Featured : Adventure of Jalak

Sebagai wujud kepedulian terhadap jumlah populasi burung Jalak Bali yang semakin berkurang, Miracle Gates Studio meluncurkan permainan dengan judul “Adventure Of Jalak”. Miracle Gates Studio yang berangotakan Ferry, Ghany, Ilham, dan Orlando adalah salah satu hasil binaan inkubator bisnis STMIK Primakara Bali yang merupakan program unggulan untuk membimbing dan memfasilitasi mahasiswa dalam membangun usaha mereka di bidang teknologi. Miracle Gates Studio juga dinobatkan sebagai salah satu startup menarik di Tech in Asia Meetup Bali.

Konsep permainan ini sangat sederhana, yaitu mencoba mengumpulkan sebanyak mungkin telur Jalak Bali. Tokoh burung Jalak Bali dalam permainan nantinya akan menghadapi berbagai macam rintangan. Selain mengumpulkan telur, pemain dapat mengumpulkan koin-koin dalam permainan. Permainan akan berakhir ketika tokoh terkena rintangan. Skor dinilai berdasarkan jarak yang berhasil ditempuh, jumlah koin yang terkumpul, dan jumlah telur yang terkumpul. Permainan ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran anak-anak muda tentang pentingnya mengamankan dan melindungi hewan langka satu-satunya milik Bali, yaitu Jalak Bali.

Orlando seperti dikutip Merdeka mengatakan, “Adventure of Jalak, bentuk pengemasan pesan dalam bentuk game dengan harapan dapat menjangkau masyarakat dari segala usia.”

Sekilas kita akan teringat dengan permainan Angry Birds karena pada awal permainan akan disuguhkan cerita dalam bentuk komik. Setelah dimainkan ternyata cara bermainnya lebih mirip dengan Flappy Bird, tetapi rintangannya lebih bervariasi dan mungkin bagi sebagian orang akan lebih mirip dengan permainan petualangan Sonic di Sega karena kita juga dapat mengumpulkan koin-koin.

gameplay

Permainan yang bertipe endless run atau berlari tanpa akhir ini masih dalam tahap pengembangan. Oleh karena itu saat ini kita baru bisa memainkan satu (Green Hills) dari tiga tempat (Green Hills, Beach, Dark Forest) yang seharusnya dapat dimainkan. Hal lain yang menarik dari permainan ini adalah flash image saat akan masuk ke permainan yang sekilas memberikan pengetahuan mengenai tempat di Bali.

Terakhir, pemain dapat memainkan game ini baik online maupun offline. Jika pemain memilih bermain secara online, maka pemain dapat memamerkan skor tertingginya ke facebook atau kepada teman-teman lainnya yang sedang bermain. Sedangkan jika memilih bermain offline, pemain tidak akan kehilangan skor yang telah diperolehnya karena seluruh database tersimpan di perangkat pemain.

 

Saat ini permainan “Adventure Of Jalak” sudah dapat di unduh melalui Google Play Store untuk perangkat Android.

Adventure of Jalak adalah salah satu peserta dan merupakan Runner Up Mobile Games Developer Challenge Rookie yang diadakan oleh Dicoding bersama Intel Indonesia.

Disclaimer : Artikel review diambil dari Dailysocial dengan perubahan seperlunya.

Belajar mengembangkan aplikasi atau game dengan kurikulum yang telah divalidasi langsung oleh industri dengan Dicoding Academy.

Belajar di Dicoding Sekarang →
Share this:

Data Scientist at Dicoding Indonesia (Google Associate Cloud Engineer, Intel Software Innovator)