Blog_7_September_Apa_Itu_Wordpress_Pengertian_Kelebihan_dan_Kekurangan

Apa Itu WordPress? Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan

Kata WordPress sudah tidak asing lagi bagi seorang blogger ataupun developer. Platform CMS (content management system) untuk pembuatan website ini terkenal dengan fitur yang memudahkan pengguna pemula dan terbukti sudah digunakan 43% website yang ada di dunia. Salah satu CMS yang digunakan blog Dicoding pun dari WordPress.

Data tersebut terlihat dari WordPress yang menjadi pilihan utama bagi masyarakat untuk membuat website. Bahkan, perusahaan-perusahaan besar pun mempercayakan platform CMS ini, seperti TIME, Spotify, Microsoft, dan Walt Disney. Nah, apa sih yang membuat banyak orang memilih CMS yang satu ini? 

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas tentang apa itu WordPress dan fungsi-fungsinya. Jadi, simak penjelasanya sampai habis, ya!

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Apa Itu WordPress? 

WordPress adalah open-source Content Management System (CMS) yang merupakan tools populer untuk seseorang yang ingin membangun website dan blog, bahkan tanpa perlu memiliki basic programming. Platform CMS ini tidak memerlukan biaya apa pun sehingga kamu dapat menginstal, menggunakan, dan memodifikasinya secara gratis.

Content Management System (CMS) yang dibagun WordPress menggunakan bahasa pemrogramam PHP dan database MySQL. Dengan WordPress, pengguna baru dapat mengelola website tanpa perlu memahami teknis bahasa pemrograman, hal itu pun yang membuat para pemula dapat dengan mudah membuat website, bahkan dalam hitungan menit.

Salah satu poin penting penyebab banyaknya pengguna memilih WordPress adalah karena platform ini memiliki interface yang user-friendly dan intuitif. Walaupun pada umumnya WordPress digunakan untuk blogging, tetapi WordPress juga bisa membuat website untuk e-commerce, profil perusahaan, portofolio, membership site, dan masih banyak lagi.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Tunggu dulu, sebelum membuat website dengan WordPress, kamu harus tahu dulu perbedaan antara WordPress.org dan WordPress.com. Hal ini yang sering membingungkan para pengguna baru karena kedua platform itu memiliki fungsi yang berbeda. Yuk, kita cari tahu bedanya!

  • WordPress.org
    WordPress.org atau yang sering disebut dengan self-hosted WordPress adalah platform WordPress yang bersifat open-source dan gratis serta dapat diinstal di host web kamu sendiri untuk membuat website menjadi 100% milikmu.
  • WordPress.com
    Lain halnya dengan WordPress.com yang merupakan layanan berbayar dan didukung oleh software WordPress.org. Platform ini mudah digunakan, tetapi kamu akan kehilangan banyak fleksibilitas, mulai dari fitur hingga resource WordPress yang di-hosting sendiri.

Ketika sebagian besar orang awam mengatakan ingin menggunakan WordPress, biasanya yang mereka maksud adalah WordPress.com karena tidak perlu memikiran web hosting ataupun domain. 

Namun, WordPress.org yang di-hosting sendiri juga merupakan pilihan terbaik jika kamu ingin membuat website milikmu sendiri. Hal yang dapat kamu lakukan untuk memulai WordPress self-hosted adalah membeli web hosting dan nama domain.

Mengenal Fungsi Apa Saja yang Ada di WordPress?

Pada umumnya platform WordPress ini digunakan sebagai CMS untuk membuat berbagai jenis website. Ini dia beberapa contoh fungsi WordPress yang sering digunakan.

Blog

Umumnya orang menggunakan WordPress untuk membuat blog pribadi mereka. Terutama untuk pengguna baru yang tidak perlu memahami bahasa pemrograman yang rumit. Selain itu, di WordPress terdapat berbagai macam fitur, seperti posting, tag, dan kategori yang memudahkan pengguna untuk membuat sistem konten.

Website Portofolio Profesional

Di platform ini, kamu dapat menemukan berbagai tema untuk portofolio profesional. Nggak heran kalau WordPress dijadikan pilihan oleh para fotografer, penulis, illustrator, atau para pekerja seni lainnya untuk menampilkan merek pribadi mereka di platform ini. Kamu juga dapat memilih tema dengan galeri bawaan, atau kamu dapat menginstal plugin untuk carousel dan slider portofolio.

Website Bisnis

WordPress bisa jadi pilihan terbaik untuk kamu yang mempunyai usaha kecil dan menengah, tetapi ingin mempunyai website bisnis yang profesional. Di platform ini, kamu dapat memilih template yang sesuai keinginanmu dan menyesuaikannya sesuai dengan bisnis kamu. Dengan WordPress, kamu dapat mengintegrasikan dan mengembangkan bisnismu melalui plugin untuk SEO, pengambilan prospek, analitik, dan masih banyak lagi.

Website Toko Online

WordPress bisa menjadi pilihan terbaik untuk membuat toko online. Dengan plugin e-commerce seperti WooCommerce, kamu dapat membuat toko online yang kaya akan fitur, seperti mengelola produk, pembayaran, pengembalian dana, pengiriman, dan masih banyak lagi.

Situs Membership

WordPress mendukung plugin untuk membuat situs membership. Fungsi WordPress ini cocok untuk kamu yang ingin memonetisasi dengan membatasi konten premium hanya untuk anggota. Di sini, kamu dapat mengelola pembayaran, menyiapkan level anggota, dan memantau pendaftaran.

Kelebihan dari CMS WordPress

Berikut beberapa poin yang menjadi kelelebihan WordPress sehingga membuat pengguna tetap setia pada platform CMS yang satu ini.

Biaya Hemat

WordPress dapat langsung digunakan secara gratis. Kamu hanya perlu membeli domain dan berlangganan layanan hosting.

Tersedia Banyak Plugin

Ribuan plugin yang tersedia di WordPress akan membantu kamu untuk memaksimalkan semua fungsi yang kamu inginkan di website agar lebih fungsional. Salah satu plugin yang populer di WordPress adalah WooCommerce.

Mudah Digunakan

Kamu tidak perlu memahami bahasa pemrograman untuk mengelola website di WordPress. Selain itu, UI WordPress terkenal user-friendly dan intuitif sehingga kamu bisa langsung menulis ataupun menyunting postingan tanpa ribet.

SEO-friendly

Setelah membangun website, tentu saja kamu ingin orang menemukan dan mengunjungi website kamu. Namun, untuk itu kamu harus menjadi peringkat atas di mesin pencarian Google dengan cara melalui pengoptimalan mesin SEO Google. Dengan plugin SEO yang terdapat di CMS WordPress, seperti Yoast SEO, kamu dapat meningkatkan peringkat website dengan saran tautan internal dan template deskripsi meta.

Memiliki Banyak Pilihan Design

Selain menyediakan ribuan plugin, WordPress juga menyediakan berbagai macam tema design yang bisa dipakai. Kamu dapat memilih tema dan tampilan sesuai dengan kebutuhan website. Ada banyak design dan niche yang WordPress miliki mulai dari tema tentang ekonomi, kesehatan, makanan, pendidikan, dan masih banyak lagi.

Open-source

WordPress adalah platform open-source yang berarti siapa pun dapat memodifikasi kode sumber dan mendistribusikan ulang software. Hal tersebut dirancang bagi orang-orang yang ingin menyumbangkan ide-ide mereka untuk meningkatkan platform.

Komunitas yang Besar

WordPress sekarang menjadi CMS yang paling popular sehingga komunitasnya pun besar dan tersebar di berbagai sosial media. Bila kita menemukan kendala atau ingin bertanya seputar website, sekarang tersedia banyak tutorial ataupun komunitas baik secara lokal maupun yang tersebar di internet. 

Kekurangan dari CMS WordPress

Selain kelebihan yang ditawarkan WordPress, tentunya pasti masih ada kekurangannya. Berikut beberapa kekurangan dari WordPress dan cara mengatasinya.

  • Tingkat Keamanan Rendah
    WordPress menjadi sasaran peretasan karena lebih dari 43% website yang ada di dunia ini dibuat di WordPress. Jadi amankanlah website yang kamu buat dengan menginstal plugin keamanan.
  • Kecepatan Loading yang kurang optimal
    Seiring penggunaan WordPress, kamu akan menginstal banyak plugin yang dapat memperlambat kecepatan loading website. Namun tenang, kamu bisa menaikkan kecepatan loading website dengan menginstal plugin cache.

Contoh Website yang Menggunakan WordPress

Sudah banyak perusahaan-perusahaan yang mempercayakan pembuatan websitenya menggunakan CMS WordPress, di antaranya sebagai berikut.

  • Microsoft
    WordPress Microsoft
    Microsoft menggunakan WordPress untuk mendukung blog resminya. Selain itu, Microsoft juga menggunakan WordPress untuk blog dalam produk tertentu, seperti Windows dan Skype.
  • TIME
    WordPress Time Magazine
    Bagi penggemar majalah sudah tidak asing lagi dengan TIME. TIME menggunakan WordPress untuk meng-update berita dari berbagai negara yang ada di dunia dalam website mereka.
  • Walt Disney
    WordPress Walt Disney
    Perusahaan entertainment ternama Walt Disney menggunakan WordPress untuk website mereka. Di website ini, pengguna dapat melihat informasi mengenai berita, misi, atau informasi investor perusahaan.

Nah, jadi itu dia rangkuman dari pengenalan apa itu WordPress dan apa saja fungsinya. CMS Website ini merupakan solusi termudah untuk kamu yang ingin mencoba membuat website.

Apakah kamu pernah menggunakan CMS ini? Jika pernah, jangan sungkan untuk berbagi pengalamannya di kolom komentar, ya!


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Beasiswa Kelas Pemrograman

Dapatkan beragam informasi terbaru mengenai beasiswa dan informasi menarik lainnya melalui Newsletter Dicoding. Subscribe sekarang!