Berkenalan Dengan Pemrograman Web

Berkenalan Dengan Pemrograman Web

Berkenalan Dengan Pemrograman Web – karya Fiska Sukma Esaputra, Intern Junior Content Writer di Dicoding.

Kegiatan mencari informasi di internet sudah sangat sering kita lakukan, terutama dengan semakin berkembangnya teknologi informasi seperti saat ini yang mempermudah kita untuk mencari informasi baru. Informasi tersebut disimpan dalam dokumen yang sering kita sebut halaman web. Tapi pernahkah terpikir bagaimana sebuah website dibuat? Mari berkenalan dengan pemrograman web.

Apa Itu Pemrograman Web?

Web Programming atau Pemrograman Web merupakan istilah yang erat kaitannya dengan internet dan website. Memang benar, karena pemrograman web merupakan suatu proses pembuatan website untuk keperluan internet. Orang banyak mengenal web dengan istilah WWW atau World Wide Web.

World Wide Web adalah halaman-halaman website yang terkoneksi satu dengan lainnya atau disebut juga dengan hyperlink yang membentuk samudera informasi yang berjalan dengan protokol HyperText Transfer Protocol (HTTP).

kenalan dengan pemrograman web

Bahasa Pemrograman Web

Dalam semua ilmu tentang pemrograman baik itu desktopmobile, game maupun software atau aplikasi lainnya pasti selalu ada bahasa-bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi tersebut yang berisi statement-statement, perintah, atau pun fungsi agar aplikasi yang dibuat sesuai dengan apa yang telah didesain oleh si programmer. Oleh karena itu pemrograman web pun memiliki banyak bahasa yang digunakan, di antaranya:

  • HyperText Markup Language (HTML)

HTML sebenarnya bukan sebuah bahasa pemrograman, melainkan markup language atau bahasa penandaan yang terdiri dari kumpulan tag. Pada dasarnya HTML hanya mendeskripsikan bahwa bagian tertentu dalam sebuah halaman web adalah isi yang harus ditampilkan oleh browser dengan cara tertentu. HTML merupakan standar internet yang didefinisikan dan dikendalikan oleh World Wide Web Consortium (W3C).

  • Cascading Style Sheet (CSS)

CSS merupakan bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dengan HTML. CSS juga digunakan untuk menambah desain-desain tertentu pada halaman web agar desain halaman menarik untuk dilihat. Penggunaan CSS paling umum adalah untuk mengatur halaman web yang ditulis dengan HTML atau XHTML.

  • Hypertext Preprocessor (PHP)

Bahasa pemrograman PHP merupakan salah satu bahasa scripting yang wajib dikuasai oleh seorang web developer. Karena sifatnya yang server-side scripting, maka untuk menjalankan bahasa pemrograman PHP tidak bisa hanya memanggil file yang berekstensi PHP saja. Bahasa pemrograman PHP memerlukan sebuah web server untuk menjalankannya. PHP juga dapat diintegrasikan dengan HTML, JavaScript, jQuery, Ajax dan lain sebagainya. Akan tetapi pada umumnya bahasa pemrograman PHP digunakan bersamaan dengan file yang bertipe HTML agar file tersebut dapat menjalankan berbagai fungsi.

  • JavaScript

JavaScript merupakan bahasa scripting yang berjalan pada sisi client. Maksudnya adalah pemrosesan script dilakukan sendiri pada komputer user. Biasanya JavaScript digunakan untuk membuat animasi-animasi dan bentuk interaktif lain pada halaman web. Terbukti dari banyaknya library-library JavaScript yang dapat digunakan oleh programmer untuk membuat halaman web yang dibuat menjadi lebih interaktif. Untuk menjalankan script yang ditulis dalam JavaScript, kita membutuhkan browser yang mendukung dan mampu menjalankan JavaScript atau sering disebut dengan javascript-enabled browser.

  • Structured Query Language (SQL)

SQL merupakan domain-spesific language yang digunakan untuk mengolah data dalam Relational Database Management System (RDBMS). Aplikasi RDBMS yang banyak digunakan oleh para programmer aplikasi web untuk mengolah basis data mereka adalah MySQL. Biasanya digunakan fungsi-fungsi dalam bahasa pemrograman PHP untuk membuat, membaca, mengubah atau pun menghapus data dalam SQL yang kemudian dapat ditampilkan pada halaman web.

Selain bahasa di atas, bisa dikatakan hampir semua bahasa pemrograman dapat digunakan dalam pemrograman web selama bahasa tersebut dapat bekerja dalam web server dan dapat menciptakan HTML, XML, dan XHTML. Beberapa bahasa pemrograman web yang populer di antaranya yaitu PHP, ASP.NET, Ruby on Rails, PERL, ASP classic, Python, dan JSP.

Berkenalan Dengan Bahasa Pemrograman Web

-end-

Artikel ini ditulis oleh Fiska Sukma Esaputra, Intern Junior Content Writer di Dicoding.

“Mau jadi suhunya coding? Yuk gabung di komunitas Dicoding.”

Belum kenal Dicoding? Kenalan dulu dong disini: https://www.dicoding.com/blog/ceritadicoding-story-of-dicoding/

Bikin aplikasi Android bisa dapat untung? Simak cerita Bintang Piaggi Putra berikut ini: https://www.dicoding.com/blog/jago-bikin-aplikasi-android/

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Intern Junior Content Writer di Dicoding