Tips Kirim Mengirim Data Antara Activity dan Fragment

Jumpa lagi kita di dicoding tips. Kali ini kita akan memberikan tips tentang mengirim data dari activity  ke fragment dan begitupun sebaliknya. Kalau ibarat berkendara sih, Pulang Pergi hehe..

Oke, seperti biasa pastikan Android Studio kalian dalam keadaan prima dan kalian sudah meng-create projek yang akan kita eksekusi. Di sini kebetulan nama projeknya “Latihan Fragment”. Oh iya karena disini kita membahas tentang kirim mengirim data antara Fragment dan Activity, pastikan juga kita sudah membuat Fragmentnya. Sudah siap semua? Langsung kita create tampilan-tampilannya dulu.

Tampilan Activity:

1

Tampilan pada Fragment :

2

Tampilannya sudah ada, sekarang mari kita ngode eh ngoding maksudnya hehe..
Coba cek kelas Activity nya, kita modifikasi code nya seperti di bawah ini :

3

Perhatikan code yang di highlight biru, di situ kita meng-create dan mengirim data ke fragment kita dari Activity.

Kita lanjut ngodingnya ya, sekarang giliran kelas Fragment. Sesuaikan codenya seperti di bawah ini:

4

Nah kalau disini yang di highlight itu untuk menangkap data yang telah kita kirim sebelumnya dari Activity. Untuk membalas pesan ke Activity kita set di method onClick pada button SEND.

Selesai sudah, coba di run aplikasinya 🙂

5678

Akhirnya bisa juga kan kirim mengirim data antar activity dan fragment. Kalian bisa explore lebih di kelas  Dicoding Academy Belajar Membangun Aplikasi Android Native (www.dicoding.com/academies/26), materi nya dibuat oleh Google Developer Expert Indonesia loh, terus kalian juga bisa tanya-tanya perihal Android Studio disana.

Oke, selamat belajar, semoga bermanfaat, dan jangan lupa pastinya nantikan tips kami selanjutnya.

 

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

"If you wanna know about me? Just ask my friends. If you won't ask them, just be one and you'll know." - @dhahedda