Fitur-fitur Terbaru di Android 13

Fitur-fitur Terbaru di Android 13

Android merupakan salah satu sistem operasi perangkat mobile yang paling sering digunakan dengan perkembangan list versi Android yang selalu update dari tahun ke tahun. Pada tahun 2022 ini, Android merilis juga versi terbarunya, yaitu Android 13.

Android 13 atau dikenal dengan Android Tiramisu diumumkan di Google IO 2022 dan dirilis beberapa bulan kemudian pada Agustus dengan menampilkan penyempurnaan dalam desainnya, peningkatan notifikasi, dan masih banyak lagi.

Nah, dalam artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana sih fitur-fitur terbarunya? Yuk, simak artikel di bawah ini sekarang!

💻 Mulai Belajar Pemrograman

Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.

Daftar Sekarang

 

Fitur-fitur Android 13 

1. Otomatis Penghapusan Riwayat Clipboard

Android 13 kali ini meningkatkan perlindungan data pribadi penggunanya untuk mencegah akses yang tidak diinginkan ke clipboard kamu. Jadi, jika saat kamu menyalin data-data yang sensitif, seperti email, nomor telepon, maupun kredensial login, dalam jangka waktu tertentu Android akan secara otomatis menghapus riwayat tersebut.

2. Permission untuk Notifikasi

Sistem Android 13 akan membantu menjaga privasi notifikasi kamu. Dalam fitur ini, aplikasi yang kamu unduh sekarang harus meminta izin secara eksplisit dari pengguna untuk dapat mengirimkan notifikasi. 

fitur android permission notifikasi

3. Peningkatan Kualitas Audio

Audio pada versi Android 13 ini dirancang dengan mengadopsi Bluetooth Low Energy (LE) yang dapat menghasilkan latensi lebih rendah daripada audio klasik. Peningkatan ini memungkinkan kamu dapat mendengar audio yang lebih sinkron dengan sumber suaranya dan juga mengurangi delay suara.

Selain itu, dengan peningkatan kualitas audio di Android 13 ini dapat mendukung multi-stream antara beberapa perangkat bluetooth secara bersamaan. 

4. Opsi Bahasa per Aplikasi 

Preferensi bahasa di setiap aplikasi pada Android 13

Karena banyak pengguna yang berbicara lebih dari satu bahasa, Android menambahkan fitur baru ini. Fitur ini dapat memudahkan pengguna untuk menggunakan berbagai bahasa pada setiap aplikasinya. 

Kamu dapat menetapkan sistem operasi ponselmu dengan satu bahasa dan bahasa yang berbeda di setiap aplikasinya.

5. Kostumisasi Material You

Material You Android 13

Android 13 mendukung kamu untuk dapat mengkustomisasi tampilan dan gaya tema ponsel. Kamu dapat mengeksplor ikon Material You dengan dukungan dari pihak ketiga selain Google.

Material You ini merupakan bahasa desain Google yang baru diperkenalkan pertama kali saat Android 12. Bahasa desain ini memungkinkan kamu untuk dapat mengekstrak warna dari bagian ponselmu sehingga kamu dapat mempersonalisasi tema ponselmu.

Hal itu membuat pengguna Android dapat menyetel lebih banyak aplikasi dengan warna dan tema yang sesuai dengan wallpaper yang digunakan. Beberapa aplikasi pihak ketiga yang mendukung fitur tersebut, contohnya,  Bitwarden, Inware, Pocket, Sync for Reddit, serta Vivino, dan masih banyak lagi.

6. Smooth Handoffs 

Pengguna Android 13 dapat menikmati fitur copy paste tanpa harus mengunduh terlebih dahulu konten tersebut. Selain itu, pengguna dapat menyalin konten seperti, gambar, teks, tautan, ataupun video dari ponsel Android-mu ke tablet kamu. Tentunya hal tersebut sangat memudahkan bagi para pengguna Android.

7. Photo Picker

Lebih privasi dengan fitur photo picker

Fitur Android 13 selanjutnya dirancang untuk meningkatkan privasi dari penggunanya. Dalam fitur ini, pengguna dapat memilih foto atau video mana saja yang dapat diakses oleh aplikasi.

Alih-alih menggunakan pemilih dokumen lengkap, aplikasi yang kamu gunakan untuk mengirim atau mengunggah foto dapat menggunakan ini untuk menjaga privasi dan hanya memberi hasil yang relevan.

8. Lebih Mudah untuk Multitasking

multi tasking di android lebih mudah

Zaman sekarang hampir semua orang melakukan pekerjaannya dengan cara multitasking. Nah, Android 13 akan membuat pekerjaanmu di tablet menjadi lebih mudah. 

Dengan taskbar yang baru diperbarui pada tablet, kamu dapat melihat semua aplikasi secara sekilas dan dengan mudah drag and drop aplikasi apa pun di perpustakaan kamu ke mode split-screen.

9. Fitur Bedtime Mode

Pada Android 13 kali ini mementingkan juga kesehatan para penggunanya. Jadi, Android 13 menghadirkan pembaruan fitur Bedtime Mode. Fitur tersebut memungkinkan kamu untuk lebih menyesuaikan Bedtime Mode tidak hanya pada panel notifikasi tetapi juga wallpaper berwarna yang dapat digelapkan. Tingkatan gelap wallpaper pun dapat di-adjust hingga benar-benar hitam.

 

Itulah fitur-fitur terbaru yang bisa kamu dapatkan dari Android 13. Namun, masih banyak fitur lainnya, misalnya, dukungan video HDR pada aplikasi kamera pihak ketiga, pengalih keluaran media yang diperbarui, tampilan Braille untuk Talkback, dan masih banyak lagi.

Android 13 ini diluncurkan ke perangkat Pixel dan perangkat-perangkat favoritmu lainnya, seperti Samsung Galaxy, Asus, HMD (ponsel Nokia), iQOO, Motorola, OnePlus, Oppo, Realme, Sharp, Sony, Tecno, Vivo, dan Xiaomi.

Dari fitur-fitur di atas, manakah fitur yang paling membuat kamu terkesan? Yuk, tulis pendapatmu pada kolom komentar di bawah, ya.


Belajar Pemrograman Gratis
Belajar pemrograman di Dicoding Academy dan mulai perjalanan Anda sebagai developer profesional.
Dibuka: Pendaftaran Bangkit 2023

Program kesiapan karier eksklusif dari Google ini menawarkan pelatihan intensif di bidang teknologi, softskills, dan bahasa Inggris.

Gratis. Daftar sekarang!