Tips Kirim Mengirim Data Antar Fragment

Halo, semua! Apakabar hari ini? Sudah siap belajar? Jika sebelumnya dicoding tips membahas tentang kirim mengirim data antara activity dan fragment, sekarang kita membahas kirim mengirim data antar Fragment. Nah sebelum itu, aplikasi yang akan di contohkan di sini merupakan upgrade  atau modifikasi dari contoh sebelumnya (Tips Kirim Mengirim Data Antara Activity dan Fragment), jadi bagi kamu yang baru bergabung, silahkan di lihat dulu ya J

Gimana, sudah siap projeknya? Oke kita mulai ya. Karena disini kita akan mengsimulasikan perpindahan data antar Fragment dan di contoh sebelumnya baru ada satu Fragment, jadi buat dulu ya Fragment keduanya. Disini nama Fragment keduanya “SecondFragtry” seperti biasa create blank fragment. Sebentar kalian ngerasa aneh ga dengan penamaan class-nya kenapa “Fragtry”? Sebenernya itu singkatan dari “Fragment Try” ya cuman iseng-iseng writer aja sih hehe… Semoga tidak mengurangi semangat dalam belajar di sini.

Fragment kedua sudah di buat, mari kita modifikasi tampilan Fragment pertama “Fragtry” sebagai berikut :

1

Selanjutnya giliran tampilan Fragment kedua yang kita sesuaikan :

2

Sejauh ini masih aman? Yuk kita beralih untuk konfigurasi kelas Fragmentnya. Dimulai dari Kelas Fragment yang sudah ada sebelumnya “Fragment pertama (Fragtry)”. Sesuaikan code-nya sebagai berikut:

Di situ saat fragment di buat, kita tambahakan code untuk menangkap pesan dari activity dan juga dari fragment kedua jika ada. Setelah itu tambahkan pula aksi pada button yang berfungsi untuk mengirim data (pesan) ke Fragment kedua, disini nama button-nya “btn_SendtoFragment”. Konsepnya hampir mirip dengan transaksi data antar Activity, ataupun antara Activity ke Fragment seperti yang telah di bahas sebelumnya. Jadi tinggal di sesuaikan saja.

Kita lanjut modifikasi kelas Fragment kedua (“SecondFragtry”), modifikasi code kelasnya sebagai berikut :

Perhatikan baik-baik ya, disitu kelas Fragment kedua mengecek apakah ada pesan yang masuk atau tidak ketika Fragment 2 di panggil. Setelah itu, terdapat pula aksi untuk mengirim kembali pesan ke Fragment 1. Sejauh ini konsepnya sama, dan jika dijalankan di device, hasilnya seperti ini :

photo6091564460109047749 photo6091564460109047750 photo6091564460109047747 photo6091564460109047748

Nah, gimana mudah kan? Ini hanya contoh kecil untuk mensimulasikan perpindahan data antar Fragment, sisanya bisa kita explore sendiri, atau kalau mau lebih mudah belajarnya langsung aja yuk cek akademinya Dicoding di link berikut ini Dicoding Academy Belajar Membangun Aplikasi Android Native (www.dicoding.com/academies/26).

Mungkin cukup sekian dicoding tips kali ini, sampe jumpa di tips kami selanjutnya. Oh ya, satu hal lagi jika ada kritik atupun saran, jangan sungkan untuk menyampaikannya ya.

Selamat belajar !

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

"If you wanna know about me? Just ask my friends. If you won't ask them, just be one and you'll know." - @dhahedda