Gagal menampilkan sertifikat
Klik untuk Melihat Ukuran Penuh
Farhan Rafly Fahrezi Saepulloh

ID
MEPJ5DWVJP3V

Diberikan pada
May 11, 2021

Berlaku sampai
May 11, 2024


Bagikan sertifikat:

Belajar Dasar Visualisasi Data

Belajar Dasar Visualisasi Data

Disusun oleh: Dicoding Indonesia
Level: Dasar

20200630231109ea310101adf60c7606b1243c48be4177.png

Kelas ditujukan bagi pemula yang ingin memulai karirnya di bidang pengolahan data dengan mengacu pada standar kompetensi industri. Di akhir kelas, siswa dapat membuat sebuah visualisasi data yang efektif menggunakan Google Sheets sesuai teknik praktik terbaik industri, sehingga meningkatkan nilainya dalam berkarier sebagai Software Developer.

Materi yang dipelajari:

  • Pendahuluan : Pengenalan tentang definisi visualisasi data, media visualisasi data, tools dalam visualisasi data, dan konteks data. (1 jam 39 menit)
  • Persiapan Data Pra-Visualisasi : Pengenalan tentang tools aplikasi spreadsheet menggunakan Google Sheets mulai dari navigasi hingga fungsi-fungsi yang bisa digunakan untuk mengolah data.  (8 jam 14 menit)
  • Transformasi Data ke Visual : Cara untuk mengubah data menjadi bentuk grafik, kesalahan umum dalam visualisasi data, pentingnya dokumentasi data, bagaimana cara bercerita dengan data, dan praktek terbaik dalam visualisasi yang efektif seperti prinsip Gestalt, konsep Preattentive Attributes, dan konsep teori desain. (4 jam 29 menit)
  • Penutup : Bagaimana visualisasi data digunakan dalam dunia pemrograman sehingga terlihat jelas langkah berikutnya yang dapat ditempuh siswa. (1 jam 7 menit)

Evaluasi Pembelajaran:

  • Ujian akhir kelas

Total jam yang dibutuhkan untuk menyelesaikan kelas ini, mulai dari persiapan kelas sampai evaluasi belajar, adalah 16 jam.