Mind Mapping Adalah: Manfaat dan Cara Membuatnya

Mind Mapping Adalah: Manfaat dan Cara Membuatnya

Apakah kamu pernah mendengar istilah mind mapping? Dalam dunia kerja mind mapping dapat digunakan untuk menyampaikan informasi penting dengan cara penyampaian yang lebih sederhana dan menarik. Lain halnya dalam bidang pendidikan, mind mapping digunakan oleh para pelajar atau mahasiswa sebagai sarana pembelajaran. Namun, apa sih mind mapping itu? Mind mapping adalah proses penggambaran alur dari suatu ide ke dalam bentuk visual. Mari kita cari tahu lebih dalam lagi seperti manfaat dan cara membuatnya.

Mind mapping adalah

Mind mapping adalah suatu proses untuk menggambarkan alur dari suatu konsep atau ide ke dalam bentuk visual yang lebih mudah untuk dipahami. Bentuk visual yang disusun dalam mind map dapat membantu kamu dalam mengatur beragam informasi baru yang diterima. Kamu dapat mengelompokkannya menjadi suatu tema besar dan sub-tema.

Tema besar adalah inti pembahasan dari mind map, sementara sub-tema adalah bagian pendukung untuk melengkapi tema besar.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Setelah tema besar telah ditentukan, mind map dapat digunakan untuk menjabarkan secara jelas dan detail hal-hal yang berhubungan dengan tema. Dengan begitu kamu dapat lebih mudah untuk memahami konsep dari tema secara menyeluruh.

Dalam bidang pendidikan, mind mapping digunakan oleh para siswa saat belajar menjelang ujian. Hal tersebut mereka lakukan supaya dapat memahami dan menerima pembelajaran dengan maksimal. Karena tujuan utama dari mind mapping adalah agar individu yang menggunakan teknik ini dapat menyerap materi secara menyeluruh dan tidak bergantung pada teknik menghafal saja.

Manfaat mind mapping

Dengan menggunakan teknik mind mapping kamu dapat merasakan manfaatnya secara langsung. Berikut adalah beberapa manfaat dari mind mapping:

  1. Meningkatkan daya ingat
    Dengan membuat mind mapping akan memudahkanmu untuk mengingat dan menemukan gambaran dari sebuah informasi secara utuh. Kamu tidak perlu lagi khawatir akan kehilangan atau melupakan suatu poin penting dari sebuah informasi atau konsep yang sudah kamu pelajari, karena seluruh informasi telah terkumpul menjadi satu dalam satu mind map.

  2. Menjadi lebih produktif
    Manfaat dari mind mapping selanjutnya adalah memudahkan kamu dalam mengatur berbagai tugas. Kamu dapat memprioritaskan terlebih dahulu tugas mana yang harus dikerjakan lalu menetapkan tujuan yang harus kamu capai.

    Ketika semuanya sudah kamu ketahui, kamu dapat menyusun dan mengatur kamu sebaik mungkin. Dengan begitu kamu akan menjadi lebih produktif dan lebih tertata dalam mengerjakan segala hal.

  3. Meningkatkan kreativitas
    Dalam pembuatan mind mapping kamu dipastikan akan membuat cabang-cabang berdasarkan tema yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Ketika merancang mind map, kamu pasti ingin membuatnya terlihat menarik dan juga mudah untuk dipahami. Oleh karena itu kamu dapat menghias mind map yang kamu buat dengan mewarnai cabang-cabangnya atau dengan menambahkan gambar yang masih berhubungan dengan tema.

    Saat proses tersebut berlangsung, proses tersebut merangsang kerja dari otak kanan manusia. Karena itu manfaat yang dapat diperoleh dari mind mapping adalah dapat meningkatkan kreativitas setiap penggunanya.

  4. Membantu proses pembelajaran
    Manfaat dari mind map yang terakhir adalah membantu kamu dalam proses pembelajaran. Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, penggunaan mind mapping ini dapat membantu kamu dalam proses pembelajaran dengan maksimal.

    Mungkin saat awal kamu membuat mind mapping kamu akan merasa kesulitan untuk menghubungkan setiap konsep baru dengan konsep yang sudah ada sebelumnya. Tetapi setelah mind map selesai kamu akan lebih mudah untuk memahami konsep-konsep yang ada. Oleh karena itu mind mapping dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran kamu menjadi lebih mudah dan tidak membosankan.

Cara membuat mind mapping

Pada dasarnya membuat mind map sangat mudah, kamu bisa membuatnya dengan aplikasi mind mapping, atau kamu bisa membuatnya secara manual dengan menggunakan kertas ataupun papan tulis.

Untuk kamu yang ingin coba membuat mind map, berikut langkah-langkah dalam membuat mind mapping.

  1. Siapkan alat yang digunakan
    Yang harus pertama kali kamu lakukan dalam membuat mind map adalah menyiapkan alat yang akan digunakan. Untuk membuat suatu mind map kamu dapat menggunakan secarik kertas yang berukuran besar, papan tulis, dan karton sebagai media membuat mind map, selain itu siapkan juga alat tulis dan keperluan lainnya. Saya sarankan media yang digunakan berbentuk landscape agar lebih memudahkan kamu dalam membuat mind map. Kamu juga dapat membuat mind map menggunakan aplikasi yang banyak disediakan.

  2. Tentukan tema mind map
    Langkah selanjutnya, kamu harus menentukan konsep atau tema inti yang akan menjadi pembahasan utama dari mind map kamu. Tempatkan pembahasan tersebut di tengah-tengah kertas ya, hal itu bertujuan untuk memudahkan kamu dalam mengembangkan konsep dan membuat cabang lain.

  3. Tentukan sub-tema nya
    Selanjutnya setelah kamu menentukan tema inti, kamu juga harus menentukan sub-tema yang nantinya akan dihubungkan dengan garis cabang.Dalam pembuatan sub-tema, usahakan untuk tidak membuat garis cabang yang berbentuk lurus. Hal itu bertujuan agar mind map yang kamu buat tidak terlihat kaku dan lebih mudah untuk kamu dalam memahami konsepnya.

  4. Gunakanlah warna yang menarik
    Langkah keempat gunakanlah warna yang menarik. Kamu bisa menggunakan warna yang menarik untuk membuat mind map, kamu dapat menggunakan pensil atau spidol warna. Gunakanlah warna yang berbeda untuk setiap topiknya.

    Tapi perlu diingat penggunaan warna ini harus disesuaikan, jangan sampai karena kamu salah memberi warna kamu jadi kesulitan dalam membaca mind map yang sudah kamu buat.

  5. Tambahkan gambar
    Langkah terakhir adalah menambahkan gambar ke dalam mind map. Selain menggunakan warna, kamu juga dapat menggunakan gambar. Gambar juga mampu membantu otak kamu dalam menginterpretasikan berbagai tema yang sudah kamu buat. Gambar yang digunakan dapat berupa simbol atau gambar yang masih berkaitan dengan tema.

Kesimpulan

Jadi itulah penjelasan tentang mind mapping. Bagaimana apakah kamu tertarik untuk membuat mind map kamu sendiri? Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan loh dari membuat mind map. Mind mapping juga cocok untuk diterapkan di segala bidang dan oleh semua umur, dapat digunakan oleh pelajar, mahasiswa, dan karyawan. Jadi tunggu apa lagi, mulailah gunakan metode mind mapping untuk mempermudah kamu memahami konsep secara menyeluruh.

Mind Mapping Adalah: Manfaat dan Cara Membuatnya – end

Baca juga artikel pilihan berikut ini :

  1. Apa itu Activity Diagram? Beserta Pengertian, Tujuan, Komponen
  2. Contoh Use Case Diagram Lengkap dengan Penjelasannya
  3. Apa Itu Programmer? Hal-Hal Yang Wajib Dikuasai

Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!