agustus 2016.
  • Pada bagian comment masukan link video 3 menit tentang game play game kalian (bukan trailer). contoh video gameplay  yang baik :  https://youtu.be/ZgQLs4kWGMI
  • Pada bagian comment masukan tanggal rilis/target rilis game kalian.


Kriteria penilaian :

  • Kualitas Game yang disubmit (keunikan, sosial impact, grafis, teknis dll). 
  • Urgency atas kebutuhan showcase.
  • Keaktifan/kebermanfaatan dalam komunitas lokal.
  • Kemampuan Crowd Gatherer (membuat keramaian). 
  • Prestasi karya sebelumnya.


8 Game yang terpilih akan mendapatkan kesempatan untuk berpameran di booth Indiesche Partij x Bekraf pada Popcon Asia 2016 (12-14 Agustus 2016) di JCC

Fasilitas yang disediakan untuk masing-masing studio

  • Booth di Pop Con Asia 2016 dengan ukuran 1.5 x 3 meter 
  • Meja & Kursi
  • Layar LCD 
  • Free pass untuk 2 orang 
  • 5,000 XP dicoding

Semua akomodasi dan transportasi ditanggung oleh peserta sendiri.



Hak Cipta

Hak Cipta terhadap tiap Aplikasi yang memenangkan Challenge ini tetap menjadi milik Developer.

Tipe Challenge

Challenge ini dapat diikuti oleh semua Aplikasi, sesuai dengan kriteria yang berlaku.

Submission

Anda hanya dapat memasukkan maksimal 1 Aplikasi.

Sisa Waktu

Challenge Selesai

Jumlah pemenang
: 8 orang
Kuota pemenang
: 8 orang (sisa kuota: 0)
Follower
: 43 orang
...