Soca Bandung: Platform Pelaporan dan Promosi untuk Meningkatkan Partisipasi Warga menuju Tata Kelola Perkotaan yang Lebih Baik

Melihat pentingnya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam tata kelola perkotaan, Madina Technologies bersama Konsep.NET dengan dukungan penuh dari Alumni ITB 74, Telkom, dan Telkomsel meluncurkan Soca Bandung, sebuah aplikasi pada telepon seluler yang dapat digunakan oleh warga untuk melaporkan persoalan-persoalan yang mereka temui sekaligus mengajak masyarakat untuk secara aktif mempromosikan keunikan dan daya tarik kota Bandung dengan fitur jurnalisme foto kreatif pada aplikasi tersebut.

soca

Soca, yang dalam Bahasa Sunda berarti “mata”, merupakan aplikasi yang dibangun untuk mengoptimalkan daya tanggap penyelenggara pemerintahan melalui laporan pandangan mata masyarakat. Dua fitur utama pada aplikasi ini adalah pelaporan warga (citizen reporting) dan promosi kota oleh warga (citizen marketing).

 

“Fitur pelaporan memberikan warga kesempatan untuk menyampaikan laporan pandangan mata atas berbagai persoalan yang terjadi di masyarakat,” ungkap Ramadhan Bachtiar, Chief Design Officer Madina Technologies, “Pengguna dapat memanfaatkan aplikasi Soca untuk mengambil foto, menjelaskan secara singkat permasalahannya, memilih kategori pelaporan, dan posting laporan tersebut melalui aplikasi ini.”

 

Beberapa kategori pelaporan yang bisa dipilih antara lain banjir, tindak kriminal, jalan rusak, kebakaran, kemacetan, lampu jalan yang rusak, pelanggaran, pengemis, pohon, pungutan liar (pungli), dan sampah. Data lokasi pengirim juga terekam dengan GPS (global positioning satellite) sehingga menjamin akurasi data dan tempat pelaporan.

 

Laporan warga di Soca akan langsung masuk ke Bandung Command Center sehingga kami sebagai penyelenggara pemerintahan kota dapat mengetahui secara real-time apa saja dan dimana saja persoalan yang dihadapi warga. Hal ini akan sangat memudahkan kami dalam menanggapi masalah secara lebih cepat, tepat, dan optimal.

 

Selain masuk ke sistem Bandung Command Center, pelaporan warga melalui aplikasi Soca juga langsung terintegrasi dengan aplikasi LAPOR milik Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) sehingga akan mendapat perhatian baik di tingkat lokal maupun nasional.

 

Keunikan dari Soca Bandung adalah pengguna dapat menambahkan doodles pada foto sehingga bisa membantu identifikasi secara akurat titik permasalahan yang perlu ditangani. Selain itu, pengguna juga dapat memilih untuk memposting laporan secara publik atau pribadi untuk menjaga kerahasiaan identitas dan isi laporan apabila terkait masalah-masalah yang bersifat sensitif.

 

Tak hanya melaporkan masalah, melalui Soca warga juga diajak untuk aktif mempromosikan keindahan dan daya tarik kota Bandung. Dengan menggunakan fitur promosi pada aplikasi tersebut, warga dapat mengunggah dan memposting foto-foto seputar tempat wisata, peristiwa, olahraga, dan kuliner di kota Bandung. Pengguna juga dapat menambahkan stiker, bingkai, dan efek pada foto yang diunggah.

 

“Kami ingin agar warga kota Bandung memiliki wadah untuk mengekspresikan berbagai keunikan yang ada di kotanya,” ungkap Mico Wendy, CEO Konsep .NET, “Hal ini akan mendorong promosi pariwisata kota Bandung secara organik melalui word-of-mouth marketing.”

 

Kedua fitur yang tersedia pada aplikasi Soca Bandung, yaitu pelaporan warga dan promosi kota oleh warga, diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam tata kelola perkotaan yang baik (good governance). Dengan Soca Bandung, warga tak perlu lagi bersusah payah untuk melaporkan persoalan-persoalan yang ada di sekitarnya. Cukup dengan mengunggah dan memposting foto, warga Bandung bisa langsung terhubung kepada Bapak Walikota dan Bandung Command Center untuk lebih mengoptimalkan daya tanggap pihak penyelenggara pemerintahan.

 

“Kami berharap dengan adanya Soca Bandung akan memupuk rasa silih asah, silih asih, dan silih asuh pada masyarakat Sunda,” jelas Hadi Alatas, CTO Madina Technologies, “Sekaligus membangun rasa kepemilikan atau sense of ownership terhadap kota Bandung dengan adanya kemudahan bagi warga untuk terlibat langsung dalam melaporkan, mengawasi, dan mempromosikan keindahan kota yang kita cintai bersama.”

 

Saat ini Soca Bandung sudah tersedia bagi pengguna telepon seluler dengan sistem operasi Android dan Windows. Pengguna dapat mengunduh aplikasinya secara gratis di Google PlayStore atau Windows Phone Store dan segera memanfaatkan fitur lapor dan promosi yang tersedia pada aplikasi tersebut.

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Data Scientist at Dicoding Indonesia (Google Associate Cloud Engineer, Intel Software Innovator)