Rahasia Hidup Mudah Web Developer dengan CMS Plugin

Rahasia Hidup Mudah Web Developer dengan CMS Plugin

Sudah cape buat aplikasi keren, eh, ternyata banyak fitur yang masih kurang.

Meme

Source: Pinterest

Yakin mau ngoding dari awal?

Hold on … Hold on …

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Agar hidupmu semakin mudah, mending simak penjelasan berikut agar dapat mengurangi beban yang perlu kamu pikul. Hihihi

First thing first, mungkin secara tidak sadar kamu adalah penikmat plugin ketika menggunakan aplikasi pemutar musik sehingga memungkinkan kamu mendengarkan musik di situs web atau ketika kamu menggunakan peta, plugin tersebut membantu kamu dapat melihat peta dan mendapatkan petunjuk arah di situs web tersebut.

Thanks to plugin later~

Apa Itu Plugin

Plugin adalah komponen perangkat lunak yang bertindak sebagai tambahan dan memberikan fungsionalitas ke program komputer atau browser web, baik pada PC (personal computer), laptop, atau smartphone sekalipun. Tujuannya adalah untuk memperluas kemampuan aplikasi tersebut.

Perhatikan analogi berikut.

Kamu memiliki sebuah mobil baru yang sangat bagus. Ibaratnya mobil tersebut adalah program utama dan fungsinya cukup untuk berkendara sehari-hari.

Analogi tentang plugin

Image by Freepik

Namun, sebagai pecinta mobil, kamu tentu ingin menambahkan fitur-fitur lain agar lebih menarik dan memudahkan dalam berkendara. Contohnya seperti menambahkan GPS. Alat tersebut bisa dikatakan sebagai plugin navigasi. Kemudian, menambah sistem audio sebagai plugin hiburan.

Nah, ternyata konsep ini juga ada loh di platform Content Management System (CMS) seperti WordPress dan Joomla.

Plugin WordPress

Setelah pembahasan dan analogi di atas, kamu pasti masih penasaran, bukan, apa saja jenis yang sering digunakan?

Sini … Sini …

For your information, nih … Bahwa 43.2% di internet menggunakan WordPress termasuk plugin-nya. Sejauh ini, total yang dimiliki oleh WordPress, sebanyak 59.445 plugin. WOW!

Sungguh banyak, bukan? Sudah pasti dengan adanya plugin yang kamu tambahkan akan mempermudah hidupmu ke depannya.

Nah, di bawah ini adalah beberapa dari sekian banyak jenis plugin yang dimiliki oleh WordPress.

Jenis-Jenis Plugin Fungsi
SEO Mengoptimalkan SEO (search engine optimization) website.
Keamanan Berfungsi untuk melindungi website kamu dari serangan siber.
Backup Menghalau kehilangan data penting di dalam website.
Anti Spam Mengantisipasi komentar kurang menyenangkan dari pengunjung website.
Booster Kecepatan Website Membantu kecepatan muat website dalam mencari hal yang dibutuhkan. Hal ini juga berkaitan dengan masalah SEO, yakni apabila SEO belum maksimal, sulit bagi website untuk menampilkan yang kamu butuhkan.

Cara Menggunakan dan Jenis Lainnya

Nah, tujuan menambahkan plugin adalah tentunya untuk mempermudah hidupmu. Sebelum benar-benar menjalani hidup yang mudah, kamu perlu tahu terlebih dahulu hal berikut. Bagaimana sih caranya agar kita sebagai engineer dapat menggunakannya dengan mudah?

Eiitsss … Sebelum kamu instal plugin pada dashboard, perhatikan hal-hal berikut. 

  1. Pastikan kamu sudah memilih plugin yang memiliki reputasi baik. 
  2. Pastikan ia kompatibel dengan platform kamu, jangan menginstal terlalu banyak karena akan memperlambat kinerja platform kamu. 
  3. Terakhir, backup platform kamu sebelum menginstalnya.
  4. Jangan lupa terus perbarui.

Oh iya, hindari hal-hal berikut sebelum kamu menginstal sebuah plugin.

  1. Menambahkan yang tidak diperlukan.
  2. Menginstal dari sumber yang tidak tepercaya.

Nah, setelah mengetahui hal-hal di atas, satu hal lagi yang perlu kamu ketahui agar mampu mempermudah hidupmu ke depannya, yaitu plugin terpopuler yang bisa kamu coba!

  1. Yoast SEO
    Plugin ini dapat membantu mengarahkan lebih banyak traffic pada search engine. Ia sangat cocok ketika kamu memiliki website dan ingin berada pada peringkat yang lebih tinggi di search engine karena ini membantu kamu dapat membuat keyword yang tepat.
  2. WooCommerce
    Membantu kamu dalam membuat toko online dengan fitur yang lengkap. Sangat cocok untuk kamu yang ingin membantu UMKM go digital atau bahkan ingin membuka bisnis.
  3. Contact From 7
    Plugin ini berhubungan dengan kontak yang terintegrasi dengan website kamu. Contact From 7 dapat membantu kamu dalam membuat halaman kontak, lalu mengumpulkan data pengunjung, memberikan rating website-mu dan masih banyak lagi.
  4. Google Site Kit
    Kamu pengguna Google? Sini … sini …
    Plugin Google ini mampu memberikan kamu insights tentang cara orang menemukan dan menggunakan situsmu, cara meningkatkan kualitas, serta memonetisasi konten dengan beberapa Google tools.
  5. Elementor
    Untuk kamu yang ingin membuat halaman website dengan mudah dan menarik, Elementor ini sangat cocok karena mampu membantu dalam membuat halaman interface hanya dengan drag and drop saja.
  6. All in One SEO Pack
    Kehadiran SEO sangat penting untuk menunjukkan eksistensi website-mu, selain yang telah disebutkan sebelumnya, All in One SEO Pack ini mampu membantu kamu dalam menemukan peluang SEO hanya dalam 10 menit saja.
  7. WPForms
    Sering membuat formulir untuk riset atau survey secara manual untuk mengembangkan website kamu? Tidak perlu lagi! Karena WPForms ini bisa membantu kamu dalam membuat semua jenis formulir untuk kebutuhanmu hanya dengan drag and drop saja, lho.
  8. WP Headers and Footers
    Pernah mengalami sudah buat website rapi, eh, ternyata harus memasukkan kode tambahan, menyesuaikan CSS, dan aksi-aksi bahaya lainnya? Tenang … WP Headers and Footers dapat membantu kamu lebih mudah dalam melakukan tambahan-tambahan tanpa harus menyentuh tema yang telah dibuat.
  9. Astra Pro
    Astra adalah plugin yang dapat membantu dalam merancang website dengan templat yang telah disediakan. Cocok untuk kamu sebagai web developer pemula agar membuat website bisa lebih cepat.
  10. Jetpack Boost
    Jetpack Boost dapat membantu kamu dalam membantu menganalisis juga meningkatkan kecepatan dan kinerja situs yang telah dibuat. Hasilnya dapat kamu gunakan untuk analisis ke depannya agar dapat menjadi situs yang lebih baik.

Simsalabim … Platform kamu akan semakin mudah digunakan dengan bantuan plugin di atas. Jangan lupa! Sesuaikan dengan kebutuhanmu, ya!

 

Matahari terbenam di ufuk barat,
Perlahan menghilang kan sinarnya.
Senang berbagi ilmu denganmu sahabat,
Sampai jumpa di blog selanjutnya.


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.