Hai, Gemini AI! Selamat Datang Ngoding Sat-Set di Android Studio!

Hai, Gemini AI! Selamat Datang Ngoding Sat-Set di Android Studio!

Hai, hai, halo, Android developers! Sebagai developer, menghafal baris per baris kode tentu bukanlah tugas kita, bukan? Tugas kita adalah mengetahui konsep dan cara implementasi kode untuk menghasilkan fitur yang diinginkan pengguna. Nah, kabar gembira untuk Android Devs, kini kita telah kehadiran Gemini AI dalam Android Studio yang dapat membantu pengembangan aplikasi Android kita menjadi lebih sat-set.

Gemini AI di Android Studio

Gemini, yang awalnya diperkenalkan dengan nama Studio Bot pada Mei 2023, menggunakan artificial intelligence sehingga dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar pengembangan aplikasi Android.

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

Gemini mampu membantu kita untuk menghasilkan kode, mencari sumber informasi yang relevan, belajar dari best practices yang ada, dan yang paling penting mempercepat dan menghemat waktu pengerjaan proyek.

Studio Bot nama sebelum Gemini AI

Memulai dengan Gemini AI dalam Android Studio

Oke, pasti sudah mulai penasaran, kan, bagaimana Gemini beraksi? Yuk, kita coba bersama.

  1. Pertama-tama, Gemini tersedia pada Android Studio versi Jellyfish ke atas. Seperti biasa, kita dapat mengunduhnya pada halaman dokumentasi resmi Android Studio berikut.
  2. Untuk menggunakan Gemini, bukalah atau buat sebuah proyek pada Android Studio. Tab Gemini akan tersedia pada bagian sidebar kanan. Tab Gemini AI di ASCatatan: Jika tab Gemini tidak ada, kita dapat secara manual membukanya melalui View → Tool Windows → Gemini. 
  3. Setelah itu, lakukan proses sign in akun Google Anda pada Android Studio yang kemudian diikuti otorisasi penggunaan Gemini. Jika berhasil, Gemini siap untuk kita gunakan, hore!Tab Gemini AI siap dipakai di Android Studio

Bertanya dan Mendapat Jawaban dari Gemini AI

Pasti sudah tidak sabar untuk mencobanya, bukan? Sebagai awalan, mari kita coba untuk menggunakan contoh prompt yang tersedia.

Bertanya ke Gemini AI dalam Android Studio

Wah, keren, ya. Kita langsung diberikan jawaban, lengkap beserta kode dan penjelasannya. Salah satu kelebihan dari penggunaan Gemini pada Android Studio adalah ia sudah secara bawaan diatur dengan konteks bahwa prompt yang akan diberikan pengguna adalah hal-hal yang terkait dengan pengembangan Android.

Kelebihan lainnya adalah Gemini mampu mengingat konteks dari percakapan yang sedang berlangsung sehingga kita dapat menanyakan pertanyaan lanjutan. Ini sangat membantu ketika kita sedang mengembangkan sebuah fitur. Oh, ya, apakah prompt-nya harus bahasa Inggris? Tentu tidak, dong! Yuk, kita coba tanyakan pertanyaan lanjutan dengan bahasa Indonesia!

Bertanya dengan Bahasa Indonesia

Penting untuk diingat, fitur Gemini AI dalam Android Studio masih pada tahap eksperimen sehingga inkonsistensi jawaban sering terjadi, terutama pada bagian kode yang dihasilkan. Selalu cek kembali kode yang dihasilkan oleh Gemini AI. 

Lebih lanjut, terkadang ada kode yang diblok oleh Gemini AI karena hasil respons yang diberikan tidak lolos pengujian sistem Gemini. Sebagai solusi, cobalah untuk mengubah prompt menjadi lebih jelas dan spesifik.

Prompt Gemini lebih spesifik

Ngomong-ngomong soal spesifik, respons yang diberikan Gemini AI menyesuaikan konteks dari proyek yang sedang kita buat untuk menghasilkan jawaban lebih baik. Kita dapat mengatur preferensi ini dengan membuka menu Settings → Tools → Gemini.

Context Awareness pada Gemini AI dalam AS

Code Completions dengan Gemini AI

Apa hanya dapat menjawab pertanyaan? Oh, tentu tidak. Gemini juga mampu menyediakan saran penyelesaian kode (code completions) yang sesuai dengan konteks jika kita mengizinkannya untuk membaca kode. 

Sebelum melihat bagaimana ia beraksi, kita aktifkan dulu fiturnya. Buka kembali Settings → Tools → Gemini, lalu klik Enable AI-based inline code completions.

Pengaturan Code Completions Gemini AI dalam AS

Catatan: Jika pada bagian Context Awareness Anda memilih opsi Ask to decide per project, klik dahulu Use context from this project agar bisa mengaktifkan fitur code completions.

Tanpa berlama-lama, mari kita coba langsung fitur ini!

Code Completions

Wah, canggih, ya! Tahu saja si Gemini AI, hal yang sedang kita ingin ketik, hehe.

Tips & Trik Menggunakan Gemini AI dalam Android Studio

Sama seperti tak lengkap kalau makan tanpa kerupuk, nah, tak lengkap juga rasanya kalau kita bahas tool tanpa tips & trik pemakaiannya. Apa saja itu? Cekidot!

  1. Gunakanlah bahasa yang jelas dan spesifik agar Gemini dapat memahami maksud dari pertanyaan kita. Jika Gemini belum bisa memahaminya, cobalah untuk memparafrasa pertanyaan tersebut atau pecah menjadi beberapa pertanyaan. 
  2. Jika riwayat percakapan tidak lagi relevan dengan hal yang ingin kita capai saat ini, misal seperti selesai satu fitur dan ingin mengerjakan fitur lain, reset percakapan dengan klik ikon tong sampah pada bagian kanan atas. Lalu, klik Yes pada popup yang muncul.Hapus Percakapan dalam Gemini AI
  3. “Ask Gemini” langsung dari kode. Ada fitur menarik, yakni kita dapat meminta Gemini untuk menjelaskan ataupun meminta saran perbaikan dari sebuah potongan kode. Bagaimana caranya? Blok potongan kode yang diinginkan, lalu klik kanan → Gemini → Explain Code/Suggest Improvements.
    Fitur Explain Code

    Fitur Explain Code di Gemini AI Android Studio

    Fitur Suggest Improvements

    Fitur Suggest Improvements di Gemini AI Android Studio

  4. Sebagai langkah perlindungan data, kita dapat mengontrol bagian mana dari basis kode (codebase) yang dapat dibaca oleh Gemini. Caranya dengan mendaftarkan bagian-bagian yang tidak ingin dibaca pada berkas .aiexclude. Selengkapnya dapat dibaca di sini.Berkas aiexclude agar Gemini AI tidak membaca semua kode pada proyek

Keuntungan Menggunakan Gemini AI dalam Android Studio

Nah, gimana? Keren, kan, Gemini AI di Android Studio? Dengan menggunakan Gemini, kita dapat merasakan keuntungan seperti berikut.

  1. Produktivitas yang Meningkat
    Pengembangan aplikasi menjadi lebih cepat dengan bantuan Gemini AI untuk membuat dan menyelesaikan kode (code completions). Waktu yang dipakai untuk mencari kode pada dokumentasi dan referensi lainnya dapat dikurangi.
  2. Kualitas Kode yang Lebih baik
    Dengan Gemini AI, kita dapat mengetahui best practices pengembangan aplikasi Android, lengkap beserta contoh kodenya. Lebih dari itu, ia juga mampu memberikan saran perbaikan kode sehingga dapat meminimalisir error pada aplikasi.
  3. Pengetahuan dan Pemahaman yang Ditingkatkan
    Gemini AI mampu menjawab pertanyaan yang diberikan dengan informatif sehingga kita tak hanya mendapatkan kode, tetapi juga mendapat penjelasan mengenai kode tersebut.

Penutup

Programmer yang akan survive di era AI adalah programmer yang menggunakan AI,” kutipan yang baru saya dengar akhir-akhir ini dari teman dan saya sangat setuju dengannya.

Pada era AI ini, programmer yang mampu beradaptasi dan memanfaatkan AI-lah yang akan bertahan dan menjadi terdepan. Sebagai Android developer, salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan Gemini AI di Android Studio.

Dengan menggunakan Gemini, kita bisa bertanya dan mendapatkan jawaban yang informatif, meningkatkan kualitas kode, dan pada akhirnya berdampak pada peningkatan produktivitas.

Sekian artikel kali ini. Yuk, langsung cobain Gemini AI di Android Studio, lalu bagikan, ya, pengalaman kamu menggunakannya di kolom komentar!

Referensi


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.