“Sertifikat DBSF Coding Camp Menunjang Karier Saya"

“Sertifikat DBSF Coding Camp Menunjang Karier Saya”

Cerita Iqbal Biondy, Mahasiswa Universitas Brawijaya yang Merasa Sertifikat Keikutsertaan DBS Foundation Coding Camp 2023 Dapat Menunjang Kariernya

Untuk dapat memberikan yang terbaik pada segala hal yang kita lakukan, kita perlu lebih dulu memahami tujuan kita. Hal ini juga dilakukan oleh Iqbal Biondy (21), Mahasiswa Universitas Brawijaya, yang bercita-cita untuk menjadi seorang talenta digital.

Menjadi orang pertama di keluarga yang bisa berkuliah, Iqbal selalu memastikan bahwa apa yang dilakukannya pada hari ini akan menunjang tujuannya di masa depan. Karena cita-citanya adalah menjadi seorang ahli di bidang teknologi, Iqbal membekali diri dengan ilmu-ilmu yang diperoleh dari program DBS Foundation Coding Camp 2023. Ia memahami betul pentingnya memiliki sertifikat keikutsertaan program DBS karena itu dapat menunjang kariernya di dunia digital kelak.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Berasal dari Keluarga Sederhana dengan Semangat Luar Biasa

Lahir dan besar di Batam, Iqbal merupakan putra kedua dari empat bersaudara dengan sepasang orang tua yang luar biasa. Ibu Iqbal merupakan seorang pedagang sembako yang membuka usahanya di rumah dan ayahnya bekerja dengan membantu usaha tersebut. Terkadang, untuk mendapatkan penghasilan tambahan, ayah Iqbal bekerja sebagai buruh angkut barang.

Meski merupakan keluarga sederhana, kedua orang tua Iqbal selalu memberikan yang terbaik agar Iqbal dan saudara-saudaranya dapat memperoleh pendidikan yang layak. Oleh karenanya, untuk bisa menyejahterakan keluarganya kelak, Iqbal selalu bersungguh-sungguh dalam mengejar cita-cita, terlebih saat ia menyadari bahwa menjadi seorang ahli teknologi adalah cita-citanya sejak duduk di bangku SMP.

“Minat saya di bidang IT tumbuh saat saya sering dimintai tolong untuk membantu Guru TIK (Teknologi, Informasi, dan Komunikasi) saya memasang jaringan di sekolah. Akhirnya, setelah lulus SMP, saya yang kurang paham tentang jurusan IPA-IPS di SMA biasa, memutuskan untuk lanjut ke SMK, tepatnya di SMKN 1 Batam,” ujar Iqbal.

Di SMKN 1 Batam, Iqbal belajar di jurusan Teknik Komputer Jaringan. Keputusannya untuk bersekolah di lembaga kejuruan tidak hanya dilatarbelakangi oleh minatnya di bidang teknologi, tetapi juga didorong oleh keinginannya untuk segera bekerja setelah lulus. Ia ingin bisa segera membantu kedua orang tuanya menopang kebutuhan keluarga. Namun, Iqbal memikirkan ulang keputusan tersebut saat ia mulai melakukan praktik kerja lapangan di sebuah perusahaan.

Mengenyam Pendidikan Lebih Tinggi agar Lebih Siap Mengejar Mimpi

Pada penghujung masa belajarnya di SMK, Iqbal melaksanakan kewajibannya untuk melakukan praktik kerja lapangan. Saat itu, ia mendapatkan kesempatan untuk menjadi seorang Method Engineer di PT Schneider Electric Manufacturing Batam, sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang elektrik. Di sana, salah satu tugas Iqbal adalah mempersiapkan data barang yang ada di gudang untuk keperluan produksi.

Saat menjalankan perannya di perusahaan tersebut, Iqbal sempat disemangati oleh salah satu mentornya untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Di situ, Iqbal memahami bahwa mengenyam pendidikan lebih tinggi dapat membuka lebih banyak kesempatan baginya untuk “bersinar” di masa depan. Selain itu, berkuliah juga dapat menempa Iqbal menjadi lebih siap untuk mengejar mimpinya.

Akhirnya, berbekal semangat untuk menjadi seorang talenta teknologi, Iqbal mendaftarkan diri ke Universitas Brawijaya, jurusan Pendidikan Teknologi Informasi. Prestasi Iqbal yang gemilang selama di SMK membuatnya berhasil diterima di universitas ini pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang mempertimbangkan nilai rapor.

“Diterima di Universitas Brawijaya membuat saya resmi menjadi orang pertama di keluarga besar Bapak & Ibu yang berkuliah. Bapak & Ibu berharap saya bisa sukses mengejar impian saya untuk bisa mengangkat derajat keluarga kelak,” tuturnya.

Demi mengejar mimpi tersebut, Iqbal pun terbang dari Batam ke Malang dengan berbekal restu dan dukungan kedua orang tuanya.

Sertifikat Keikutsertaan DBS Foundation Coding Camp 2023 Membantu Iqbal Berkarier sebagai DevOps Engineer Intern

Saat kehidupannya di Universitas Brawijaya dimulai, Iqbal menjadi seorang mahasiswa yang semangat menuntut dan berbagi ilmu. Saat memasuki tahun kedua, Iqbal mulai mengambil peran sebagai seorang Asisten Praktikum yang mengajar berbagai mata kuliah, seperti Pemrograman Dasar, Sistem Operasi, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Iqbal sempat berkontribusi pada unit kegiatan keagamaan di kampus dengan menjadi Ketua Umum Unit Mahasiswa Masjid Raden Patah. Semua aktivitasnya ini ia jalankan semata-mata untuk membentuknya menjadi pribadi yang bermanfaat bagi sesama.

Di tengah kesibukannya sebagai seorang Asisten Praktikum, suatu hari, Iqbal menemukan informasi mengenai program DBS Foundation Coding Camp 2023. Info tersebut dilihatnya di laman Instagram Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Mengetahui program ini memiliki alur belajar Back-End dan DevOps serta dapat memberikannya sertifikat keikutsertaan di akhir program, Iqbal tertarik untuk ikut serta. Ini karena ia menaruh minat untuk mendalami DevOps.

Setelah berhasil menjadi salah satu peserta program, Iqbal merasakan pengalaman belajar yang menyenangkan selama di DBS Foundation Coding Camp. Ini karena program tersebut membekali Iqbal dengan berbagai wawasan yang dapat melengkapi ilmu yang ia peroleh dari kampus. Selain itu, Iqbal juga terdorong untuk menjadi pribadi yang lebih disiplin dalam menentukan kecepatan belajar.

“Belajar di DBS Foundation Coding Camp 2023 membuat saya memahami alur kerja seorang DevOps Engineer. Akhirnya, berbekal pengalaman belajar ini dan sertifikat keikutsertaan program DBS, saya berhasil diterima di tempat saya bekerja sekarang.”

Sertifikat keikutsertaan program DBS Foundation Coding Camp 2023 membantu Iqbal untuk menjadi bagian dari myECO Indonesia. MyECO Indonesia adalah sebuah perusahaan teknologi penghemat listrik berbasis IoT yang berada di Malang, Jawa Timur. Sebagai DevOps Engineer Intern, Iqbal bertugas untuk membuat CI/CD yang berkaitan dengan aplikasi yang ada di IoT perusahaan tersebut. Iqbal merasa sangat beruntung bisa menjadi bagian dari startup ini karena ia merasa bahwa startup membuka kesempatan belajar yang lebih luas dibandingkan dengan korporat.

5 Tips Sukses Menjadi Talenta Teknologi dari Iqbal

Kepada para calon talenta digital yang ingin mengikuti jejaknya agar sukses memulai karier di dunia digital, Iqbal membagikan kelima tips berikut.

1. Tentukan Tujuan Lebih Dulu

Agar apa yang kita lakukan jadi lebih terarah, Iqbal menyarankan untuk menentukan tujuan terlebih dahulu. Jika tujuan tersebut sudah ditentukan, kamu hanya perlu memastikan bahwa segala hal yang kamu lakukan di hari ini dapat mengantarmu pada tujuan tersebut.

“Contohnya adalah karena saya ingin jadi DevOps Engineer, maka saya memutuskan ikut DBS Foundation Coding Camp 2023 karena sertifikat keikutsertaan programnya sangat penting.”

2. Lakukan Manajemen Waktu

Meski apa pun yang kita lakukan baiknya dapat menunjang cita-cita kita di masa depan, tentu 24 jam dalam hidup kita tidak hanya didedikasikan untuk belajar dan bekerja.

“Kita pun perlu istirahat, tidak hanya belajar dan bekerja. Jadi, pastikan kamu melakukan manajemen waktu untuk belajar, bekerja, dan beristirahat dengan baik.”

3. Komitmen pada Diri Sendiri

Menurut Iqbal, komitmen kuat pada diri sendiri membuat kita bisa menjadi pribadi yang konsisten mencapai tujuan.

“Komitmen pada diri sendiri itu perlu karena satu-satunya orang yang akan memetik hasil dari kerja keras kita adalah kita sendiri, bukan orang lain.”

4. Sempatkan Waktu untuk Berbagi Ilmu

Iqbal meyakini bahwa cara terbaik untuk belajar adalah dengan mengajar.

“Selain itu, kita bisa membuat ilmu yang kita peroleh jadi lebih bermanfaat dengan menebarkannya pada banyak orang. Makanya saya senang menjadi Asisten Praktikum di kampus.”

5. Selesaikan Apa yang Telah Dimulai

Iqbal sadar bahwa banyak orang rupanya belum konsisten untuk menyelesaikan apa yang telah mereka mulai.

“Pastikan kamu menyelesaikan apa pun yang telah kamu mulai agar usaha yang kamu lakukan selama ini berhasil mendekatkanmu dengan apa yang ingin kamu capai.”

Ikuti jejak Iqbal untuk menjadi talenta teknologi dengan karier menjanjikan. Mulai langkahmu di DBS Foundation Coding Camp 2023 dengan mendaftar langsung di sini! Daftar sekarang dan jadilah seorang talenta digital unggulan masa depan!


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.