Mengenal apa itu IT Peluang Karier yang Menjanjikan

Mengenal Apa Itu IT: Peluang Karier yang Menjanjikan

Pendahuluan

IT (information technology) saat ini telah menjadi bagian penting dalam kehidupan kita. Disadari atau tidak, kita telah bergantung pada teknologi informasi dalam setiap aspek kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari ponsel yang bisa kita gunakan untuk memesan ojek online untuk berangkat kerja sampai memesan makanan siang, hingga komputer yang bisa kita gunakan untuk bekerja sampai menonton film di aplikasi streaming favorit. 

Dengan perkembangannya yang begitu pesat, sedikit banyak IT telah mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia. Namun, bukan hanya bisa menggunakan atau menjadi konsumen saja dari produk-produk IT, kita juga bisa terlibat langsung bahkan mengembangkan karier menjadi ahli di bidang IT.

Pada blog ini, kita akan menyelam lebih dalam apa yang dimaksud dengan IT, mengapa ini adalah bidang yang menjanjikan, dan bagaimana cara untuk memulai karier di bidang teknologi informasi.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Apa Itu IT?

Sebelum lebih jauh membahas seperti apa peluang dan seberapa menjanjikan karier di bidang IT, ada baiknya kamu mengenal apa itu IT. IT adalah singkatan dari information technology atau dalam bahasa Indonesia disebut teknologi informasi. Ini adalah istilah yang mencakup berbagai aspek terkait komputer, perangkat keras, perangkat lunak, sistem jaringan, sampai database untuk menyimpan, memproses, dan mentransfer informasi.

Mengapa Bidang IT Begitu Menjanjikan?

Permintaan yang Tinggi

Sebagaimana yang sudah disinggung sebelumnya bahwa kehidupan saat ini tidak bisa lepas dari teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi bukan hanya tumbuh di kota-kota maju atau hanya di perusahaan-perusahaan besar. 

Mulai dari startup unicorn sampai UMKM, termasuk kaki lima pun kini sudah memanfaatkannya. Jika kamu pernah melihat penjual bakso pinggir jalan yang sudah menerima pembayaran dengan QRIS, itu adalah salah satu buktinya. 

Selain semakin banyaknya pihak yang menggunakan teknologi informasi, semakin tinggi pula permintaan pekerja di bidang IT. Misalnya saja, semakin banyak UMKM yang sadar akan kebutuhan adanya landing page atau website, semakin banyak juga kebutuhan akan web developer

Tentu itu hanya contoh kecilnya saja, di luar sana masih banyak permintaan di bidang IT lainnya sebagai software developer, hardware engineer, network engineer, database administrator, IT support, data analyst, dan masih banyak lainnya.

Gaji yang Kompetitif

Berbicara mengenai karier, tentu gaji adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. Mungkin itu juga yang menjadi salah satu pertimbangan kamu dalam memilih bidang untuk bekerja. Lalu, bukan rahasia umum lagi kalau berkarier di bidang IT memiliki gaji yang kompetitif. 

Menurut dataindonesia.id, gaji untuk seorang junior mobile developer pada tahun 2023 bisa berkisar antara Rp5,88–Rp20,57 juta. Meski pada realitanya tidak semua perusahaan menerapkan standar gaji yang sama, tetapi data tersebut menunjukkan adanya peluang untuk berkarier di bidang IT dengan gaji yang kompetitif. 

Mobilitas Karier

Karier di bidang IT seringkali memberi kamu fleksibilitas dalam hal mobilitas. Pergerakanmu tidak terbatas pada satu industri atau tipe perusahaan. Kamu juga bisa bekerja di berbagai sektor, mulai dari perbankan hingga perawatan kesehatan, dan dari startup hingga perusahaan raksasa teknologi.

Kemungkinan Kerja Mandiri

Bukan hanya bekerja di kantor, di bidang IT kamu juga bisa memilih untuk bekerja secara mandiri di mana saja. Kamu bisa menjadi seorang konsultan IT atau freelancer software developer. Jika kamu menyukai kebebasan untuk menentukan kapan harus bekerja, ini mungkin bisa jadi pilihan yang paling cocok. 

Dengan bekerja secara mandiri, kamu bisa mengontrol apa saja yang ingin kamu kerjakan. Namun meski begitu, bekerja secara mandiri tentu ada kekurangannya, salah satunya adalah pendapatan yang bisa jadi tidak pasti.

Tips untuk Memulai Karier di Bidang IT

Belajar Dasar-Dasar IT

Untuk mulai terjun berkarier di bidang IT, tentu kamu harus menguasai ilmu yang diperlukan. Kamu bisa mulai dari belajar konsep dasarnya, seperti perangkat keras, perangkat lunak, jaringan komputer, dan keamanan informasi. 

Kemudian bisa lanjut belajar spesifik dengan bidang IT yang ingin kamu tekuni. Jika kamu ingin menjadi seorang software engineer, kamu bisa mulai dari dasar pemrograman, struktur data, basis data, dan lainnya. 

Untuk memulai belajar, saat ini sudah sangat mudah. Selain dengan mengenyam pendidikan formal, kamu bisa belajar secara mandiri dari berbagai sumber di internet. Berbagai kursus atau tutorial begitu melimpah, mulai dari yang gratis hingga berbayar. 

Dicoding sendiri menyediakan banyak kelas dasar gratis yang bisa kamu coba, seperti kelas Memulai Pemrograman dengan C dan Memulai Pemrograman dengan Java.

Membangun Portofolio

Memiliki portofolio sangat penting jika kamu ingin berkarier di sebuah perusahan, baik startup maupun perusahaan yang sudah besar. Portofolio adalah salah satu bukti bahwa kamu sudah menerapkan dan memahami ilmu yang sudah dipelajari sebelumnya. Dengan kamu membangun portofolio, peluang kamu untuk dilirik oleh pemberi kerja akan lebih tinggi.

Kamu bisa mulai membangun portofolio dengan mengerjakan proyek atau aplikasi yang kamu sukai. Kemudian, jika sudah cukup percaya diri, kamu juga bisa mencoba freelance untuk mengerjakan aplikasi real world untuk menambah portofolio. Selanjutnya adalah terus mengembangkan kemampuan dengan berbagai proyek dan perbarui terus portofolio secara berkala.

Networking

Networking adalah proses membangun hubungan dengan orang lain. Networking bisa membantu kamu mendapatkan pekerjaan, mendapatkan informasi, dan mengembangkan karier.

Ada banyak cara untuk membangun jaringan di bidang IT. Berikut adalah beberapa tips.

  • Mengikuti konferensi dan acara.
  • Bergabung dengan komunitas baik offline maupun online.
  • Menjadi volunteer untuk suatu proyek.
  • Mengikuti kelas dan workshop.

Mencari Peluang Magang atau Internship

Salah satu cara yang sangat efektif untuk memulai karier dalam bidang IT adalah dengan mencari peluang magang atau internship. Magang atau internship adalah cara yang efektif untuk mendapatkan pengalaman praktis dalam dunia nyata, memperluas jaringan profesional kamu, dan mendapatkan wawasan yang berharga tentang cara bekerja di industri teknologi informasi. 

Penutup

Bidang IT adalah salah satu bidang yang paling menjanjikan dalam dunia pekerjaan saat ini. Permintaan yang tinggi, gaji yang kompetitif, dan kemungkinan terlibat dalam inovasi membuatnya sangat menarik bagi banyak orang.

Jika kamu memiliki minat dalam teknologi dan siap untuk berkomitmen dengan terus belajar, karier di bidang IT mungkin adalah pilihan yang tepat untuk kamu. Dengan ilmu yang sesuai, terus mengasah kemampuan, dan semangat untuk terus belajar, kamu bisa memulai perjalanan menuju karier yang sukses di dunia IT.


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.