Game Sambung Kata: Mengasah Kemampuan Bahasa Indonesia Anda

Sebagai seorang yang merupakan bagian dari bangsa Indonesia, otomatis dong, bahasa Indonesia adalah bahasa sehari-hari masyarakat di Indonesia, tapi apakah kita yakin bahwa kita memiliki pengetahuan tentang kosakata yang luas dalam berbahasa Indonesia? Apalagi di jaman modern seperti sekarang ini, sering kita menulis menggunakan bahasa Indonesia dengan ejaan yang tidak benar. Benar pun tidak, apalagi sempurna :)Apakah kita benar-benar menguasai kosakata yang ada di dalam bahasa Indonesia? Game Sambung Kata karya developer game asal Jogja, Creacle Studio, akan menguji kemampuan berbahasa Indonesia kita.

Screen Shot 2015-03-13 at 2.23.37 PM

Game Sambung Kata merupakan permainan sederhana dimana kita diajak untuk membuat satu buah kata yang dimulai dengan potongan suku kata terakhir dari kata sebelumnya. Contohnya jika di awal diberikan kata “Teknologi”, maka kita harus membuat kata dengan suku kata awal “Gi” misalkan “Gigih” atau “Girang.”

Screenshot_2015-03-10-16-24-00

Di dalam game ini kita hanya boleh mengetik kata dasar. Kata imbuhan tidak akan dihitung sebagai kata yang tepat. Perbendaharaan kata kita akan diuji dengan menemukan kata baru dalam waktu sepuluh detik. Jika kita mengulang kata yang pernah digunakan maka itu tidak akan dihitung sebagai jawaban yang benar. Apabila waktu habis dan kita belum menemukan jawaban, maka permainan akan berakhir.

Ada dua mode yang bisa dimainkan di dalam game ini. Kita bisa bermain melawan komputer yang bernama Bung Kata atau bermain sendiri untuk menyambung potongan kata yang sudah kita buat sebelumnya.

Tak hanya menambah wawasan kata, di dalam game Sambung Kata setiap kata yang benar akan diberikan juga definisinya menurut kamus bahasa Indonesia. Ini bisa jadi fitur yang akan menambah kekayaan kosakata yang kita miliki.

Screenshot_2015-03-10-16-24-20

Satu fitur yang menurut penulis cukup menarik untuk ditambahkan di dalam game ini adalah fitur untuk bertanding melawan teman kita. Saat ini kita hanya punya pilihan untuk bertanding melawan komputer. Apabila kita bisa bermain sambung kata dengan teman kita, apalagi kalau bisa secara real time, tentu akan membuat game ini jauh lebih seru lagi.

Game sambung kata ini telah tersedia secara gratis di Google Play. Download dan mainkan game menarik ini!

 

Sambung Kata adalah salah satu peserta Mobile Games Developer Challenge Professional yang diadakan oleh Dicoding bersama Intel Indonesia.

Disclaimer : Artikel review diambil dari Trenologi dengan perubahan seperlunya.

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Data Scientist at Dicoding Indonesia (Google Associate Cloud Engineer, Intel Software Innovator)